Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba terhadap Peningkatan Kasus Penyakit Menular Seksual melalui Video Animasi di SMK Muhammadiyah Cilegon

Nuria Fitri Adista, Ika Apriyanti

Sari


ABSTRAK

 

Penyalahgunaan narkoba dan penularan PMS memiliki kaitan yang erat bahwa penularan HIV/AIDS dikalangan pecandu narkoba terjadi amat cepat, antara lain disebabkan karena kebiasa pinjam meminjam jarum suntik tanpa disterilkan terlebih dahulu. Hal  ini menjelaskan bahwa, ada berbagai macam cara penularan PMS dan berkaitan erat dengan penyalahgunaan narkoba. Metode yang dilakukan dengan memberikan program edukasi tentang bahaya narkoba di SMK Muhammadiyah Cilegon menggunakan video animasi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan peningkatan risiko PMS melalui video animasi. Memberikan pendidikan kesehatan berupa Pendidikan kesehatan/edukasi melalui video animasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba terhadap peningkatan kasus PMS. Menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa, dengan nilai rata-rata pre-test 52.97 dan post-test 76.22. Kendala utama adalah penyesuaian waktu penyuluhan dengan jadwal akademik siswa yang tidak serentak. Program ini menegaskan pentingnya edukasi narkoba sejak dini dan penggunaan media yang menarik seperti video animasi. Video animasi terbukti menjadi alat yang sangat efektif dalam pembelajaran di sekolah, karena mampu menampilkan konsep yang sulit dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti. Penggunaan video animasi dalam pendidikan bahaya narkoba tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga kesadaran mereka terhadap risiko narkoba dan penyakit menular seksual.

 

Kata Kunci: Edukasi, Video Animasi

 

 

ABSTRACT

 

Drug abuse and the transmission of sexually transmitted infections (STIs) are closely related, with HIV/AIDS transmission among drug users occurring rapidly. This is largely due to the practice of sharing non-sterilized needles. This relationship highlights the various ways in which STIs can be transmitted and their strong association with drug abuse. To address this issue, an educational program using animated videos was implemented at SMK Muhammadiyah Cilegon to enhance students' understanding of the dangers of drug abuse. The goal of the program was to create an engaging and effective learning approach to increase students' awareness of the dangers of drug abuse and the associated risk of STIs Through animated videos. Health education was provided through animated videos that illustrated the risks of drug abuse and its impact on the increase in STI cases. The program showed a significant improvement in students' knowledge, with the average pre-test score being 52.97 and the post-test score rising to 76.22. The main challenge encountered was aligning the educational sessions with students' academic schedules, which were not synchronized. The program underscores the importance of early drug education and the use of engaging media such as animated videos. Animated videos have proven to be a highly effective tool in school-based education. They present complex concepts in a compelling and easily understandable manner. The use of animated videos in drug abuse education not only enhances students' comprehension but also increases their awareness of the risks associated with drug abuse and sexually transmitted infections.

 

Keywords: Education, Animated Video

Kata Kunci


edukasi, video animasi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Al-Quran, T. D. A. R. I. (2020). Terjemahan Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Quran, Terjemahan Departemen Agama Republik Indonesia - Edisi terjemahan resmi dalam bahasa Indonesia.

Astafrina, S., Hadiyanto, H., Alwi, N. A., & Fitria, Y. (2022). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8754–8765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3940

BNN. (2019). Profil Kesehatan Remaja: Reproduksi Remaja

Chabibah, N., Khairiyah, N., & Hastuti, P. (2021). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Tindakan Pencegahan Penyakit Menular Seksual. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(3), 425–434.

Detik.com. (2023). survei-bnn-5-000-warga-cilegon-terpapar-narkoba-korban-pelajar-aparat. https://news.detik.com/berita/d-7110703/survei-bnn-5-000-warga-cilegon-terpapar-narkoba-korban-pelajar-aparat

Din, R., Latif, R. A., & A. (2018). The effectiveness of e-learning for vocational training: A comparative study. Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(1-), 184–198. https://doi.org/Din, R., Latif, R. A., & Arof, H. (2018). The effectiveness of e-learning for vocational training: A comparative study. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(10), 184-198. DOI: 10.3991/ijet.v13i10.8851.

Febriani, C. A., Nuryani, D. D., & Elviyanti, D. (2019). Efektifitas pemanfaatan media gambar bergerak dan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi seimbang pada balita. Jurnal Kesehatan, 10(2), 181–186.

Fredianto, D. (2021). Penyalahgunaan Narkotika Melalui Media Jarum Suntik Sebagai Pemicu Penularan Hiv Pada Narapidana Perempuan (studi Kasus Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Iia Kota Pekanbaru). 1(69), 5–24. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7132

Jalinus, N. and A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. In: Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana, Jakarta, pp. 1-233. ISBN 978-602-422-104-1.

Ketut Suardika, I. M., & Subagia, I. W. A. (2020). Implementation of Interactive Animation Media in Elementary School Science Learning. Journal of Physics: Journal of Physics: Conference Series, 1568(1)(1). https://doi.org/DOI: 10.1088/1742-6596/1568/1/012053.

Mustaqim, M., Dafitri, H., & Dharmawati, D. (2021). Edukasi Digital Pengenalan Bahaya Narkoba Bagi Anak Usia Dini Berbasis 3D Dan Augmented Reality. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623

Prawesthi, E., Valencia, G., Marpaung, L., & Mujiwati, M. (2021). Perbandingan Leaflet dan Video Animasi sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan terhadap Pentingnya Penggunaan Gigi Tiruan pada Mahasiswa Poltekkes Jakarta II. Cakradonya Dental Journal, 13(2), 144–150.

Sitohang, G. J., Sumiati, A., & Susanti, S. (2021). Effect of Problem Based Instruction Model Based on Learning Video and Educational Games Media on the Self Efficacy of Students of Class X SMK N 17 Jakarta. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(2), 106–113. https://doi.org/https://doi.org/10.54012/jcell.v1i2.9

Sitohang, G. J., Sumiati, A., & Susanti, S. (2021). Effect of Problem Based Instruction Model Based on Learning Video and Educational Games Media on the Self Efficacy of Students of Class X SMK N 17 Jakarta. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i2.9

Sujana, P. M. A. (2022). Pengaruh Tayangan video Animasi Terhadap Pengetahuan Remaja tentang NAPZA di SMP Taman Rama Denpasar.

Taufik Dwi Kurniawan. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 29.

Wawan Hermawan, Reny Jabar, Paojan Zam’an, Mohamad Heri Hadian, S. S. (2022). Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan. x(x), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i10.15829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.