PENDIDIKAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS 04 SDN PAMINGGIR 1 GARUT TENTANG PENTINGNYA MENCUCI TANGAN SEBELUM MAKAN

Iwan Shalahuddin* -  Fakultas Keperawatan Unpad PSDKU Garut, Indonesia
Ahmad Yamin -  Fakultas Keperawatan Unpad Kampus Utama, Indonesia
Umar Sumarna -  Fakultas Keperawatan Unpad Kampus Utama, Indonesia
Sekolah memegang peranan penting dalam pendidikan karena pengaruhnya besar sekali pada jiwa anak, maka disamping keluarga sebagai pusat pendidikan, sekolah juga mempunyai fungsi sebagai pusat pendidikan untuk pembentukan pribadi anak. Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Salah satu Indikator PHBS di institusi pendidikan/sekolah antara lain Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Tujuan pengabdian untuk menjelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar, menjelaskan dampak yang ditimbulkan jika tidak mencuci tangan, menjelaskan solusi untuk anak yang belum menerapkan mencuci tangan. Metode yang digunakan dengan metode ceramah, Tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. Hasil Jumlah audience : 35 orang Audience berusia: 11 – 12 tahun, sebelum dilakukan kegiatan siswa sudah mengenal tentang cuci tangan hanya belum tahu cara yang benar, setelah di lakukan demontrasi siswa secara keseluruhan dapat memahami dan mendemonstrasikan ulang dengan benar. Siswa dan guru tampak antusian mengikuti kegiatan. Kesimpulan Peserta mengikuti penyuluhan dengan senang hati karena penyuluhan dilaksanakan dengan menyenangkan. Kegiatan penyuluhan berjalan kondusif karena siswa memperhatikan materi yang disampaikan dengan baik.

Kata Kunci : PHBS, Sekolah Dasar, Cuci Tangan, Perilaku

  1. Ardhiyanti, Yulrina, dkk. (2014). Panduan Lengkap Keterampilan Dasar Kebidanan I. Ed 1, Cet 1.Yogyakarta: Deepublish.
  2. Husna, I. N., &Ulliya, S. (2017). Gambaran Praktik Five Moment Cuci Tangan Pada Perawat Di RSUD Soewondo Kendal.
  3. http ://www.asho-aceh.org/artikel/Training%20module-HEALTH/PHBS.
  4. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/145/jtptunimus-gdl-muhammadma-72333babii.pdf
  5. Kushartanti, Roro. (2012). Tesis. Beberapa Faktor Yang Memepengaruhi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) ( Studi di Sekolah Dasar Negeri Brebes ) http://Eprints.Undip.ac.id/42527/. Program Pasca Sarjana Universitas Dipenogoro: Semarang
  6. Lumongga, N., & Syahrial, E. (2013). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. Kebijakan, Promosi Kesehatan dan Biostatiskik, 2(1).
  7. Oktarina, Mika. (2016). Buku Ajaran Asuhan Kebidanandan Persalinan Bayi Baru Lahir. Ed 1, Cet 1. Yogyakarta: Deepublish.
  8. Raharjo, A. S., KM, S. I. S., & Kes, M. (2014). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERSEDIAAN FASILITAS DI SEKOLAH DALAM PENERAPAN PHBS MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati). Unnes Journal of Public Health, 3(1).
  9. Sumijatun,et al.2005. Konsep Dasar Keperawatan Komunitas.Jakarta : EGC
  10. www.phbssekolah.com
  11. Suparti, Siti. (2017). 99++ Solusi Medis, Herbal, &Holistik Atasi Berbagai Penyakit. Jakarta: Penebar Plus+ (PenebarGrup)