Pengembangan Media Promosi Potensi Wisata di Desa Karyawangi melalui Pelatihan Mobile Videografi Kepada Kelompok Sadar Wisata

Asep Deni Iskandar, I Gede Nyoman Wisnu Setyadharma

Sari


ABSTRAK

 

Desa wisata yang dibangun dengan menggunakan strategi berbasis masyarakat harus melibatkan peran serta warga. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di desa, seperti halnya di desa Karyawangi Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat menjadi subjek yang sangat penting dalam pengembangan desa wisata. Masyarakat yang berperan langsung harus memasarkan atau mempromosikan objek yang berpotensi dapat dijadikan distinasi wisata kepada dunia luar. Salah satu media untuk mempromosikan tempat wisata melalui videografi. Permasalahan yang timbul, masyarakat di desa Karyawangi kurang terampil dalam membuat konten video yang menarik. Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam membuat videografi yang menarik, maka diadakan pelatihan videografi. Pelatihan videografi untuk pengurus Pokdarwis ini menggunakan metode PLA dan dilaksanakan beberapa tahapan. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini berupa peningkatan kemampuan peserta dalam membuat konten videografi yang menarik untuk kebutuhan promosi desa wisata.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Videografi, Promosi

 

 

ABSTRACT

 

Tourism villages that are built using a community-based strategy must involve the participation of residents. Thus, the people who live in the village, as is the case in Karyawangi Village, Parongpong Subdistrict, West Bandung Regency, become a very important subject in the development of a tourist village. Communities that play a direct role must market or promote objects that have the potential to be used as tourist destinations to the outside world. One of the media to promote tourist attractions through videography. The problem that arises is that the community in Karyawangi village is less skilled in creating interesting video content. To improve the community's ability to make interesting videography, videography training was held. This videography training for Pokdarwis administrators used the PLA method. The results obtained from this training are an increase in the ability of participants to create interesting videography content for the needs of tourism village promotion.

 

Keywords: Videography, Training, Promotion


Kata Kunci


Pelatihan Videografi, Promosi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


A’lawiyyah, I., Wibisono, N., & Hardiyanto, N. (2021). Proyek Perancangan Video Promosi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness Kreuz Bike Indonesia di Instagram. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 1316–1320. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2932

Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51-57.

Hendar, H., Sujatna, M. L., Zuraida, I., Heryono, H., & Aryanti, M. L. (2022). Creating Village Website as a Supporting Medium for Promoting Tourism and Disseminating Information. Jurnal Inovasi Masyarakat, 2(1), 58–69. https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss1.2022.869

Itah Masitah. (2019). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 45.

Jubaedah, S., & Fajarianto, O. (2021). Model pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal sebagai strategi peningkatan ekonomi masyarakat di desa cupang kecamatan gempol kabupaten cirebon. Abdimas Awang Long, 4(1), 1-12.

Kabelen, N. W. (2021). Perjalanan Dan Perkembangan Videography Dari Ilmu Hingga Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 4(2), 79. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v4i2.600

Masitah, Itah. (2019). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 45.

Muliyana, D., Murni, A., & Saragih, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dan Capcut Sebagai Media Pembelajaran Berbasis IT. Semnasa, November 2023, 896–902.

Oktaviani, F., S, Y. S., Rahmawati, D., & Susana, E. (2018). Pemanfaatan Videografi Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Grace Rose Farm – Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 1(12614–6711), 136–141. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3117

Prasetyo, A., Sujana, I. W., Ratna Cora Sudharsana, T. I., Wahyudi, E., Ranu Wicaksono, A., Peradantha, I. B. G., ... & Gigih Prasisko, Y. (2020). Kreativitas & Kebangsaan: Seni Menuju Paruh Abad Xxi-36 Prosiding Seminar Dies Natalis Ke-36 Isi Yogyakarta.

Rahman, F. (2023). Jejak rasa nusantara: sejarah makanan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Silmi, A. F. (2017). Participatory Learning And Action (Pla) Di Desa Terpencil: Peran LSM PROVISI Yogyakarta dalam Pemberdayaan Masyarakat di Lubuk Bintialo, Sumatra Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 97. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-05

Suharso; (2018). KBBI. Widya Karya.

Thresia, F., & Rasmana, B. (2020). Jurnalistik Dasar Untuk Pemula. Pen Fighters.

Umihani, U., Nurwahidin, M., Pujianti, P., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Model Discovery Learning Menggunakan Media Digital di SMA N 1 Terbanggi Besar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 164-172.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.

Wahyuni, D. (2018). Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 83-100.

Wardani, N. F. D. R., Rudyanto, H. E., & Sholikah, O. H. (2024). Penggunaan Media Wordwall sebagai Alternatif pada Pembelajaran IPAS. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 750-756.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan.

Winasis, A., & Setyawan, D. (2016). Efektivitas program pengembangan desa wisata melalui kelembagaan dalam peningkatan sumber daya alam (SDA). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 5(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i9.15265

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.