Pemberdayaan Perempuan Terhadap Pemanfaatan Ekonomi Digital: Peran Nasyiatul Aisyiyah dalam Meransang Kewirausahaan Wanita di Kabupaten Sidenreng Rappang

Sundari Kawaru, Andi Nilwana, Juana Juana

Sari


ABSTRAK

 

Pengabdian ini berfokus pada memberikan pemahaman dan keterampilan bisnis Digital untuk mendorong Wanita mendapatkan pekerjaan dan melek bisnis digital seperti e-commerce dan media social merupakan sarana yang efektif dalam pemasaran yang dengan demikian bekerjasama dengan organisasi Perempuan yaitu Nasyiatul Aisyiyah dalam hal ini program ini merupakan suatu hal yang bermanfaat untuk diketahui dan dipelajari pada zaman sekarang Urgensi pemberdayaan perempuan dalam ekonomi digital terletak pada ketidaksetaraan gender yang masih ada dalam akses, pengetahuan, dan peluang di dunia digital. Nasyiyah bertujuan untuk mengatasi hambatan ini dan memungkinkan perempuan untuk memanfaatkan peluang ekonomi digital. Tujuan utama dari pengabdian ini 1) meningkatkan keterampilan perempuan dalam pemanfaatan ekonomi digital, 2) memfasilitasi akses ke platform e-commerce, dan 3) membantu dalam mengembangkan kewirausahaan wanita dalam ranah digital. Metode yang digunakan, observasi awal, sosialisasi, pelaksanaan pelatihan, mentorship dan pendampingan, evaluasi dan Perbaikan,  1) melakukan pelatihan keterampilan dengan memberdayakan Perempuan untuk menciptakan dan mengelola bisnis, 2) mengajarkan langsung aplikasi e-commerce untuk membantu Perempuan untuk mencapai pasar global 3) dengan memberikan bantuan pelatihan ini dapat menginspirasi Perempuan dalam memulai bisnis, Meningkatkan keterampilan perempuan dalam pemanfaatan ekonomi digital, memfasilitasi akses ke platform e-commerce, dan membantu dalam mengembangkan kewirausahaan wanita dalam ranah digital, kita dapat menciptakan sebuah ekosistem yang lebih inklusif, inovatif, dan berkelanjutan. Dengan memberdayakan perempuan untuk menjadi aktor utama dalam ekonomi digital, kita tidak hanya membuka peluang bagi mereka secara individu, tetapi juga membawa manfaat besar bagi masyarakat secara keseluruhan melalui pertumbuhan ekonomi yang lebih luas dan inklusif. Perlu adanya 1) Perluasan program pelatihan, 2) Peningkatan konten Pelatihan, 3) Dukungan dan Keberlanjutan.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, Ekonomi Digital, Kewirausahaan

 

 

ABSTRACT

 

This service focuses on providing understanding and digital business skills to encourage women to get jobs and become literate in digital business such as e-commerce and social media, which are effective means of marketing, thereby collaborating with women's organizations, namely Nasyiatul Aisyiyah, in this case this program is something which is useful to know and learn today. The urgency of empowering women in the digital economy lies in the gender inequality that still exists in access, knowledge and opportunities in the digital world. Nasyiyah aims to overcome these barriers and enable women to take advantage of digital economic opportunities. The main objectives of this service are 1) improving women's skills in utilizing the digital economy, 2) facilitating access to e-commerce platforms, and 3) helping to develop women's entrepreneurship in the digital realm. Methods used, initial observation, socialization, implementation of training, assistance and mentoring, evaluation and improvement, Results: 1) conducting training by empowering women to create and manage businesses, 2) teaching directly e-commerce applications to help women reach the global market 3) by providing this training assistance can inspire women to start businesses. Conclusion: increasing women's skills in utilizing the digital economy, facilitating access to e-commerce platforms, and helping develop women's entrepreneurship in the digital realm, we can create a more inclusive, innovative, ecosystem. and sustainable. By empowering women to become key actors in the digital economy, we not only open up opportunities for them individually, but also bring huge benefits to society as a whole through broader and more inclusive economic growth. Recommendations: 1) Expansion of training Programs, 2) Enchancement of training Content, 3) Sustainability and Support

 

Keywords: Women's Empowerment, Digital Economy, Entrepreneurship


Kata Kunci


Pemberdayaan Perempuan; Ekonomi Digital; Kewirausahaan.

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdul Ghonisyah, Ghaling Achmad, and Irly Artiara Irawan. (2023). “University Partnership Sebagai Akselerator Transformasi Digital Usaha Mikro Perempuan.” JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) 8(1): 24.

Achmad, Nur, and Edy Purwo Saputro. (2015). “Faktor Sukses Wirausaha Wanita.” JP Feb Unsoed 11(2): 2.

Annisa, Riski, Raja Sabaruddin, Panny Agustia Rahayuningsih, and Monikka Nur Winnarto. (2023). “Pemanfaatan Transformasi Digital Mindset Dalam Kewirausahaan UMKM Untuk Pengembangan Ekonomi Lokal.” SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 78–81.

Biru, Rembulan Catra Banyu, Rahmat Fahmi, and Eko Sulistiono. (2021). “Pengusaha Perempuan Sebagai Agen Perubahan: Studi Komparasi Peran Perempuan Sebagai Wirausaha Sosial Di Negara Berkembang.” NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan 2(1): 11–22.

Cahyani, Anisa Binar et al. (2021). “Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Dalam Pembangunan.” Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) 2(1): 37–43.

Fadillah, Rizky, and M Iqbal Fasa. (2021). “Digital Economic Transformation : Optimalisasi Ekonomi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pelaku Umkm.” Jurnal Manajemen & Organisasi Review (Manor) 3(2): 123–35.

Harianja, Andy Paul. (2023). “Pemanfaatan Media Digital (Marketplace) Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kearifan Lokal Dan Inovasi Daerah Pada Desa Tambun Sungkean.” ULEAD : Jurnal E-Pengabdian 3(1): 12–15. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD.

Idat, Dhani Gunawan. (2019). “Memanfaatkan Era Ekonomi Digital Untuk Memperkuat Ketahanan Nasional.” Jurnal Kajian Lemhannas RI 38: 5–11.

Lembong, Angganeta, Christoffel Kojo, and Yantje Uhing. (2023). “Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Mm Juice Manado.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 11(1): 1261–70.

Murdijaningsih, T, M Wijaya, and ... (2023). “Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Umkm Di Era Ekonomi Digital.” WIKUACITYA: Jurnal … 02(02): 110–15. https://wikuacitya.unwiku.ac.id/index.php/wikuacitya/article/view/121%0Ahttps://wikuacitya.unwiku.ac.id/index.php/wikuacitya/article/download/121/87.

Musakal. (2024). “Wanita Dan Kewirausahaan Berbasis Rumah Tangga ( Women And Home Entrepreneurship ).” 13(2): 457–61.

Neno, Marianus Saldanha. (2021). “Analisi Pemanfaatan Digital Marketing Pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba Di Masa Pandemi Covid 19.” GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial 2(2): 147–60. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816.

Nindiasari, Avininda Dewi. (2021). “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2): 109.

Nugrah Leksono Putri Handayani. (2022). “E-Commerce Sebagai Penunjang Ekonomi Digital Di Jawa Tengah.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan 2(1): 9–14.

Prajawati, Maretha Ika. (2021). “Pembelajaran Internal Dalam Mendukung Kesuksesan Wirausaha Perempuan.” Jurnal Pendidikan Edutama 8(1): 115.

Sepriano, Sepriano et al. (2023). Transformasi Administrasi Publik Menghadapi Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siahaan, Shanti Veronica br, and Benedhikta Kikky Vuspitasary. (2022). “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wanita Desa Sebetung Menyala Kalimantan Barat.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(1): 269.

Sinrang, Andi, and Muhammad Nur. (2022). “Information Technology-Based Public Service Management during Covid-19 (Case Study of SIBERAS Application in Sidenreng Rappang Regency).” In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, IOP Publishing, 12038.

Sososutiksno, Christina et al. (2023). “Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Bagi Wanita Wirausaha Di Pulau Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 3(2): 591–96.

Wayan, Ni et al. (2023). “Pemberdayaan Perempuan Millenial Melalui Literasi Digital.” Communnity Development Journal 4(4): 7129–33.

Widiastuti, Nur. (2021). “Ekonomi Digital Peluang Dan Strategi.” Seminar Nasional STIE Wiwaha: 148–67. http://www.mitrawacanamedia.com.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i7.15288

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.