Pengabdian Masyrakat “Cap Bumil” Cegah Anemia pada Ibu Hamil untuk Antsipasi Kelahiran Stunting di Posyandu Dahlia, Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea

Ety Nurhayati, Nada Salsabila, Nugroho Budhisantosa, Witri Zuama Qomarania, Vanny Idris

Sari


ABSTRAK

 

Anemia defisiensi besi pada ibu hamil masih menjadi masalah kesehatan yang cukup besar di Indonesia karena prevalensinya yang tinggi. Kejadian anemia pada masa kehamilan dapat mempengaruhi kehamilan karena dapat menurunkan daya tahan tubuh ibu hamil yang kemudian berujung pada kematian janin, keguguran, cacat lahir, dan BBLR (berat badan lahir rendah). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi anemia secara dini dengan melakukan skrining Hb dan penyuluhan kesehatan tentang anemia pada ibu hamil. Waktu pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pada hari kamis, 3 agustus 2023, dimulai dari jam 13.00 sampai dengan selesai. Sasaran kegiatan dan lokasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pada ibu hamil di wilayah Posyandu Dahlia, Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea, Kabupate Bogor, Provinsi Jawa Barat. Bentuk kegiatan ini sendiri terdiri dari pemeriksaan HB dan penyuluhan Kesehatan tentang pencegahan anemia pada ibu hamil untuk antisipasi kelahiran stunting. Hasil pemeriksaan Hb menunjukkan bahwa sebagian ibu hamil tidak mengalami anemia namun ada sebagian juga yang ternyata mengalami anemia selama kehamilan baik anemia ringan maupun sedang dengan 11 orang yang tidak mengalami anemia dengan kadar HB > 11 gr%, 4 orang mengalami anemia ringan dengan kadar HB 9-10 gr%, dan 2 orang mengalami anemia sedang dengan kadar HB 7-8 gr%.

 

Kata Kunci: Ibu Hamil, Anemia, HB

 

 

ABSTRACT

 

Iron deficiency anemia in pregnant women is a health problem in Indonesia due to its high prevalence. The incidence of anemia during pregnancy can affect pregnancy because it can reduce the immune system of pregnant women which leads to fetal death, birth defects, and LBW (low birth weight). The purpose of this activity is to detect anemia early with Hb screening and counseling about anemia in pregnant women. The time for implementing this community service is Thursday, August 3, 2023, starting at 13.00 until completion. The target of this activity and location of this activity are pregnant women in the Posyandu Dahlia area, Cicadas Village, Ciampea District, Bogor Regency, West Java Province. The form of this activity consists of HB checks and health counseling on the prevention of anemia in pregnant women to anticipate stunting births. The results of Hb examination showed that some pregnant women did not experience anemia but there were also some who experienced anemia during pregnancy both mild and moderate anemia with 11 people not experiencing anemia with HB levels > 11 gr%, 4 people experienced mild anemia with HB levels of 9-10 gr%, and 2 people experienced moderate anemia with HB levels of 7-8 gr%.

 

Keywords: Pregnant Woman, Anemia, HB


Kata Kunci


Ibu Hamil, Anemia, HB

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Corwin, EJ. (2009). Buku Saku Patofisiologis. EGC: Jakarta. Deswati, D. A., Suliska, N., & Maryam, S. (2019). Pola Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil di Salah Satu Rumah Sakit Ibu dan Anak. Family Edu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1).

Devi, D., Lumentut, A. M., & Suparman, E. (2021). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dalam Pencegahan Anemia pada Kehamilan di Indonesia. e-CliniC, 9(1).

Handayani, S. (2016). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sambutan Kota Samarinda, 1(Ii), 126–138.

Novelia, S., Dewi, A., Melinasari, S., Widowati, R., & Carolin, B. T. (2020). Iron and Orange Extract on Hemoglobin among Anemic Pregnant Women in Nusa Tenggara Barat in 2018. Asian Community Health Nursing Research, 8-8.

Siantar, R. L., Rostianingsih, D., Ismiati, T., & Bunga, R. (2022). Buku ajar asuhan kebidanan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Rena Cipta Mandiri. Jurnal Peduli Masyarakat, Volume 5 No 2, Juni 2023 Global Health Science Group 264.

Shinta, N. & Rukmaini. (2023). Pencegahan anemia pada ibu hamil dengan penyuluhan dan pemeriksaan hb di wilayah kerja puskesmas kecamatan bojong gede kabupaten bogor. Jurnal Peduli Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). 5(2), Juni 2023, Jakarta.

Sulistyawati, W., & Khasanah, N. A. (2019). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Dan Faktor Yang Melatarbelakangi. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 201-207).

Waryono. (2010). Gizi Reproduksi, Pustaka Rihama: Yogyakarta.

Yunadi, F. D., & Septiyaningsih, R. (2020). Pemberdayaan Kader Dalam Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad (JPMA), 2(2), 144-153.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i9.16389

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.