Pentingnya Literasi Keuangan Pada Generasi Z (Studi Pada Siswa SMA dan SMK di Kota Bandung)

Neneng Susanti, Tanti Irawati Mukhlis, Muhammad Bayu Aji, Oliver Hasan, Pebri Yanida, Vincentia Wahju Widajatun

Sari


ABSTRAK

 

Pada era digitalisasi ekonomi semua kebutuhan dapat dengan cepat dan mudah dijangkau. Kenyamanan, kemudahkan akses dan kecepatan sudah memanjakan dalam prosesnya. Dengan adanya teknologi ini sangat membantu manusia dalam mencukupi kebutuhannya. Tentunya arus yang besar ini akan memberi dampak positif dan negatif kepada semua kalangan, khususnya kalangan generasi Z dan milenial. Literasi keuangan menjadi isu utama dan menjadi salah satu  kebijakan yang secara terus menerus dilakukan oleh pemerintah. Financial Fitness Index OCBC NISP merupakan hasil studi kolaboratif antara OCBC NISP dan NielsenIQ mengkaji sikap dan perilaku pengelolaan keuangan serta cara meningkatkannya  untuk menggambarkan kesehatan keuangan generasi muda Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh Gen Z dan Milenial, menurut hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) 2020. Penduduk yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 dikenal sebagai Generasi Z. Jumlah penduduk Gen Z mencapai 75,49 juta jiwa atau 27,94 persen dari total populasi 270,2 juta jiwa (Dukcapil: Jumlah Penduduk Indonesia Sebanyak 275,36 Juta Pada Juni 2022, n.d.). Generasi Z memiliki karakteristik fasih teknologi, berinteraksi dengan sosial media, ekspresif yang cenderung toleran dan multitasking. Dengan perkembangan teknologi yang ada disertai dengan karakteristik generasi Z, sangat memungkinkan untuk memiliki sikap konsumerisme pada generasi Z dan adanya kebutuhan terhadap literasi keuangan. Generasi Z yang memiliki pengetahuan akan pengelolaan keuangan seperti menabung, tidak selalu pasti memiliki perilaku menabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan dewasa muda masih sangat rendah meskipun mereka tergolong financially active—terbukti dari kepemilikan kartu kredit. Tingkat literasi keuangan akan meningkat seiring dengan meningkatnya pendidikan. Tingkat literasi keuangan yang rendah, menunjukan bahwa pengetahuan generasi milenial akan tabungan dan pinjaman, asuransi dan investasi masih rendah.

 

Kata Kunci:  Financial Literacy, Personal Finance, Financial Technology

 

 

ABSTRACT

 

In the era of economic digitalization, all needs can be reached quickly and easily. Convenience, ease of access and speed have spoiled the process. With this technology, it greatly helps humans in meeting their needs. Of course, this large flow will have positive and negative impacts on all groups, especially generation Z and millennials. Financial literacy is a major issue and is one of the policies that is continuously implemented by the government. The OCBC NISP Financial Fitness Index is the result of a collaborative study between OCBC NISP and NielsenIQ examining attitudes and behaviors in financial management and how to improve them to describe the financial health of Indonesia's young generation. The current population of Indonesia is dominated by Gen Z and Millennials, according to the results of the 2020 Central Statistics Agency (BPS) census. The population born between 1997 and 2012 is known as Generation Z. The population of Gen Z reached 75.49 million people or 27.94 percent of the total population of 270.2 million people (Dukcapil: The Population of Indonesia is 275.36 Million in June 2022, n.d.). Generation Z has the characteristics of being fluent in technology, interacting with social media, expressive who tend to be tolerant and multitasking. With the development of existing technology accompanied by the characteristics of generation Z, it is very possible to have a consumerist attitude in generation Z and the need for financial literacy. Generation Z who have knowledge of financial management such as saving, do not always have saving behavior. The results of the study show that the level of financial literacy of young adults is still very low even though they are classified as financially active—as evidenced by the ownership of credit cards. The level of financial literacy will increase along with increasing education. The low level of financial literacy shows that the knowledge of the millennial generation about savings and loans, insurance and investment is still low.

 

Keywords: Financial Literacy, Personal Finance, Financial Technology


Kata Kunci


Kata kunci: Financial Literacy, Personal Finance, Financial Technology

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Avrist. (2020, January 31). Generation Gap: Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z. https://avrist.com/lifeguide/2020/01/31/pengelolaan-keuangan-milenial-dan-gen-z-generation-gap/

Chen, H., & Volpe, R. (1998a). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1057081099800067

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998b). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128

Bassa Scheresberg, C. (2013). Financial literacy and financial behavior among young adults: Evidence and implications. Numeracy, 6(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.6.2.5

Dukcapil: Jumlah Penduduk Indonesia Sebanyak 275,36 Juta pada Juni 2022. (n.d.). Retrieved May 10, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/02/dukcapil-jumlah-penduduk-indonesia-sebanyak-27536-juta-pada-juni-2022

Friedline, T., & West, S. (2016). Financial Education is not Enough: Millennials May Need Financial Capability to Demonstrate Healthier Financial Behaviors. Journal of Family and Economic Issues, 37(4), 649–671. https://doi.org/10.1007/S10834-015-9475-Y/TABLES/7

Investor Daily - Informasi Bisnis dan Pasar Modal. (n.d.). Retrieved May 10, 2023, from https://investor.id/

Kojo Oseifuah, E. (2010). Financial literacy and youth entrepreneurship in South Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 1(2), 164–182. https://doi.org/10.1108/20400701011073473/FULL/XML

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/JPAK.V9N1.P131-139

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: an overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497–508. https://doi.org/10.1017/S1474747211000448

Mottola, G. R. (2014). The financial capability of young adults—A generational view. FINRA: Foundation Financial Capability Insight, 3, 1–12. https://www.financialcapability.gov.au/sites/www.financialcapability.gov.au/files/2022-01/report_financialcapabilityofyoungadults.pdf

Negara, A. K., Febrianto, H. G., & Fitriana, A. I. (2022). Mengelola keuangan dalam pandangan gen z. Akuntabel, 19(2), 296–304. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i2.11176

Ningtyas, M. N. (2019a). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/JIBEKA.V13I1.111

Ningtyas, M. N. (2019b). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Manajemen




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i10.14542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.