Program Peningkatan Kompetensi Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa di Universitas Al-Azhar dan Universitas Esa Unggul

Aris Machmud, Fokky Fuad, Henry Arianto, Amoury Adi Sudiro

Sari


ABSTRAK

 

Publikasi ilmiah akhir-akhir ini menjadi fenomena dalam dunia akademik terutama sejak keluarnya Permendikbud Nomor 53 tahun 2023 tentang Mutu Perguruan Tinggi, dimana adanya pergeseran paradigma bahwa bukti lulus adalah skripasi untuk S1, Tesis untuk S2 dan Disertasi untuk S3. Bukti lulusan sekarang dapat diperoleh melalui publikasi ilmiah terutama untuk lulusan S1 dan S2 tergantung dari kebijakan prodi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa S1 dan S2 dalam publikasi ilmiah di jurnal bereputasi. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui seminar dan diskusi yang dilakukan secara hybrid di dua lokasi yakni universitas Esa Unggul dan Universitas Al-Azhar Indonesia melalui seminar pelatihan dan pengembangan kemampuan dalam menulis. Pelatihan ini dilaksanakan di Universitas Esa Unggul dan Universitas Al-Azhar Indoensia dengan melibatkan siswa S1 dan S2 dari kedua universitas tersebut yang dilaksanakan secara hybrid. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum memahami proses publikasi di jurnal bereputasi, setelah dilakukan pelatihan terdapat peningkatan jumlah publikasi di kalangan mahasiswa berkat pendampingan dan kolaborasi penelitan bersama antar dosen dan mahasiswa. Kesimpulannya bahwa perlu dilakukan pelatihan secara berkelanjutan meningkatkan budaya menulis di kalangan sivitas akademika.

 

Kata Kunci: Budaya Menulis, Jurnal, Kolaborasi, Pelatihan, Publikasi

 

 

ABSTRACT

 

Scientific publications have recently become a phenomenon in the academic world, especially since the issuance of Minister of Education and Culture Regulation Number 53 of 2023 concerning the Quality of Higher Education, where there has been a paradigm shift that proof of passing is a thesis for S1, a thesis for S2 and a dissertation for S3. Evidence of graduates can by scientific publications, especially for undergraduate and postgraduate graduates. This research aims to determine the development of undergraduate and graduate students' abilities in scientific publications in reputable journals. The method of community service activities is through seminars and discussions held in a hybrid manner at two locations, namely Esa Unggul University and Al-Azhar University Indonesia through training seminars and developing skills in writing. The research results show that publication training increases writing culture. After the training, there was an increase in the number of publications among students by mentoring and joint research collaboration between lecturers and students. The conclusion is that ongoing training needs to improve the writing culture in the academics.

 

Keywords: Collaboration, Journals, Publications, Training, Writing Culture


Kata Kunci


Budaya Menulis; Jurnal; Kolaborasi; Pelatihan; Publikasi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


abbas, M. F. F., & Herdi, H. (2021). Investigasi Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Esai Ilmiah Pada Mata Kuliah Composition And Essay Writing. Jurnal Pendidikan, 9(2), 73–82. Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V9i2.1104

Admin. (2023, December 16). Seminar Akademika #Series 23 Universitas Esa Unggul Tanggerang_ Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Publikasi Ilmiah Melalui Parafrase Dan Analisis Jurnal - Antimenstrime. Antimenstrime.Com, Diakses 27 Januari 2024.

Adnan, & Ifansyah, N. (2018). Pengetahuan Kebahasaan Dan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa Fkip Unsa. Center For Open Science. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Fyhzg

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital Dan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). Https://Doi.Org/10.23917/Indigenous.V1i1.4458

Aravik, H., Nofiansyah, D., Tohir, A., & Meriyati, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Citation Dan Reference Manager Menggunakan Aplikasi Mendeley Dalam Menulis Karya Ilmiah. Akm: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.36908/Akm.V4i1.841

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Anggraini, N. (2022). Peningkatan Budaya Literasi Dengan Pelatihan Menulis Puisi Di Sma Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Community Services And Social Work Bulletin, 1(1), 34. Https://Doi.Org/10.31000/Cswb.V1i1.5729

Azizah, U. A., & Budiman, A. (2017). Challenges In Writing Academic Papers For International Publication Among Indonesia Graduates Students. Jeels, 4(2), 47–69.

Azzahra, A. (2020). Pengaruh Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(1), 1–7.

Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bebas Plagiarisme Untuk Mahasiswa Fakultas Hukum Upn Veteran Jakarta. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383. Https://Doi.Org/10.55681/Swarna.V1i4.140

Jelang Tutup Tahun 2023 Esa Unggul Kampus Tangerang Gelar Seminar “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Publikasi Ilmiah” - Universitas Esa Unggul. (2023, December 18). Univesitas Esa Unggul, Diakses 27 Januari 2024.

Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal Of Social Outreach, 1(2), 1–9. Https://Doi.Org/10.15548/Jso.V1i2.3914

Khoirunnisa, & Fikri, A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Publish Or Perish Sebagai Sumber Literasi Digital Bagi Mahasiswa Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Center For Open Science. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/K83a7

Kurniawati, R., Khusaini, K., Latuconsina, H., & Atrisia, M. I. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ubj, 6(2), 177–186. Https://Doi.Org/10.31599/Jabdimas.V6i2.1827

Kustiawan, W., Efendi, E., & Wahyudi. (2023). Retorika Sebagai Budaya Seni Bertutur Kata Dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 546–552. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7758120

Magdalena, L., Nas, C., & Hatta, M. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Catur Insan Cendekia. Journal Of Community Empowerment And Innovation, 2(2), 81–87. Https://Doi.Org/10.47668/Join.V2i2.978

Nofrion. (2018). Kolaborasi Dalam Pembelajaran. Center For Open Science. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/7dva3

Pangestu, A., Yusuf, A. S., Budiastuti, R. F., Arief, Y. Z., & Al-Hakim, R. R. (2023). Pendampingan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Magister Teknik Elektro, Jakarta Global University. Journal Of Community Empowerment And Innovation, 1(3), 115–121. Https://Doi.Org/10.47668/Join.V1i3.688

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. Berita Negara Ri Tahun 2023 Nomor 638, 4 88 (2023).

S, M. F. (2020). Analisis Literasi Informasi Pada Keterampilan Menulis Kritis Dan Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Uhkbpnp. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 336–347. Https://Doi.Org/10.54367/Aquinas.V3i2.782

Sri Wahyuni, D. (2017). Promoting Literacy Skills Through Journal Writing. The 1st International Conference On Language, Literature And Teaching, 37–42.

Suherman, A. (2023). Penerapan Teknik Parafrase Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Artikel (Penelitian Tindakan Kelas). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5735–5744. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i8.2566

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I1.P22-33

Tumanggor, R. O. (2021). Manfaat Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Populer Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi (Stt) Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Center For Open Science. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Vfexk

Tuwu, D., Hos, J., Roslan, S., Anggraini, D., & Masrul. (2022). Pelatihan Literasi Digital Untuk Mahasiswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Community Services, 1(1), 43–48. Https://Doi.Org/10.47540/Ijcs.V1i1.538

Tyas, A. A. W. P., & Ummanah, U. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33557/Jpm_Itech.V1i1.1576

Usanto, U. (2022). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Dosen Dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 49–56. Https://Doi.Org/10.56486/Kompleksitas.Vol11no2.263

Vincent, B. (2020). The Expression Of Obligation In Student Academic Writing. Journal Of English For Academic Purposes, 44(March). Https://Doi.Org/10.1016/J.Jeap.2020.100840




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i4.14043

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.