Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam sebagai Upaya Membangun Nalar Kritis Siswa SMA 01 Natar Lampung Selatan

Imam Mahmud, Usman Raidar, Yuni Ratnasari, Handi Mulyaningsih

Sari


ABSTRAK

 

Bencana alam adalah rangakaian kondisi gejala alam yang mendorong terjadinya kerugian baik secara fisik, sosial atau jiwa, serta ekonomi. Kerugian yang terjadi akan bertambah semakin besar jika tidak adanya upaya untuk memahami prosedur pencegahan, yang sekaligus menjadi bagian dari proses mitigasi yang tepat untuk dilakukan. Dari pengabdian ini diharapkan menghasilkan siswa SMA 1 Natar, Lampung Selatan memiliki nalar kritis dan memiliki tanggung jawab dalam menemukan formulasi mitigasi yang sesuai dengan karakteristik bencana di wilayah dan perwilayahan yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan metode sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan PkM di mulai dari adanya tahapan pra pengabdian dengan melakukan studi pendahuluan menggunakan observasi dan wawancara sederhana di tempat lokasi pengabdian yang dikhususkan pada topik bencana alam yang pada umumnya ada di wilayah tersebut, yakni banjir. Serta selanjutnya dilakukan proses evaluasi terkait program yang telah dilaksanakan. Kegiatan ini berhasil diikuti oleh 40 Siswa SMA Negeri 1 Natar, para siswa tersebut pada awalnya diberikan materi mengenai pengenalan terkait dengan makna dan definisi bencana alam yang ada di Indonesia, tahapan pengenalan terkait dengan mitigasi bencana alam yang diperlukan untuk proses mengatasi permasalahan bencana alam. kegiatan ini mendapatkan hasil yang cukup efektif, dimana dapat dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa hasil sosialisasi mengenai pemahaman Siswa SMA Negeri 1 Natar dalam memitigasi bencana alam yang terjadi di wilayah mereka masuk ke dalam kategori sedang. Selain itu kemampuan siswa SMA Negeri 1 Natar terhadap informasi yang didapatkan cukup efektif dalam memitigasi bencana alam yang terjadi di wilayah mereka.  Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMA Negeri 1 Natar, Kabupaten Lampung Selatan berhasil meningkatkan nalar kritis siswa dalam memahami serta memitigasi bencana alam. Program pelaksanaan PkM yang melibatkan pemahaman secara mendalam ini juga menunjukkan hasil positif, dengan hasilnya setiap siswa/i yang ikut dalam pengahabdian diharapkan menjadi agen dari adanya mitigasi bencana di lingkungan Dimana mereka berada. Rekomendasi pada hasil tersebut mencakup dengan dorongan untuk keterlibatan aktif guru dan warga sekolah untuk kemudian memiliki peran menjadi pendampingan berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Bencana Alam, Mitigasi Bencana, Nalar Kritis Siswa.

 

ABSTRACT

 

A natural disaster is a condition of natural phenomena that leads to physical, social or life, and economic losses. The losses incurred will increase if there is no effort to understand the prevention procedures, which are also part of the appropriate mitigation process to be carried out. From this service, it is expected to produce students of SMA 1 Natar, South Lampung to have critical reasoning and have responsibility in finding mitigation formulations that are in accordance with the characteristics of the disaster.  This activity was carried out using the socialisation method. The implementation of this PkM activity starts from the pre-service stage by conducting a preliminary study (observation, documentation, and simple interviews) at the service location which is devoted to the topic of natural disasters. And then an evaluation is carried out regarding the programme that has been implemented.  This activity was successfully attended by 40 students of SMA Negeri 1 Natar, the students were given material about the introduction related to the meaning and definition of natural disasters that exist in Indonesia, the introduction related to disaster mitigation needed for the process of overcoming the problem of natural disasters. This activity obtained quite effective results, which can be proven by the evaluation results which show that the results of socialisation regarding the understanding of SMA Negeri 1 Natar students in mitigating natural disasters that occur in their area fall into the medium category. In addition, the ability of SMA Negeri 1 Natar students to obtain information is quite effective in mitigating natural disasters that occur in their area.  Service activities at SMA Negeri 1 Natar, South Lampung, succeeded in increasing students' critical reasoning in mitigating natural disasters. This programme involving specific understanding and training showed positive results, with students expected to become mitigation agents in their environment. Recommendations on the results include active involvement of teachers and school community for continuous mentoring.

 

Keywords: Natural Disasters, Disaster Mitigation, Students' Critical Reasoning.


Kata Kunci


Bencana alam, mitigasi bencana, nalar kritis siswa.

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


BNPB RI. (2023). RBI (Risiko Bencana Indonesia) : “Memahami Risiko Sistemik di Indonesia”. Online: Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB. From https://inarisk.bnpb.go.id/BUKU-RBI-2022/mobile/index.html#p=1

BPBD Kabupaten Lampung Selatan. (2024, 02 24). Banjir di Kabupaten Lampung Selatan Belum Surut, BPBD Bersiaga di Lokasi. From https://bnpb.go.id/: https://bnpb.go.id/berita/banjir-di-kabupaten-lampung-selatan-belum-surut-bpbd-bersiaga-di-lokasi

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Grauerholz, L., & Bouma-Holtrop, S. (2003). Exploring Critical Sociological Thinking. Teaching Sociology, 31(4), 485–960. . doi:https://doi.org/10.2307/3211372. Accessed 17 Feb. 2024.

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan, 6(3), 334-338.

Murti, B. (2023). Berpikir Kritis. (Critical Thinking. Seri Kuliah Blok Budaya Ilmiah. . Surakarta: Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158.

Suharno, Darmawan, I. G., A, H., & K, P. M. (2019). Mitigasi Bencana Alam (Vol. 12). Bandar Lampung: Graha Ilmu. From https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JG/article/view/8002/5547

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i12.16919

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.