Revitalisasi TPA Al-Muhajirin: Membangkitkan Semangat Belajar dan Partisipasi Komunitas dalam Pendidikan Agama di Takaras Kota

Hesty Widyastuti, Arisma Arisma, Ayu Lestari, Feny Nurvadila, Hilma Maharani, Melda Yuli Yanti, Muhammad Aditiya, Muhammad Alfianur, Nopita Sari, Wahyudi Anwar, Widya Husna Puspita

Sari


ABSTRAK

 

Moralitas, etika, dan pemahaman agama generasi muda dalam suatu komunitas sangat dipengaruhi oleh pendidikan agama. Namun, TPA Al-Muhajirin di Desa Takaras Kota menghadapi kendala yang signifikan seperti berkurangnya keterlibatan dan pasrtisipasi masyarakat, kurangnya ambisi atau motivasi, dan sumber daya yang minim. Penulis menggunakan strategi Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan kerja sama yang erat antara komunitas, masyarakat, dan pengurus TPA untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dorongan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua, pendanaan dari masyarakat, penerapan metode pembelajaran baru, dan renovasi fasilitas TPA adalah beberapa upaya revitalisasi. Untuk menjamin keberlanjutan dan efektivitas revitalisasi, fase pemantauan dan penilaian kolaboratif sangat penting. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah meningkatnya semangat belajar anak-anak, keterlibatan orang tua yang lebih tinggi, dan pendidikan agama yang lebih baik, sehingga TPA menjadi terassa lebih hidup daripada yang sebelumnya. Keberhasilan revitalisasi ini berkat kerja sama yang baik antara semua pemangku kepentingan. Tujuan utama dari revitalisasi TPA Al-Muhajirin adalah untuk menumbuhkan kembali kecintaan anak-anak dalam belajar dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan agama, dengan potensi untuk menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam jangka panjang di lingkungan sekitar.

Kata Kunci: Revitalisasi, Partisiasi, Komunitas

 

 

ABSTRACT

 

The morality, ethics and religious understanding of the younger generation in a community are greatly influenced by religious education. However, Al-Muhajirin TPA in Takaras Kota Village faces significant obstacles such as reduced community involvement and participation, lack of ambition or motivation, and minimal resources. The authors used a Participatory Action Research (PAR) strategy that involved close collaboration between the community, the community, and the TPA board to address these issues. Encouragement to increase parental involvement, funding from the community, implementation of new learning methods, and renovation of TPA facilities are some of the revitalization efforts. To ensure the sustainability and effectiveness of revitalization, a collaborative monitoring and assessment phase is essential. The results obtained from this program are increased children's enthusiasm for learning, higher parental involvement, and better religious education, so that the TPA feels more alive than before. The success of this revitalization is due to good cooperation between all stakeholders. The main objective of revitalizing Al-Muhajirin TPA is to reawaken children's love of learning and increase community involvement in religious education, with the potential to generate long-term beneficial changes in the surrounding environment.

 

Keywords: Revitalization, Participation, Comunity


Kata Kunci


Revitalisasi, Partisiasi, Komunitas.

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdul, M. (2018). Pengembangan bahan ajar Pendidikan islam dengan pengintegrasian nilai nilai pendidikan islam dalam budaya birna pada kecamatan sape kabupaten bima ( tesis doktor). uin alaudin makasar, pendidikan dan keguruan. Uin Alaudin.

Abdul Malik Hatta. (2013). pemberdayaan taman pendidikan al quran (tpq) al husna pasadena Semarang. UIN Wali Songo, 2(13), 387 391.

Andy Waly, (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) di Masjid Al-Muhajirin Tomi-Tomi Desa Tahalupu Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat (Skripsi Sarjana). IUN Negeri Ambon, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 7-8

Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(2), 178. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/150/142

Athar, M. (2020). Pada Taman Pendidikan Al- Qur ’ an. Bintang:Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 192–205.

Dute Hasruddin. (2021). pembelajaran pendidikan agama islam dalam masyarakat pluralistik (studi pada yayasan pendidikan islam papua) (tesis doktor). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, konsentrasi pendidikan islam.

Fikri, M., Ma, S., Komarasari, R. N., & Hasanah, U. (n.d.). Revitalisasi Penerapan Pendidikan Agama pada Anak Melalui Program Baca Tulis Al-Quran { BTQ } di Desa Rancadaka.

Fiteriani Ida. (2015). 1286-2385-2-Pb. Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar, 2, 116. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/viewFile/1286/1013

Ibnu Awwaliansyah. (2021). Pencegahan Perundungan Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‟An (Tesis Doktor). (Tesis Doktor). Institut PTIQ Jakarta, Ilmu Al-Qur;an Dan Tafsir.

Lndra, H. (2019). Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0. Tawazun Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 278–288. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.

Muhammad Fahrurrozi. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram. Tarlim Jurnal Pendidikan Agama Islam,. 2(3), 89 91.

Muttaqin, Z. (2023). Empowering Gampong Paya Tampah Al-Qur ’ an Education Park Students as a Tutor : Solution to Accelerate Al-Qur ’ an Illiteracy Eradication Pemberdayaan Murid Taman Pendidikan Al- Qur ’ an Gampong Paya Tampah Sebagai Guru Mengaji : Upaya Akselerasi Pemberantasan Buta Huruf Al- Qur ’ an. 1(2), 69–77.

Niftah syarif. (2017). revitalisasi pendidikan agama islam untuk mencetak generasi cemerlang. Jurna Umj.

Nurul Azizah. (2022). Komodifikasi Agama Sebagai Strategi Pengembangan Pesantren Tahfiẓ Daarul Qur’an, Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang (Tesis Doktor). UIN Walisongo Semarang, Studi Islam.

Roosita, B., Lestari, D. P., & Setyawan, A. (2022). Keterkaitan Media Interaktif Dengan Semangat Belajar Peserta Didik The Relatinship Between Interactive Media and The Spirit of Student Learning. EduCurio Jurnal, 1(1), 117–122.

Sabirin. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal. Penerbit Samudera Biru.

Sahri, P.L. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Urnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, 2(8), 165 167.

Sarnoto, A. Z., & Abnisa, A. P. (2022). Motivasi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1609

Syarif, M. (2017). Revitalisasi pendidikan agama Islam untuk mencetak generasi gemilang. International Mini Colllouium on Islamic Studies & Social Science, January.

Zahraini. (2021). Reorientasi Pendidikan Islam Tradisional ke Modern (Studi di Pondok Pesantren Nurul Hakim dan Al-Ziziyah Lombok) (Tesis Doktor). UIN Mataram, Pendidikan Agama Islam.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i4.12903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.