Pendidikan Kesehatan tentang Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) pada Siswa SMAN 1 Rancaekek
Sari
ABSTRAK
Masalah kesehatan jiwa yang dialami oleh kalangan remaja semakin memprihatinkan. Salah satu gangguan mental yang dapat terjadi adalah Post- Traumatic Stress Disorder (PTSD). PTSD merupakan gangguan stress yang disebabkan oleh paparan langsung maupun tidak langsung dari suatu peristiwa traumatis dan dapat menyebabkan masalah kejiwaan yang serius. Salah satu kegiatan untuk mengatasi masalah kesehatan mental pada remaja yaitu dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan PTSD pada remaja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap kondisi PTSD dan juga cara penanganan yang efektif. Tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap kondisi PTSD dan juga cara penanganan yang efektif. Kegiatan ini menggunakan metode edukasi kepada siswa/ siswi, seta melakukan diskusi. Sebelumnya didakan dulu pretest dan diakhiri dengan postest. Respon peserta antusias dan aktif bertanya ketika diberikan materi tentang PTSD. Seluruh peserta aktif dalam kegiatan mulai dari pembukaan yang dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pemaparan dan evaluasi, pre dan postest, pemberian penghargaan, hingga penutupan dan dokumentasi. Setelah dilakukan edukasi tentang PTSD mulai dari pengertian, dampak dan cara menangani PTSD, ada peningkatan dari hasil pre dan postest.
Kata Kunci: Generasi muda; Pendidikan Kesehatan; PTSD
ABSTRACT
Mental health problems experienced by teenagers are increasingly worrying. One of the mental disorders that can occur is Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). PTSD is a stress disorder caused by direct or indirect exposure to a traumatic event and can cause serious mental problems. One of the activities to overcome mental health problems in adolescents is health education. PTSD health education for adolescents aims to increase understanding of the condition of PTSD and also how to effectively treat it. The aim to increase understanding of the condition of PTSD and also how to effectively treat it. This activity uses educational methods for students, as well as conducting discussions. Previously, a pretest was held and ended with a posttest. Participants responded enthusiastically and actively asked questions when given material about PTSD. All participants were active in activities starting from the opening carried out by the deputy principal for curriculum, presentation and evaluation, pre and posttest, giving awards, to closing and documentation. After providing education about PTSD starting from the understanding, impact and how to treat PTSD, there was an improvement in the pre and posttest results.
Keywords: Young generation; Healthy Education; PTSD
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Antari, N. K. W., Syuhada, I., Handayani, W., & Dahlia, Y. (2024). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua, Single Parent, Jenis Kelamin dan Kecenderungan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) dengan Kejadian Depresi Pada Siswa di SMA Negeri 2 Mataram. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4(6), 2171-2182.
C'de Baca, J., Castillo, D., DeBeer, B., & Qualls, C. (2020). Rationale and design of an efficacy study of Group Prolonged Exposure for PTSD. Contemporary Clinical Trials Communications, 17, 100509.
Div, A. (2017). Apa itu Terapi Perilaku Kognitif. https://www-apa-org.translate.goog/ptsd-guideline/patients-and-families/cognitive-behavioral?_
de Jongh, A., de Roos, C., & El‐Leithy, S. (2024). State of the science: Eye movement desensitization and reprocessing (EMDR) therapy. Journal of Traumatic Stress, 37(2), 205-216.
Fadli, R. (2022). Catat, Ini Gejala PTSD pada Remaja yang Perlu Diperhatikan srsltid=AfmBOopNQpqlG-hXp2YiSy9S561TNJUHh51oTdqaP2V3vgUMXXYq6Jta
FEBRI, T. A. (2020). EDUKASI KESEHATAN JIWA YANG DIBUTUHKAN ANAK KORBAN KEKERASAN DENGAN POST TRAUMATIC STRESS DISORDER DI SUMATERA BARAT (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Gloria. (2022). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/
Gray, M. J., Elhai, J. D., & Frueh, B. C. (2004). Enhancing patient satisfaction and increasing treatment compliance: patient education as a fundamental component of PTSD treatment. Psychiatric Quarterly, 75, 321-332.
Harits, M. (2023). Mengenal PTSD, Gejala dan Penyebab Gangguan Stres Pasca-trauma. https://ilovelife.co.id/blog/ptsd-gangguan-stres-pasca-trauma/?gad_source=1&gclid=Cj0KCQjwiuC2BhDSARIsALOVfBIgEjDMK_5LP1lCjjwjc8Gdq9Tc0j3yg1NI815mJbYt5pJZuoHOUqwaAjAZEALw_wcB
Hamblen Jessica, d. E. (2024). PTSD pada Anak dan Remaja. https://www.ptsd.va.gov/professional/treat/specific/ptsd_child_teens.asp#backtotop
Jones, E. A., Mitra, A. K., & Bhuiyan, A. R. (2021). Impact of COVID-19 on mental health in adolescents: a systematic review. International journal of environmental research and public health, 18(5), 2470.
Mann, S. K. (2024). Posttraumatic Stress Disorder Posttraumatic Stress Disorder. [Updated 2023 Jan 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2024
Mokodompis, Y. (2024). Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/567971-pendidikan-kesehatan-dan-ilmu-perilaku-9e7d780f.pdf
Sareen, J. (2014). Posttraumatic stress disorder in adults: impact, comorbidity, risk factors, and treatment. The Canadian Journal of Psychiatry, 59(9), 460-467.
Sarfika, R., Malini, H., Effendi, N., Permata, P. I., Fitria, A., & Sagitaria, F. (2023). Deteksi Dini Masalah Kesehatan Mental Pada Remaja Dengan Self-Reporting Questionnaire (SRQ-29). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 389-396.
Sari, S. N. J., Devy, S. R., & Nihayati, H. E. (2021). Efektifitas Cognitive Behavior Therapy dalam Menurunkan Gejala Post Traumatic Stress Disorder Pasca Bencana: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12(2), 205-209.
Suprataba, S., Saleh, A., & Tahir, T. (2021). Penatalaksanaan Psikologis pada Penderita Post Traumatic Stress Disorder. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 9-20.
Sahidin, I., Sadimantara, G. R., Wahyuni, W., Malik, F., Sadimantara, F. N., Muliadi, R., & Aziz, M. I. (2023). Sosialisasi Dan Edukasi Tentang Kesehatan Mental Di SMAN 1 Sampara Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe Sulawesi. Ejoin: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(10), 1253-1259.
Taylor-Desir, M. (2022). Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD). Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD). https://www.psychiatry.org/patients-families/ptsd/what-is-ptsd
WHO. (2021). Kesehatan Mental Remaja. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i11.17457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.