Metode Interaktif dalam Edukasi Permasalahan Kesehatan Gigi Pada Anak di SDK Jakarta Barat
Sari
ABSTRAK
Anak – anak usia sekolah dasar, yaitu usia 6-10 tahun adalah populasi resiko karies tinggi yaitu mencapai 54%. Hal ini termasuk pada anak usia sekolah di SDK Jakarta Barat. Sekolah ini memiliki jumlah siswa yang banyak dan terdapat fasilitas UKGS (unit kesehatan gigi sekolah). Akan tetapi, dokter gigi berpraktik hanya 1x seminggu untuk anak – anak SD kelas 1. Hal ini menyebabkan kurangnya tenaga penyuluhan kesehatan gigi terutama dalam upaya mencegah gigi berlubang dan tatalaksana darurat jika terjadi trauma pada anak - anak. Pengabdian kepada mayarakat ini bertujuan mengedukasi anak-anak SDK Di Jakarta Barat dalam mencegah dan mangatasi permasalahan kesehatan gigi sederhana yang sering terjadi di usia mereka dengan metode interaktif. Kegiatan ini diikuti oleh 137 orang murid kelas 1. Edukasi dilakukan dengan metode interaktif, diawali dengan paparan menggunakan media audio visual dan tanya jawab serta permainan. Keberhasilan metode ini terlihat dari tingkat antusias peserta anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan penyuluhan dengan tertib dan dapat diarahkan serta evaluasi pretest dan post test peserta edukasi. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan secara signifikan pengetahuan anak-anak dengan metode interaktif. Metode interaktif merupakan metode yang efektif dan menyenangkan untuk edukasi kesehatan gigi pada anak usia 6-7 tahun di SDK Jakarta Barat.
Kata Kunci: Metode Interaktif, Edukasi, Kesehatan Gigi Anak
ABSTRACT
Children aged 6-10 years have a high caries risk, reaching 54%. This includes school-age children at SDK Jakarta Barat, especially grade 1 children. This school has many students, and even though this school has Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), the dentist practices only once a week for grade 1 elementary school children. This results in insufficient information needs for a large number of students. In this community, there are no external health workers who provide education about dental health, in this case how to prevent cavities and emergency management if trauma occurs in children. This community service aims to educate elementary school children in West Jakarta on preventing basic dental health problems that often occur. This activity was attended by 137 grade 1 students. Education was conducted using an interactive method, starting with exposure using audio-visual media, questions and answers, and games. Results are seen from educational participants' pretest and posttest evaluation. The results show a significant increase in children's knowledge with this interactive method. The interactive method is an effective and fun method for educating dental health for children aged 6-7 years at SDK West Jakarta.
Keywords: Interactive Methods, Education, Children's Dental Health, Aged 6-7 Years
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Hariadi, H., Nopiana, R., & Universitas Hamzanwadi. (2023). Penerapan Metode Interaktif Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Penjaskes. Jurnal Porkes, 6(2), 837–853. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V6i2.23746
Harini, R., Sunirah, S., Astuti, P., Listyorini, M. W., Batubara, S. T., P, D. M., Rofilawati, N., Setianingrum, T., & Tarah, T. (2024). Sinergisitas Akademisi Mewujudkan Anak Sehat (Simas) Di Paud Ar Rayyan, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kota Bekasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7(1), 383–392. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V7i1.12878
Herawati, A., Sari, A., Santoso, D., Brahmastha, F., Sitorus, G., & Setiawaty, S. (2022). Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Melalui Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Pada Siswa Sdn Mekarjaya 11 Kota Depok Tahun 2022. 01(04), 111–118.
Husen Windayana. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(1).
Husna, N. F., Widyastuti, T., Utami, U., & Heriyanto, Y. (2024). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Video Interaktif Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Dengan Teknik Roll Pada Siswa Sdn Sukalangu 3 Kabupaten Pandeglang. 3(2), 132–141.
Koraag, C. R., Punusingon, A., Pusung, D. M., Iwan, M., Lintjewas, F., Senduk, C. M., Tontuli, S., & Kakalang, A. M. (2024). Metode Penyuluhan Baru: Inovasi Untuk Meningkatkan Efektivitas Dan Partisipasi. 1(1), 19–22.
Manggus, M. Y., Inggo, M. S., Bhena, M. M. O., Weo, S., Baka, M. Y., Tai, Y., & Lawe, Y. U. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 82–88.
Marthinu, L. T., & Bidjuni, M. (2020). Penyakit Karies Gigi Pada Personil Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulawesi Utara Tahun 2019. Jigim (Jurnal Ilmiah Gigi Dan Mulut), 3(2), 58–64. Https://Doi.Org/10.47718/Jgm.V3i2.1436
Maswarni, & Gustinar, M. (2022). Deskripsi Cara Menyikat Gigi Pada Anak Kelas 1 Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 12(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.37859/Jp.V12i1.2556
Meliawaty, F., & Djohan, F. F. S. (2024). Emergency Management Of Dental Trauma In Children’s Dental Avulsion Cases. 13(1), 96–99. Https://Doi.Org/10.35856/Mdj.V13i1.836
Pratama, F. A., & Al-Ghozali, M. I. (2020). Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ips Tentang Sumber Daya Alam Di Sekolah Dasar. 2(2), 113–125.
Pratiwi, D., Ariyani, A. P., Sari, A., Wirahadikusumah, A., Nofrizal, R., Tjandrawinata, R., Soulisa, A. G., Wijaya, H., Komariah, K., & Sandra, F. (2020). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Dini Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Masyarakat Tegal Alur, Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (Jamin), 2(2). Https://Doi.Org/10.25105/Jamin.V2i2.7179
Putri, V. S., & Suri, M. (2022). Pentingnya Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia Sekolah Di Rt 10 Kelurahan Murni Kota Jambi. 4(1).
Sari, N. D. A. M., & Mahendra, P. K. W. (2022). Penatalaksanaan Trauma Pada Gigi Anterior Desidui (Laporan Kasus). Jurnal Ilmiah Dan Teknologi Kedokteran Gigi, 18(2), 64–68. Https://Doi.Org/10.32509/Jitekgi.V18i2.2052
Sundjojo, M., Pratiwi, D., Iskandar, B. O., & Jeddy, J. (2022). Pelatihan Penanganan Kasus Trauma Gigi Dan Mulut Sederhana Pada Kader Masyarakat Rw 02 Grogol. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(12), 4392–4401. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V5i12.7645
Sunomo Hadi, Dini Sabiila, Hendro Suharnowo, & Imam Edi. (2021). Literatur Review: Karies Pada Anak Sekolah Dasar Ditinjau Dari Pengaruh Makan Kariogenik. Jurnal Kesehatan Gigi Dan Mulut (Jkgm), 3(2). Https://Doi.Org/10.36086/Jkgm.V3i2.815
Suroto, S. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah: Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.47498/Ihtirafiah.V4i1.3067
Sutowijoyo, A., & Nerito, P. (2023). Case Management Of Anterior Tooth Intrusion Due To Trauma. 19(2).
Tien, S., Sri, L., Taufiq, A., & Andy, W. (2022). Penyuluhan Penanganan Kedaruratan Trauma Gigi Di Masa Pandemik Covid-19 Pada Ibu-Ibu Pkk Cideng—Jakarta Pusat. Jurnal Abdimas Kesehatan Terpadu, 1(2). Https://Doi.Org/10.25105/Jakt.V1i2.15478
Widiantari, N. N., Gading, I. K., & Astawan, I. G. (2021). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Bali Tema Indahnya Kebersamaan. J. 4(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V4i1.34796
Yusniawati, Y. N. P., Putra, I. G. A. S., Lewar, E. I., Agustini, N. L. P. I. B., Wahyunadi, N. M. D., Sanjana, I. W. E., & Harditya, I. K. B. (2024). Program Edukasi Dan Pendampingan Pertolongan Pertama Manajemen Nyeri Pada Trauma Muskuluskeletal Sebagai Upaya Perawatan Jangka Panjang Bagi Remaja Di Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7(8), 3323–3336. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V7i8.14916
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i10.16873
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.