Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Dini dengan Metode “Aku Mandiri”

Kristiova Masnita Saragih, Vina Dwi Wahyunita, Jacob Lasarus Jambormias

Sari


ABSTRAK

 

Peran dan pengetahuan guru dan orang tua tentang pendidikan seks pada anak usia dini merupakan kunci utama dalam melindungi anak dari kekerasan seksual. Salah satu cara pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini yaitu dengan memberikan pendidikan seks pada guru dan orangtua dengan metode “Aku Mandiri”. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan peran dan pengetahuan guru dan orangtua sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini dengan metode “Aku Mandiri”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk promosi kesehatan melalui media leafleat, buku saku dan banner. Pada kegiatan ini dilakukan tahapan pre dan post test sebelum dan setelah dilakukan promosi kesehatan. Dari hasi pre test dan post test yang dilakukan, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta setelah dilakukan penyuluhan. Persentase pengetahuan orangtua sebelum promosi kesehatan meningkat dari 87,23% menjadi 95,74%, sedangkan persentase pengetahuan guru sebelum promosi kesehatan meningkat dari 86,96% menjadi 100%. Hal ini mengindikasikan promosi kesehatan tentang pencegahan kekerasan seksual dengan metode “Aku Mandiri” sangat baik dalam meningkatkan pengetahuan guru dan orangtua.

 

Kata Kunci: Guru, Orangtua, Metode “Aku Mandiri”

 

 

ABSTRACT

 

The role and knowlodge of teachers and parents about sex education in early childhood is the main key in protecting children from sexual violence. One way to prevent sexual violence in early childhood by providing sex education to teachers and parents, namely the “ Aku Mandiri”method. The aim of this service is to increase the role and knowledge of teachers and parents as an effort to prevent sexual violence in early childhood using the “ Aku Mandiri” method. This activity is carried out in the form of helath promotion through leaflets, pocket booksand banners. In this activity, pre and post test stages are carried out. From the results of the pre test and post test carried out, it can be seen that there was an increase in participants’knowledge after the counselling was carried out. The percentage of parental knoledge before health promotion increased from 87,23% to 95,74%, while the percentage of teacher knowledge before health promotion increased from 86,96% to 100%. This indicates that health promotion regarding the prevention of sexual violence using the “Aku Mandiri” method is very good in increasing the knowledge of teachers and parents.

 

Keywords: Teacher, Parrent, “Aku Mandiri” Method


Kata Kunci


Guru, Orangtua, Metode “Aku Mandiri”

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aisyah, A. And Isabella Hasiana (2021) ‘Optimalisasi Peran Orang Tua Terhadap Pedidikan Seksual Anak Usia Dini’, Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), Pp. 65–70. Available At: Https://Doi.Org/10.36456/Penamas.Vol4.No2.A2695.

Aisyah Nur Ainy (2017) Gambaran Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Dini Di Kelompok Bermain "Aisyiyah Rejodani, Sleman Menurut Perpektif Islam.

Andi Priyatna, O.S.D.U. (2015) Stop It Now Pelecehan Seksual Anak Sebelum Terjadi. Jakarta.

Bappenas Ri (2002) ‘Undang - Undang Nomor. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak’, Arsyad, Azhar, (190211614895), Pp. 1–44. Available At: Https://Jdihn.Go.Id/Files/4/2002uu023.Pdf.

Budi Utami, D.R.R.B.U. (2018) ‘Program “Aku Mandiri” Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Pra Sekolah’, Gaster, 16(2), P. 127. Available At: Https://Doi.Org/10.30787/Gaster.V16i2.298.

Dadang Hawari (2013) Kekerasan Seksual Pada Anak. Jakarta: Ui-Press.

Degue, S. Et Al. (2014) ‘A Systematic Review Of Primary Prevention Strategies For Sexual Violence Perpetration’, Aggression And Violent Behavior, 19(4), Pp. 346–362. Available At: Https://Doi.Org/10.1016/J.Avb.2014.05.004.

Gunawan Soemarsono (2021) Kajari Prihatin, Kasus Pencabulan Anak Di Tanimbar Capai 80%.

Handayani, M. (2017). Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak. Jiv-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 67-80.

Lazzarini, V. (2017) ‘Kdrt Dan Pelecehan Seksual Dalam Kehidupan Aud’, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, Pp. 1–36.

Mutia Fauzia, D.P. (2022) ‘Kpai : 207 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual, Mayoritas Di Sekolah Berasrama’, 5 January.

Notoatmodjo, S. (2014) Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta.

Panjaitan, R.L., Djuanda, D. And Hanifah, N. (2015) ‘Persepsi Guru Mengenai Sex Education Di Sekolah Dasar Kelas Vi’, Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), Pp. 224–233. Available At: Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V2i2.1332.

Paramastri, I., Priyanto, M.A. And Supriyati (2010) ‘Early Prevention Toward Sexual Abuse On Children’, Juni, 37(1), Pp. 1–12.

Perkins, D. (1993) ‘Counselling Adult Survivors Of Child Sexual Abuse’, Criminal Behaviour And Mental Health, Pp. 198–199. Available At: Https://Doi.Org/10.1002/Cbm.1993.3.3.198.

Sapti, M. (2019) ‘Penerapan Aku Dan Kamu Sebagai Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun’, Penerapan Aku Dan Kamu Sebagai Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun, 53(9), Pp. 1689–1699.

Supratiknya, A. (2011) Merancang Program Dan Modul Psikologi Edukasi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Available At: Https://Repository.Usd.Ac.Id/12880/1/2011 Merancang Program Dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi.Pdf.

Supriani, R. A., & Ismaniar, I. (2022). Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jambura Journal Of Community Empowerment, 1-20.

Tenri, A. O., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, N., & Najamuddin, N. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445-450.

Ui, F.K.M. (2012) Faktor-Faktor..., Imanda Kartika Putri, Fkm Ui, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i1.12962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.