Pelatihan Peer Education terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Stunting
Sari
ABSTRAK
Stunting merupakan masalah serius yang dihadapi dunia. WHO menyebutkan terdapat 148,1 juta atau 22,3 % anak-anak di bawah usia 5 tahun di seluruh dunia terkena stunting, 52% dari total Global ada di benua Asia dan 43% dari total global ada di Afrika. Di Indonesia terdapat 4.7% dari total global anak-anak yang mengalami mengalami stunting. Dari Pengabdian Masyarakat ini dengan memberikan Pelatihan Peer Education (PE) bagi Remaja di SMA St. Ignatius Kabupaten Mimika. Metode palaksanaan Pengabdian masyarakat ini menggunaka “Peer Tutor” dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan Evaluasi yang dilakukan pada 18 Siswa/i SMA. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini berhasil dalam meningkatkan pengetahuan Siswa/i terhadap Stunting. Menunjukan bahwa tingkat pengetahuan responden mengalami peningkatan (100%). Berdasarkan hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan pada anak Sekolah Menengah Atas (SMS) ditemukan hasil bahwa terdapat peningkatan pengetahuan Remaja mengenai pencegahan stunting dan Remaja sebagai Peer Educator dapat menularkan pengetahuan yang dimilikinya pada teman sebaya, keluarga dan masyarakat dalam penerapan pencegahan stunting
Kata Kunci: Peer Education, Peer Tutor, Stunting
ABSTRACT
Stunting is a serious problem facing the world. WHO states that there are 148.1 million or 22.3% of children under the age of 5 worldwide affected by stunting, 52% of the global total are in Asia and 43% of the global total are in Africa. In Indonesia, there are 4.7% of the global total of children who experience stunting. Objective of this Community Service by providing Peer Education (PE) Training for Adolescents at St. Ignatius High School, Mimika Regency. The method of implementing this Community Service uses "Peer Tutor" with 4 stages, namely Planning, Implementation, Observation and Evaluation carried out on 18 High School Students. The implementation of this Community Service was successful in increasing Students' knowledge of Stunting. Shows that the level of respondent knowledge has increased (100%). Based on the results of community service carried out on Senior High School (SMS) children, it was found that there was an increase in adolescent knowledge regarding stunting prevention and adolescents as Peer Educators can transmit their knowledge to peers, families and communities in implementing stunting prevention
Keywords: Peer Education, Peer Tutor, Stunting
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anjani, D. M., Nurhayati, S., & Immawati. (2024). Penerapan Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibutentang Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Uptd Puskesmasrawat Inap Banjarsari Metro Utara. Jurnal Cendikia Muda, 4(1), 62–69.
Bkkbn. (2021). Demi Keluarga Pahami Langkah Penting Cegah Stunting. Book.
Bappenas. (2019). Berdaulat, Maju, Adil , Dan Makmur. Sistem Manajemen Pengetahuan, 32, 1–25.
Ditjen Bina Pembangunan Daerah - Kementerian Dalam Negeri. (2024). Monitoring Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi.
Elsa Savitrie, Skm, M. K. (2022). Gizi Seimbang Ibu Hamil. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_Artikel/405/Gizi-Seimbang-Ibu-Hamil
Fitraniar, I., Purwita, E., Aceh, P. K., & Besar, A. (2023). Pembentukan Peer Group Peduli Stunting Pada Siswa Sman. 4(1), 36–42.
Kemendikbud. (2024). Pengukuran Dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting.
Kemkes. (2024). Remaja 10-18 Tahun.
Mugianti, S., Mulyadi, A., Khoirul, A., & Najah, Z. L. (2018). Faktor Penyebab Anak Stunting Usia 25-60 Bulan Di Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 268–278. Https://Doi.Org/10.26699/Jnk.V5i3.Art.P268
Nurlaela, E., R. (2023). Balanced Nutrition Training For Adolescent Girls As Peer Educators. Jurnal Kesehatan Manarang, 9(2), 74–80. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33490/Jkm.V9i2.803 Balanced
Ni Putu Wiwik Oktaviani, Sanya Anda Lusiana, Taruli Rohana Sinaga, Rohani Retnauli Simanjuntak, Stephanie Lexy Louis, Rininta Andriani, Noviyati Rahardjo Putri Ayu, Nina Mirania, Laela Nur Rokhmah, I. K., & Inti Mulyo Arti, Niken Bayu Argaheni, A. F. (N.D.). Siaga Stunting Di Indonesia.
Pramudyani, A. V. R., Putri, D. R., Tiara, I. N., Herpiko, M., Udin, M. A. I., Fatiah, Z., Wahyunta, M. ’Aqil, Az Zahra, T. F., & Afiati, A. F. N. I. (2022). Panduan Stunting Stunting: Penyebab Dan Pengaruhnya Dalam Perkembangan Serta Fisik Anak. 14.
Pd, I. T. M. (2021). Dampak Dan Upaya Pencegahan Stunting. Https://Paudpedia.Kemdikbud.Go.Id/Komunitas-Pembelajar/Warga-Inovatif/Dampak-Dan-Upaya-Pencegahan-Stunting?Ref=Mjaymtazmjuwndizmjktzwexyzgwzju=&Ix=My1jmzjlnmi1oq==#:~:Text=Meningkatnya Risiko Obesitas Dan Penyakit,Kapasitas Kerja Yang Tidak Optimal.
Purwani, L. E. (2024). Pemberian Makanan Pendamping Asi Yang Tepat Untuk Pencegahan Stunting. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_Artikel/3121/Pemberian-Makanan-Pendamping-Asi-Yang-Tepat-Untuk-Pencegahan-Stunting
Qudsyi, H. (2015). Program Peer Education Sebagai Media Alternatif Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Di Indonesia (Peer Education Program As An Alternative Of Adolescent Reproductive Health In Indonesia). Proceeding Seminar Nasional 978-602-71716-3-3, March, 110–114.
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (N.D.). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik Mental Dan Sosial: Model Intervensi Health Educator For Youth (Issue 112).
Rachmi, C. N., Wulandari, E., Kurniawan, H., Wiradnyani, L. A. A., Ridwan, R., & Akib, T. C. (2019). Aksi Bergizi Hidup Sehat Sejak Sekarang Untuk Remaja Kekinian Penanggung. Unicef, 1–188.
Rahayu, Herwinda Kusuma., M.P.H., Nadhea Alriessyane Hindarta, S. G., & M.Gz., Etc. (2023). Gizi Dan Kesehatan Remaja.
Sari, Y., Lia, L., & Ramli, N. (2021). Efektifitas Peer Group Education Dan Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 7(2), 566–580.
Septiriani, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Seks Pranikah Dengan Metode Peer Education Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Perilaku Seks Pranikah Di Smk “Xy” Kota Padang. Scholar.Unand.Ac.Id, 2030, 1–8.
Suryani, P., Lala, H., Mph, S., & Sarjana Terapan Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, P. (2021). Efektivitas Metode Peer Educator Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kader Dalam Pencegahan Stunting Di Kota Malang. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 11–18.
Sembiring, T. (2022). Asi Eksklusif. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_Artikel/1046/Asi-Eksklusif
Sugiarto. (2016). Gizi Pada Bayi Dan Balita (Vol. 4, Issue 1).
Unicef, Who, & World Bank. (2023). Level And Trend In Child Malnutrition. World Health Organization, 4.
Wahyuningsih, R. (2020). Pemberdayaan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Remaja Kelebihan Berat Badan. Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 5(2), 125. Https://Doi.Org/10.32807/Jgp.V5i2.204
Werdani, K. E., Umaroh, A. K., Kisnawaty, S. W., Wulandari, W., Karuniawati, M. A., Pratama, A. D. S., Rini, N. S., Choirunnisa, F. Z., Khoiriyah, N. A. N., & Gita, A. P. A. (2024). Pembentukan Peer Educator Pencegahan Stunting Remaja. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2462. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V8i2.22267
Yulizawati, Y., Bustami, L. E., Nurdiyan, A., Iryani, D., & Insani, A. A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Education Mengenai Skrining Prakonsepsi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur Di Wilayah Kabupaten Agam Tahun 2016. Journal Of Midwifery, 1(2), 11. Https://Doi.Org/10.25077/Jom.1.2.11- 20.2018
Zaki, I., & Sari, H. P. (2019). Edukasi Gizi Berbasis Media Sosial Meningkatkan Pengetahuan Dan Asupan Energi- Protein Remaja Putri Dengan Kurang Energi Kronik (Kek). Gizi Indonesia, 42(2), 111. Https://Doi.Org/10.36457/Gizindo.V42i2.469
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i11.17305
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.