Pemeliharaan Kesehatan pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Tuti Asrianti Utami, Novita M Kana Wadu

Sari


ABSTRAK

 

Anak usai prasekolah yang sering dikenal dengan istilah “Golden Age” atau masa emas hakekatnya merupakan idividu yang unik karena di masa ini anak memiliki suatu pola tumbuh kembang dalam aspek fisik, kreativitas, emosional, bahasa serta komunikasi yang khusus sesuai dtahapan yang dilalui anak. Dalam mencapai tumbuh kembang yang prima dan optimal proses deteksi dini dan stimulasi pada tumbuh kembang anak menjadi suatu hal yang penting dilakukan agar dapat terciptanya generasi penerus yang berkualitas yang juga mampu bertumbuh dan berkembang secara fisik, emosional dan juga sosial. Tujuan kegiatan Pengabdian Masyrakat ini dibutuhkan dan dilakukan untuk membantu menemukan masalah tumbuh kembang pada anak dengan deteksi dini. Metode yang gunakan adalah penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan menggunakan MMDST dan dilakukan dengan menggunakan metode bermain. Hasil deteksi dini menggunakan MMDST yaitu ditemukan bebrapa anak yang delay pada saat mengikuti test, namun delay yang ditemukan tidak melebihi dari 1 sekor yang diujikan. Kemudian ditemukan anak yang lulus semua aspek kemampuan yang diujikan dari setiap sektor, yang artinya stimulus tumbuh kembang yang didapatkan anak baik dari orang tua atau guru di lingkungan sekolah didapatkan dengan baik dan kemampuan anak sesuai dengan kemampuan seusianya. Kepada orang tua, penting sekali memantau setiap perkembangan anak pada 4 sektor, karena dengan dilakukan pemantauan pada pertumbuhan dan perkembangan anak maka mencegah terjadinya keterlambatan pada anak. Kepada guru TK, sebagai wadah untuk mengembangkan perkembangan anak dapat turut berperan untuk membantu melatih perkembangan anak.

 

Kata Kunci: Deteksi Dini, MMDST, Tumbuh Kembang Anak

 

 

ABSTRACT

 

Children after preschool, often known as the "Golden Age", are essentially unique individuals because at this time children have a pattern of growth and development in physical, creative, emotional, language and communication aspects that are specific to the stages the child is going through. In achieving prime and optimal growth and development, the process of early detection and stimulation of children's growth and development is an important thing to do in order to create a quality next generation who are also able to grow and develop physically, emotionally and socially. The aim of this Community Service activity is needed and carried out to help find growth and development problems in children with early detection. The method used is counseling and health checks using MMDST and carried out using the play method. The results of early detection using MMDST were that several children were found who were delayed when taking the test, but the delays found did not exceed 1 score being tested. Then it was found that children passed all aspects of the abilities tested from each sector, which means that the stimulus for growth and development that the child received from parents or teachers in the school environment was obtained well and the child's abilities were in line with the abilities of his age. To parents, it is very important to monitor each child's development in 4 sectors, because by monitoring the child's growth and development, delays in children can be prevented. Kindergarten teachers, as a forum for developing children's development, can play a role in helping train children's development.

 

Keywords: Early Detection, MMDST, Child growth and Development


Kata Kunci


Deteksi Dini; MMDST; Tumbuh Kembang Anak

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Jurnal, 3(olaria.6(3)), 264–272.

Entoh, C., Noya, F., & Ramadhan, K. (2020). Deteksi Perkembangan Anak Usia 3 Bulan – 72 Bulan Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.33860/pjpm.v1i1.72

Fauzi, S., & Wiyoko, P. F. (2022). Hubungan Stimulasi Deteksi intervensi Dini Tumbuh Kembang dengan Kejadian Stunting. Literatur Review, 3(3), 2423–2442.

Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2016). Wong’s Essentials Of Pediatric Nursing (Tenth. Elsevier.

Hockenberry, M., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2013). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing. Elsevier.

Indonesia, D. K. R. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intevensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar (Direktorat). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Khotimah. (2014). Kesehatan pada Anak Usia Dini. Buletin PGRA-UINSA edisi ke 02.

Kusumaningrum, P. R., Khayati, F., & Wicaksana, A. R. (2021). Gambaran Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK RA Hidayatul Qur’an. ProsidingSeminar,4,14441452.https://doi.org/https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/917/924

leny, S. (2023). Perkembangan Sosial Anak Yang Mengikuti Paud Dan Tidak Paud. Jurnal Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(1), 11–22.

Nesy, A. M., & Pujaningsih, P. (2023). Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4682–4689. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4517

Nurhidayat, N., Suhanda, S., Setiawan, D., Ariyanto, H., & Setiawan, H. (2021). Health Promotion with Counseling on Fulfilling Balanced Nutritional Needs for Community Groups in Pandemic Covid-19 Outbreak. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 853–860. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i2.1424

Nurul Abidah, S., & Novianti, H. (2020). Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun oleh Orangtua. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(2), 89–93. https://doi.org/10.33860/jik.v14i2.132

Oktiawati, A. (2020). Deteksi Dini Perkembangan Anak dengan DDST (Denver Development Screening Test) di RA/KBIT Siti Khodijah Slawi. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(2), 106–115. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.37

Rachmawati, R., Susanto, V. C. P., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Pemberian ASI Eksklusif Dan MP ASI Dini Terhadap Stunting Pada Balita. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (pp. 54–64).

Salsabila, I., & Enikmawati. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan psikososial dapa anak usia prasekolah. Jurnal Keperawatan, 11(2), 149–155.

Satatistik, B. P. (2023). Katalog: 4201005. Profil Statistik Kesehatan.

Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2018). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125.

Yogi, A. (2015). Perkembangan dan pemeliharaan Kesehatan AUD. Artikel Kompasiana. Artikel Kompasiana.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i12.16592

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.