Sinergisitas Akademisi Mewujudkan Anak Sehat (SIMAS) di Paud Ar Rayyan, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kota Bekasi

Rika Harini, Sunirah Sunirah, Puji Astuti, Meria Woro Listyorini, Salamah T. Batubara, Dewi Maharani P, Nova Rofilawati, Tuwastuti Setianingrum, Tarah Tarah

Sari


ABSTRAK

 

Anak usia dini merupakan periode yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dan ditandai dengan perubahan yang sangat cepat dalam berbagai aspek, namun berisiko tinggi terkena infeksi atau masalah kesehatan lainnya.  Tujuan kegiatan adalah mendapatkan gambaran Kesehatan murid PAUD dan meningkatkan pemahaman orangtua tentang makanan sehat dan Kesehatan. Metode Mengunakan tehnik  wawancara observasi pada para ibu, didapatkan keterangan bahwa mereka bertekad memberikan makanan sehat untuk anak dan menghindari makanan cepat saji, mengajarkan anak perilaku hidup bersih dan sehat, para ibu akan menjaga kesehatan dan selalu mengkonsumsi makanan sehat. Hasil dari pelaksanaan SIMAS ini didapatkan jumlah murid 43 orang. sebanyak 90.7% (39 orang) ibu mengikuti kegiatan edukasi kesehatan untuk ibu. Berdasarkan status gizi didapatkan 23.26% (10 anak) memiliki status gizi gemuk, 9.30% (4 anak) dengan status gizi kurus dan 67.44% (29 anak) masuk kategori gizi normal. Hasil tes daya lihat diketahui sebanyak 15.90% (7 anak) mengalami masalah penglihatan dan sisanya 84.1% (37 anak) memiliki penglihatan baik. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menyarankan kepada pengelola PAUD agar melaksanakan proses skrining secara berkala dan meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengasuh dan membesarkan anak mereka.

 

Kata Kunci: Sinergisitas Akademisi, Anak Sehat, Paud.

 

 

ABSTRACT

 

Early childhood is a very important period in a child's growth and development and is characterized by very rapid changes in various aspects, but is at high risk of infection or other health problems. The aim of the activity is to get an overview of the health of PAUD students and increase parents' understanding about healthy food and health. Method Using observational interview techniques with mothers, information was obtained that they were determined to provide healthy food for their children and avoid fast food, teach children clean and healthy living behavior, mothers would maintain their health and always consume healthy food. The results of the SIMAS implementation showed that the number of students was 43 people. As many as 90.7% (39 people) of mothers took part in health education activities for mothers. Based on nutritional status, it was found that 23.26% (10 children) had an obese nutritional status, 9.30% (4 children) had a thin nutritional status and 67.44% (29 children) were in the normal nutritional category. The results of the vision test revealed that 15.90% (7 children) had vision problems and the remaining 84.1% (37 children) had good vision. The implementation of this community service suggests that PAUD managers carry out a regular screening process and increase mothers' knowledge in caring for and raising their children.

 

Keywords: Academic Synergy, Healthy Children, Early Childhood Education.


Kata Kunci


Sinergisitas Akademisi, Anak Sehat, Paud.

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Africa, C. (2019). Children , food and nutrition world. Unicef, 2–9. https://www.unicef.org/eap/media/4171/file/SOWC 2019 East Asia.pdf

Abidah, Y. N., & Huda, A. (2018). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah luar biasa. Jurnal Ortopedagogia, 4(2), 87–93. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p087

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2020). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di tengah pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Arisanti, Kadek Nopi. 2023. Yuk antisipasi dampak negatif gadget bagi anak. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2518/yuk-antisipasi-dampak-negatif-gadget-bagi-anak#:~:text=Gangguan%20pada%20mata,mata%20kering%2C%20hingga%20gangguan%20penglihatan.

Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. (2018). Peningkatan kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini di Desa Hargomulyo Gedangsari Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.43.

Chikhungu, L. C., Madise, N. J., & Padmadas, S. S. (2014). How important are community characteristics in influencing children’s nutritional status? Evidence from Malawi population-based household and community surveys. Health and Place, 30(October), 187–195. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2014.09.006

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51

Fatmawati, I. (2012). Study of clean and healthy life behavior of elementary. Proceeding 3rd International Nursing Conference, 104–110. Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan manajemen lembaga pendidikan anak usia dini (paud) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Jurnal Penelitian, 10(2), 253–270. Gani, H. A., Istiaji, E., & Pratiwi, P. E. (2016). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga masyarakat using. Jurnal IKESMA, 11(1), 25–35. https://www.neliti.com/publications/31847/perilaku-hidup-besih-dan-sehat-dalam-rumah-tanggaphbs-pada-masyarakat-desa-gunu Jauhari. (2020). Perilaku hidup bersih dan

Kelrey, F., & Hernita, P. (2023). Edukasi deteksi perkembangan balita berbasis aplikasi kpsp terhadap pengetahuan ibu. 11(4), 953–960.

Hadi Siswanto. (2012). Pendidikan kesehatan unsur utama dalam pendidikan anak usia dini. Cakrawala Pendidikan, 2, 305–322. https://media.neliti.com/media/publications/86477-none-04c07b02.pdf

Jauhari. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di masa pandemi covid 19. Jurnal Buah Hati, 7(2), 169–181. Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 11–17.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 11–17.

Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun kesadaran lingkungan melalui ekopedagogik pada anak usia dini berlandaskan konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997

Kemenkes, 2014. (2014). Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1524, 365.

Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun kesadaran lingkungan melalui ekopedagogik pada anak usia dini berlandaskan konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Putri, R. M., Rosdiana, Y., & Nisa, A. C. (2019). Application of clean and healthy living behavior (phbs) from the household knowledge and attitude study. Journal Of Nursing Practice, 3(1), 39– 49. https://doi.org/10.30994/jnp.v3i1.64

Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Penanaman perilaku hidup bersih dan sehat di PAUD Atmabrata, Cilincing, Jakarta. Jurnal Mitra, 3(1), 41–49

Tatik Ariyanti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8, 50–55.

Yuniarto, J., & Khasanah, U. (2014). Integrative Holistic Development Program in School Integral Hidayatullah Yaa Bunayya Batang. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.15294/ijeces.v3i1.9473




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i1.12878

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.