Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Video Tour 360 untuk Promosi Objek Wisata Pada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Ekowisata Situ Gede, Kota Bogor

Dini Valdiani, Dipo Krishyudi Ono, Roni Jayawinangun, Ari Afriyansyah

Sari


ABSTRAK

 

Situ Gede merupakan salah satu wisata alam di Kota Bogor dan merupakan salah satu ekowisata unggulan di Kota Bogor yang pengelolaannya dilakukan oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Situ Gede. Sebagai salah satu ekowisata unggulan, Situ Gede masih terdapat banyak permasalahan seperti kebersihan dan terbatasnya keterampilan dan media promosi. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini dengan pelatihan dan praktik dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi.Tujuan dari kegiatan  Pengabdian  kepada  Masyarakat  (PkM)  ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai promosi dengan menggunakan video tour 360. Kegiatan PkM yang telah dilaksanakan berdasarkan kebutuhan mitra yaitu kelompok penggerak pariwisata (kompepar) untuk meningkatkan promosi ekowisata. Hasil dari kegiatan PkM berupa peningkatan pengetahuan mengenai kamera 360 dan pembuatan video tour 360 ekowisata Situ Gede. Berdasarkan jawaban peserta melalui kuesioner diketahui bahwa terdapat peningkatan pengetahuan terkait kamera 360, langkah-langkah membuat video mulai dari pra dan produksi, sedangkan peningkatan keterampilan terdiri dari menggunakan kamera 360, produksi video dan publikasi.

 

Kata Kunci: Ekowisata Situ Gede, Kompepar, Promosi, Video Tour 360

 

 

ABSTRACT

 

Situ Gede is one of the natural tourist attractions in Bogor City and is one of the leading ecotourism in Bogor City whose management is carried out by the Situ Gede Tourism Driving Group (Kompepar). As one of the leading ecotourism sites, Situ Gede still has many problems such as cleanliness and limited skills and promotional media. The activities carried out in this service include training and practice in using social media as promotional media. The aim of this Community Service activity is to increase knowledge and skills regarding promotions using 360 video tours. The PkM activities that have been implemented are based on partner needs, namely tourism driving group (kompepar) to increase ecotourism promotion. The results of PkM activities are increasing knowledge about 360 cameras and making a 360 video tour of Situ Gede ecotourism. Based on participants' answers via the questionnaire, it is known that there is an increase in knowledge regarding 360 cameras, the steps for making videos starting from pre-production and production, while the increase in skills consists of using 360 cameras, video production and publication

 

Keywords: Ecotourism Situ Gede, Kompepar, Promotion, Video Tour 360


Kata Kunci


Ekowisata Situ Gede; Kompepar; Promosi; Video Tour 360

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


An, S., Choi, Y., & Lee, C.-K. (2021). Virtual travel experience and destination marketing: Effects of sense and information quality on flow and visit intention. Journal of Destination Marketing & Management, 19, 100492. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2020.100492

Andriani, R., & Pertiwi, J. (2023). Penguatan Kapasitas Manajemen Data Berbasis Digital Health untuk Pencegahan Stunting. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(10), 4365–4376.

AR, M. (2021, October 7). 10 Manfaat Virtual Tour yang Menguntungkan bagi Bisnis Anda. Retrieved April 13, 2023, from Monster Augmented Reality | Professional Augmented Reality Company website: https://monsterar.net/2021/10/07/manfaat-virtual-tour/

Bappeda Kota Bogor. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bogor Tahun 2019-2024. Pemerintah Kota Bogor. Retrieved from http://bappeda.jabarprov.go.id/wp-content/uploads/2019/08/RPJMD-Kota-Bogor-Tahun-2019-2024.pdf

Bogor Gali Potensi Wisata lewat Kompepar. (2012, March 29). Retrieved April 12, 2023, from Republika Online website: https://republika.co.id/berita/nasional/jabodetabeknasional/12/03/29/m1mmy9-bogor-gali-potensi-wisata-lewat-kompepar

Fatahudin, M., Purwanto, M., & Rau, M. (2021). Perencanaan Pengembangan Prasarana Kawasan Ekowisata Situ Gede Kota Bogor: Infrastructure Development Planning of Situ Gede Ecotourism Area. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 6, 49–60. https://doi.org/10.29244/jsil.6.1.49-60

Harsani, P., Jayawinangun, R., & Ardiansyah, D. (2023). Efektivitas Media Sosial Dalam Pengembangan Kampung Wisata Jamu. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 3(3), 227–232. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.659

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., … Tannuary, A. (2022). Socialization of The Implementation of Digital Literacy for Educators and Students in The Digital Era in Pematangsiantar City. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(6), 1683–1689.

Jayawinangun, R., Ono, D. K., & Milono, Y. K. (2023). Pelatihan Produksi Videografi Sebagai Bekal Keterampilan Bagi Tahanan Pendamping Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Depok. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 4(1), 507–515. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v4i1.279

Jayawinangun, R., Ono, D. K., Valdiani, D., & Handayani, P. (2022). Literasi Digital Produksi Profil Video Untuk Karang Taruna Di Desa Koleang. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 1(3), 111–122. https://doi.org/10.53698/rudence.v1i3.28

Mulyana, B. (2012). Pengembangan Kota Bogor Sebagai Destinasi Pariwisata Internasional. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 109–222.

Ngantor di Kelurahan Situ Gede, Pastikan Program Berjalan. (2022, August 4). Retrieved April 12, 2023, from https://www.radarbogor.id/2022/08/04/ngantor-di-kelurahan-situ-gede-bima-arya-pastikan-program-berjalan/

Olii, D., Hasibuan, A., & Hibrida, A. R. (2023). Pemanfaatan Media Digital sebagai Upaya Media Promosi dan Pemasaran pada Ikm Ibu Sri Kabupaten Minahasa. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(9), 3934–3944.

Ono, D. K. (2021). Literasi Digital Peran Tamping Lapas Kelas II A Bogor Melalui Video Di Era Pandemi Covid-19. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 27(2), 590–597. https://doi.org/10.33751/wahana.v27i2.4547

Pemerintah Desa Situgede. (2020). Surat Keputusan No. 556/63/XII/2020 tentang Pengukuhan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Situgede Kelurahan Situgede. Pemerintah Desa Situgede.

Prabandari, D., Avenzora, R., & Sunarminto, T. (2019). Local Wisdom for Ecotourism Development In Bogor. Media Konservasi, 23(3), 274–280. https://doi.org/10.29244/medkon.23.3.274-280

Prasetio, R. D., & Hati, S. R. H. (2022). The Impact of Marketing with 360-Degree Videos on Tourist Willingness to Travel During the Covid-19 Pandemic. In J. Damanik, B. Mohammed, D. Widyastuti, N. Irdana, & H. Oktadiana (Eds.), Proceedings of the International Academic Conference on Tourism (INTACT) “Post Pandemic Tourism: Trends and Future Directions” (INTACT 2022) (pp. 166–188). Paris: Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-73-2_13

Siregar, M. R. A., Amaliasari, D., Puspanidra, T., & Adi, Y. (2023). Fasilitasi Penguatan Kapasitas Pengelolaan Promosi Wisata Desa Berbasis Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3).

Srihadi, C. V., & Rivaldo, A. (2020). Kajian Ekowisata Dan Kearifan Lokal DivKawasan SituGede Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(2), 53–70. https://doi.org/10.374/jipkes.v1i2.916

Tosida, E. T. (2017). Penguatan Keberlanjutan Dan Pencitraan Kearifan Lokal Kolaborasi Edu Wisata. Jurnal Qardhul Hasan, 3(2), 112–139.

Umarputri, M., & Rahardjo, P. (2020). Pengelolaan Danau Situ Gede Dan Hutan Penelitian Dramaga Sebagai Kawasan Ekowisata. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 2239–2248. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4597

Warsihna, J., Farisi, I., Prastati, T., & Nursantoso, T. (2023). Penguatan desa wisata dan optimalisasi umkm melalui peningkatan kualitas manajemen masyarakat kepulauan seribu. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 99–106. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.5041

Wu, X., & Lai, I. K. W. (2021). Identifying the response factors in the formation of a sense of presence and a destination image from a 360-degree virtual tour. Journal of Destination Marketing & Management, 21, 100640. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2021.100640

Yuliana, A., & Lisdianto, E. (2017). Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Promosi Objek Wisata di Stone Garden Kabupaten Bandung Barat. 01(01).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i1.12930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.