Diseminasi Hasil Penelitian Pengembangan Flashcard Dalam Mengatasi Buta Aksara Pada Kelompok Pra Lanjut Usia di Desa Rajabasa Lama Lampung Timur

Riswanti Rini, Yoga Fernando Rizqi, Jody Setya Hermawan, Amrina Izzatika, Ani Nuryani, Fita Fatimah

Sari


ABSTRAK

 

Pendidikan menjadi kunci utama kemampuan kognitif, seperti halnya kelompok pra lanjut usia atau lansia. Membangun kemampuan kognitif seperti mengenal aksara menjadi dasar dalam membangun komunikasi yang baik. Dalam hal ini, diperlukan suatu rangsangan seperti halnya Flashcard. Media ini menjadi alat alternative untuk merangsang ingatan lansia dengan menebak huruf dan kosakata di dalamnya. Metode yang dilaksanakan meliputi 3 rangkaian. Seperti; penyuluhan, tanya jawab dan pelatihan. Hasil yang diperoleh sebanyak 14 responden mengalami peningkatan setelah dilakukanya penelitian dan 6 responden lainya tidak mengalami peningkatan kemampuan kognitif. Hasil yang dapat disimpulkan dari kegiatan ini adalah: Flashcard menjadi alat alternative membantu para lansia dalam keadaan buta aksara.

 

Kata Kunci: Flashcard, Buta Aksara, Lansia

 

 

ABSTRACT

 

Education is the primary key to cognitive skills, as is the case with pre-age or elderly groups. Building cognitive abilities like character recognition is the basis for building good communication. In this case, we need a stimulus like the Flashcard. These media become an alternative tool to stimulate elderly memory by guessing the letters and vocabulary in them. The method applied covers three sets. Like; discernment, questioning and training. The results obtained by 14 respondents improved after the study and the other 6 respondents did not experience any improvement in cognitive abilities. The conclusive outcome of this activity is: Flashcards become an alternative tool to help the elderly in character blindness.

 

Keywords: Flashcard, Character Blind, Lancia


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abidin, A. R., & Husein, S. (2022). Upaya Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Di Kec. Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1). Https://Doi.Org/10.33477/Alt.V7i1.3052

Akbar, F., Darmiati, D., Arfan, F., & Putri, A. A. Z. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia Di Kecamatan Wonomulyo. Jurnal Abdidas, 2(2). Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i2.282

Arsana, A. A. P., & Maharani, A. A. P. (2021). The Use Of Flashcard In English Vocabulary Learning. Joselt (Journal On Studies In English Language Teaching), 2(2).

Astuti, S., & Chandra, N. E. (2023). Flashcard As Media In Teaching English: A Systematic Literature Review. Jurnal Sinestesia, 13(1).

Aswardi. (2023). Berhaji Dan Lansia. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Issue 45).

Aufa, N. (2023). Pemberantasan Buta Aksara Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Masyarakat Di Desa Lae Ikan Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam Aceh. Ejoin : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4). Https://Doi.Org/10.55681/Ejoin.V1i4.776

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1091

Budiono, N. D. P., & Rivai, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2). Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.621

Cahyadi, A., Mufidah, W., Susilowati, T., Susanti, H., & Dwi Anggraini, W. (2022). Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental Lanjut Usia Melalui Program Posyandu Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1). Https://Doi.Org/10.32492/Dimas.V1i1.568

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards To Learn Vocabulary In Early Childhood Education. Journal Of Educational Computing Research, 57(7). Https://Doi.Org/10.1177/0735633119854028

Chien, C. W. (2015). Analysis The Effectiveness Of Three Online Vocabulary Flashcard Websites On L2 Learners’ Level Of Lexical Knowledge. English Language Teaching, 8(5). Https://Doi.Org/10.5539/Elt.V8n5p111

Fauziah, K., & Putri, S. A. M. (2021). Perjuangan Pemberantasan Buta Aksara Huruf Hijaiyyah Pada Kaum Ibu. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. Https://Doi.Org/10.18196/Ppm.34.290

Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). Https://Doi.Org/10.30997/Tjpba.V1i2.3091

Honarzad, R., & Soyoof, A. (2023). Two Vocabulary Learning Tools Used By Iranian Efl Learners: Physical Flashcards Versus A Mobile App. Call-Ej, 24(1).

Imansyah, F. (2019). Pemetaan Sebaran Data Buta Aksara Dengan Sistem Informasi Geografis Dan Database Engine. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (Jepin), 5(1). Https://Doi.Org/10.26418/Jp.V5i1.31451

Imansyah, F. (2020). Pemrosesan Data Buta Aksara Berbasis Webgis. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (Jepin), 6(3). Https://Doi.Org/10.26418/Jp.V6i3.32752

Juwita, D., Nulhakim, L., & Purwanto, E. (2023). Hubungan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Pralansia Dan Lansia Hipertensi Di Posyandu Lansia Desa Tengkapak Kabupaten Bulungan. Aspiration Of Health Journal, 1(2). Https://Doi.Org/10.55681/Aohj.V1i2.104

Khan, R. M. I. (2022). The Use Of Flashcards In Teaching Efl Vocabulary In Online Learning. Register Journal, 15(1). Https://Doi.Org/10.18326/Rgt.V15i1.109-125

Kusumawardani, D., & Andanawarih, P. (2018). Peran Posyandu Lansia Terhadap Kesehatan Lansia Di Perumahan Bina Griya Indah Kota Pekalongan. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(1). Https://Doi.Org/10.30591/Siklus.V7i1.748

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jik.V19i1.39571

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). Penyuluhan Tentang Diabetes Melitus Pada Lansia Penderita Dm. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3).

Manafe, L. A., & Berhimpon, I. (2022). Hubungan Tingkat Depresi Lansia Dengan Interaksi Sosial Lansia Di Bpslut Senja Cerah Manado. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1).

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i1.4152

Meilani, N., Azis, W. O. A., & Saputra, R. (2022). Faktor Resiko Kejadian Diabetes Mellitus Pada Lansia. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(4). Https://Doi.Org/10.33860/Jik.V15i4.860

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3). Https://Doi.Org/10.33541/Jdp.V11i3.892

Ngarofah, S., & Sumarni, A. (2019). Teaching Vocabulary Using Flashcard To Young Learner. Project (Professional Journal Of English Education), 1(6). Https://Doi.Org/10.22460/Project.V1i6.P775-782

Nindiana, R., Purwanto, E., & Nulhakim, L. (2023). Pengaruh Senam Tera Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi. Aspiration Of Health Journal, 1(2). Https://Doi.Org/10.55681/Aohj.V1i2.98

Nindy Elliana Benly, Rosminah Mansyarif, Wa Ode Siti Asma, Sartina, S., Wa Ode Sitti Fidia Husuni, Andi Sri Hastuti, Nuraisyah Bahar, Ayu Anggraini, & Sutriawati, S. (2022). Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Batalaiworu. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12). Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V1i12.3449

Nurlianawati, L., Widyawati, W., & Kurniasih, T. (2023). Terapi Modalitas Berkebun Terhadap Kesepian Pada Lansia. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3). Https://Doi.Org/10.37287/Jppp.V5i3.1727

Materi Pahlawanku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2258

Sri Suharti, & Sri Wulan, S. (2023). Hubungan Gangguan Pendengaran Dengan Kualitas Hidup Lansia. Jurnal Kesehatan Baitul Hikmah, 2(2). Https://Doi.Org/10.55128/Jkbh.V2i1.15

Suprayitno, E., & Huzaimah, N. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Pencegahan Komplikasi Hipertensi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V4i1.3001

Suratno, S., Purnamasari, H., & Ramdani, R. (2022). Efektivitas Program Pengentasan Buta Aksara Oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Yüksel, H. G., Mercanoğlu, H. G., & Yilmaz, M. B. (2022). Digital Flashcards Vs. Wordlists For Learning Technical Vocabulary. Computer Assisted Language Learning, 35(8). Https://Doi.Org/10.1080/09588221.2020.1854312

Zuhron Arofi, M., Windi Minarsih, R., Rustiyaningrum, W., Salsabila Tildjuir, G., & Sabilla, S. (2023). Peningkatan Kualitas Hidup Islami Dengan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an. Indonesian Journal Of Muhammadiyah Studies, 4(1).

Zung, I., Imundo, M. N., & Pan, S. C. (2022). How Do College Students Use Digital Flashcards During Self-Regulated Learning? Memory, 30(8). Https://Doi.Org/10.1080/09658211.2022.2058553




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i9.16823

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.