Pendidikan dan Promosi Kesehatan Mengenai Kesehatan Mental pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Pangandaran

Iwan Shalahuddin, Udin Rosidin, Dadang Purnama, Nina Sumarni, Witdiawati Witdiawati

Sari


ABSTRAK

 

Data Indeks Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia Tahun 2023  ditemukan 9.162.886 kasus depresi dengan prevalensi 3,7 persen. Dari data tersebut ditemukan bahwa masyarakat Indonesia yang tidak produktif memiliki kecenderungan untuk mengalami gejala depresi lebih tinggi. Saat ini masalah kesehatan mental pada remaja cukup tinggi. Menurut Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey, 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. Kesehatan mental akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas nasional. Tujuan dari Pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Siswa/i dalam upaya memvalidasi apa yang mereka rasakan terkait masalah mental. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode massa. Penyampaian metode ini dilakukan secara langsung dimana didalamnya terdapat materi yang disampaikan dalam bentuk poster, video, dan infografis. Hasil, kegiatan dilakukan pada tanggal 03 november 2023 dengan jumlah audience sebanyak 174 orang dengan kisaran rentang usia 17-18 tahun meliputi siswa kelas XII.  Berdasarkan hasil pre-test dengan hasil rata-rata pengetahuan berkisar 69%. Setelah pemberian materi, adanya peningkatan pengetahuan yang didapatkan dari hasil post-test dengan rata-rata 86% (peningkatan sebesar 19%), Artinya, para audiens telah memiliki pengetahuan yang baik atas pertanyaan yang diberikan. Kesimpulan Berdasarkan dari hasil dan pembahasan data survei, penulis dapat mengambil kesimpulan dari pendidikan dan promosi kesehatan yang telah kami lakukan secara langsung ini bahwa dari pre-test yang telah dilakukan hasilnya menunjukan mayoritas audiens sudah memiliki pengetahuan terkait kesehatan mental namun tidak secara mendalam mengenai pengertian dari kesehatan mental, jenis-jenis gangguan kesehatan mental, keefektifan dan perbedaan dari setiap jenis gangguan kesehatan mental.

 

Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Kesehatan Mental, Siswa, Pendidikan

 

 

ABSTRACT

 

Data from the Indonesian Public Mental Health Index in 2023 found 9,162,886 cases of depression with a prevalence of 3.7 percent. From these data, it was found that unproductive Indonesians have a tendency to experience higher depressive symptoms. Currently, mental health problems in adolescents are quite high. According to the Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey, 15.5 million (34.9 percent) adolescents experience mental problems and 2.45 million (5.5 percent) adolescents experience mental disorders. Mental health will greatly affect national productivity. The purpose of this community service is to increase students' knowledge and understanding in an effort to validate what they feel about mental problems. The method used is using the mass method. The delivery of this method is carried out directly where there is material delivered in the form of posters, videos, and infographics. As a result, the activity was carried out on November 3, 2023 with a total audience of 174 people with an age range of 17-18 years including class XII students. Based on pre-test results with an average knowledge result of around 69%. After giving the material, there was an increase in knowledge obtained from the post-test results with an average of 86% (an increase of 19%), meaning that the audience already had good knowledge of the questions given. Conclusion Based on the results and discussion of survey data, the author can conclude from the education and health promotion that we have done directly that from the pre-test that has been carried out the results show that the majority of the audience already has knowledge related to mental health but not in depth about the understanding of mental health, types of mental health disorders, effectiveness and differences of each type of mental health disorder.    

 

Keywords: Health Promotion, Mental Health, Students, Education


Kata Kunci


Promosi Kesehatan, Kesehatan Mental, Siswa, Pendidikan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustine, T. C., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Distres Psikologis terhadap Resiliensi pada Anak dan Remaja saat Pandemi Covid-19. Prosiding Psikologi.

Ariadi, P. (2019). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa’ MEDIKA: JurnalKedokteranDanKesehatan.https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.

Dahl, J. (2011). Behavioral Activation for Depression: A Clinician’s Guide. CognitiveBehaviourTherapy.https://doi.org/10.1080/16506073.2010.514119

Dr.H.Endang Sutisna Sulaeman, dr., M. K. (2016). Promosi Kesehatan : Teori dan Implementasi di Indonesia. In UNS Press.

Dwi Susilowati. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Promosi Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Faturrohmah, A., & Sagita, D. D. (2022). Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Bulletin of CounselingandPsychotherapy.https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.1

Garvin, G. (2018). Harga Diri, Konformitas dan Perilaku Seksual Remaja Dalam Berpacaran. Jurnal Ilmu Perilaku. https://doi.org/10.25077/jip.2.1.54-60.2018

Gunawan, I. A. N., . S., & Shalahuddin, I. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gangguan Psikososial Pada Remaja: A Narrative Review. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.17426

K, F., & Dewi Aisyah. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal.

Lestarina, N. N. W. (2021). Pendampingan Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Di Desa Laban Gresik. Jurnal PengabdianKepadaMasyarakatITK(PIKAT).https://doi.org/10.35718/pikat.v2i1.332

Marpaung, Y. M. (2022). Kesehatan Mental Mahasiswa Diploma Keperawatan dan Perlunya Upaya Promosi Kesehatan Komprehensif: Studi pada Situasi Pandemi. Jurnal Kedokteran Meditek. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i2.2380

Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam.

Maulana, I., Hernawati, T., Shalahuddin, I., & Keperawatan, F. (2021). Terapi Aktivitas Kelompok menurunkan Tingkat Halusinasi pada Pasien Skizofrenia: Literature Review. Jurnal Keperawatan Jiwa.

Miftahul. (2017). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi.

Mustamin, W., Santoso, B., & Sajidin, S. (2022). Indonesian Workers’ Mental Health Protection: An Urgency? Journal of Judicial Review. https://doi.org/10.37253/jjr.v24i2.7231

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling.” https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Pebrianti Sandra , Shalahuddin Iwan , Aditya Nugraha Bambang, N. D. (2022). Peran Pendidikan Dan Promosi Kesehatan Untuk Peningkatan Kesadaran Vaksinasi Di Masa Pandemicovid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(11), 4003–4013.

Purnomosidi, F., Ernawati, S., Riskiana, D., & Indriyani, A. (2023). Kesehatan Mental Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i1.257

Rua, Y. M., Naibili, M. J. E., Bete, R. N. S., & Asa, S. M. S. (2023). Pelatihan Kader Sekolah Sehat Jiwa (SEHATI) dalam Deteksi Dini Kesehatan Jiwa di SMA. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.57047

Sari, R. E., & Pratiwi, T. I. (2018). Pengembangan Modul Kesehatan Mental Remaja Untuk Siswa Sman 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA.

Sentana, M. A., & Kumala, I. D. (2017). Agresivitas dan Kontrol Diri pada Remaja di Banda Aceh. JURNAL SAINS PSIKOLOGI. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p051

Shalahuddin, I., Yamin, A., & Sumarna, U. (2021). Hubungan Tingkat Religiusitas Terhadap Intensitas Kenakalan Remaja Anak Sekolah DI SMKYBKP3Garut.JurnalKesehatan.https://doi.org/10.24252/kesehatan.v14i1.16504

Suhesty,A.,Setiaji,A.,Amalia,R.,&Wibisono,M.D. (2019). Seminar “kenakalan remaja,pencegahandanpenanggulangannya.”PLAKAT(PelayananKepadaMasyarakat).https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2697

Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3498

Thomas, J., & Galadari, A. (2022). There Is No Health Without Mental Health: The Middle East and North Africa. https://doi.org/10.1007/978-3-030-91790-6_2

Utama, C. F. dan fajar. (2022). Upaya Pembentukan Karakter Remaja di Panti Asuhan Yayasan Anugrah Kasih Abadi. Pengabdian Pada Masyarakat.

Wedanthi, P. H. (2022). Studi Kasus Dinamika Psikologis Penderita Bipolar Disorder. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3313




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i5.14290

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.