Focus Group Coaching dalam Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3k) Bagi Siswa Sekolah Dasar

Nailis Syifa, Elva Asmiati, Hafizul Aswad, Jihan Elvira, Rifdah Widyastuti, Sajida Najwa, Annisa Purnama, Izbikavik Muhammad

Sari


ABSTRAK

 

Siswa SD (Sekolah Dasar) merupakan siswa dengan usia yang memiliki aktivitas tinggi dalam bermain atau olahraga, sehingga rawan terjadi cedera pada anak-anak. Kecelakaan kecil di sekolah jika tidak tertangani dengan baik akan berdampak fatal pada siswa. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan pemahaman tentang pertolongan pertama pada kecelakaan pada siswa sejak awal karena pada saat itu lah anak-anak dapat mengetahui bagaimana cara pertolongan pertama yang benar. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada peningkatan pemahaman dan skill siswa SD mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bagi anak-anak. Target khusus yang diharapkan oleh kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya kemampuan serta skill siswa tentang P3K dalam penanganan mengatasi cedera ketika mengalami atau melihat kecelakaan di sekitarnya. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan materi dan penjelasan P3K dengan media powerpoint, poster, dan video edukatif sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Selanjutnya, metode focus group coaching pada siswa SDN 4 Dinoyo dilakukan dengan membagi lima grup pelatihan dan masing-masing grup terdapat sepuluh siswa dan satu orang coach. Hasil dari penyuluhan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang P3K dimana hasil pre-test menunjukkan 62% siswa memiliki pemahaman sedang, dan 48% siswa kurang paham mengenai P3K. Setelah pemberian informasi (post-test), 100% siswa memahami terkait pengetahuan P3K. Dari evaluasi pelatihan siswa, terlihat bahwa siswa memiliki kemampuan sangat baik (32%) dan baik (62%) dalam mempraktekkan skill P3K. Secara keseluruhan, kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan pemahaman dan skill kemampuan P3K pada siswa SD.

 

Kata Kunci: Kesehatan, P3K, Siswa, Focus Group Coaching

 

 

ABSTRACT

 

Elementary School students are students who have high activity in playing or sports, which are prone to injury. If small accidents at school are not handled properly, they can have a fatal impact on students. Therefore, it is necessary to educate students about first aid in accidents, so that children can know how to do first aid correctly. This activity focuses on increasing elementary school students' understanding and skills regarding first aid for accidents (P3K) for children. The specific target expected by this service activity is increasing students' abilities and skills regarding first aid in handling injuries when experiencing or seeing accidents around them. The method used is to provide first aid materials and explanations using PowerPoint, posters and educational videos so that students can easily understand the topics. Next, the focus group coaching method for SDN 4 Dinoyo students was carried out by dividing five training groups and each group contained ten students and one coach. The results of this counselling show that there is an increase in students' knowledge and understanding about First Aid, where the pre-test results show that 62% of students have moderate understanding, and 48% of students do not understand much about First Aid. After providing information (post-test), 100% of students understood related First Aid knowledge. From the evaluation of student training, it appears that students have very good (32%) and good (62%) abilities in practicing first aid skills. Overall, this outreach activity can improve understanding and first aid skills in elementary school students.

 

Keywords: Health, First Aid, Student, Focus Group Coaching


Kata Kunci


Kesehatan; P3K; Siswa; Focus group coaching

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adib-Hajbaghery, M., & Kamrava, Z. (2019). Iranian Teachers' Knowledge About First Aid In The School Environment. Chin J Traumatol, 22(4), 240-245. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cjtee.2019.02.003

Borgund, A. K., & Babic, A. (2019). Developing A Gamified First Aid Training Application For Children. Stud Health Technol Inform, 262, 126-129. Https://Doi.Org/10.3233/Shti190033

Diana, L., Bagyono, T., & Hendrarin, L. (2018). Penerapan Penyuluhan Metode Demonstrasi Dan Video Terhadap Peningkatan Praktik Pedagang Tentang Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan Di Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Diana, L., Bagyono, T., & Hendrarin, L. (2018). Penerapan Penyuluhan Metode Demonstrasi Dan Video Terhadap Peningkatan Praktik Pedagang Tentang Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan Di Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Gyedu, A., Stewart, B., Otupiri, E., Donkor, P., & Mock, C. (2021). First Aid Practices For Injured Children In Rural Ghana: A Cluster-Random Population-Based Survey. Prehosp Disaster Med, 36(1), 79-85. Https://Doi.Org/10.1017/S1049023x20001430

Horwitz, D., Kestenbom, I., Goldbart, A., Chechik, T., Dizitzer, Y., & Golan-Tripto, I. (2021). The Effect Of A Coaching Program On Asthma Control And Health Care Utilization In Children With Asthma. J Asthma, 58(2), 240-247. Https://Doi.Org/10.1080/02770903.2019.1672721

Kaur, N., Savitri, & Kaur, M. (2017). A Descriptive Study To Assess The Level Of Knowledge Regarding The First Aid Management Among School Teachers In Selected Schools Of District Mohali, Punjab. Journal Of Health & Medical Informatics, 08. Https://Doi.Org/10.4172/2157-7420.1000288

Kemdikbud. (2022). P3k Dan P3p. Kemdikbud.

Kemenkes_Ri. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Lee, J. A., Heberlein, E., Pyle, E., Caughlan, T., Rahaman, D., Sabin, M., & Kaar, J. L. (2021). Evaluation Of A Resiliency Focused Health Coaching Intervention For Middle School Students: Building Resilience For Healthy Kids Program. Am J Health Promot, 35(3), 344-351. Https://Doi.Org/10.1177/0890117120959152

Lutfiasari, E. (2016). Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Praktek Guru Dalam Penanganan Cedera Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Medisains.

Panda, P., Panda, D., Karir, S., & Patra, A. (2019). Effectiveness Of First-Aid Training On School Children Of Urban Area Of Sambalpur District, Odisha. International Journal Of Medical Science And Public Health, 1. Https://Doi.Org/10.5455/Ijmsph.2019.0616824072019

Pfeiffer P, T. F., Gulli B, Osman W. (2012). Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Cedera Olahraga. Erlangga.

Rosuliana, N. E., Februanti, S., Mariani, D., & Cahyati, A. (2023). Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3k) Berbasis Media Audiovisual. Abdimas Galuh, 5(1), 585-593.

Santhikrishna, C., & Rekha, P. (2018). First Aid Education For Safety Of Students. . Journal Of Humanities And Social Science, 23(7), 26-29. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.9790/0837-2307052629

Uuri. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Kesehatan. Https://Infeksiemerging.Kemkes.Go.Id/Download/Uu_36_2009_Kesehatan.Pdf

Wahyuni, R. (2021). Perbandingan Metode Pembelajaran Video Dengan Demonstrasi Terhadap Ketercapaian Kemampuan Psikomotor Mahasiswa Keperawatan Di Laboratorium (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Waryono. (2015). Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Sekolah. Bpmjogja Kemdikbud. Https://Bpmpjogja.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Uploads/2015/04/Pertolongan-Pertama-Pada-Kecelakaan.Pdf

Yaqin, H. (2019). Buku Panduan Pppk (P3k).

Yurumez, Y., Yavuz, Y., Saglam, H., Koken, R., & Tunay, K. (2007). Evaluation Of The Level Of Knowledge Of First Aid And Basic Life Support Of The Educators Working In Preschools. Akademik Acil Tip Dergisi, 1(3), 17-20.Https://Doi.Org/Https://Www.Journalagent.Com/Atuder/Pdfs/Atuder_6_3_17_20.Pdf




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i2.13050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.