Dukungan Kesehatan Jiwa Bersama Teman Sebaya melalui Program Duta Kesehatan Jiwa Sekolah
Sari
Masalah kesehatan jiwa yang muncul pada remaja dapat menganggu perkembangan remaja. Peran teman sebaya untuk menerima dan merangkul teman yang lainnya merupakan salah satu faktor penting seorang remaja untuk merasa diterima dilingkungan sosialnya. Dukungan teman sebaya dapat berkontribusi dalam mengidentifikasi masalah kesehatan jiwa pada kelompok remaja. Oleh sebab itu diperlukan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial (DKJPS) yang didapatkan oleh teman sebaya melalui duta kesehatan jiwa sekolah. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kesiapsiagaan sekolah melalui dukungan kesehatan jiwa dengan program duta kesehatan jiwa sekolah. Kegiatan diawali dengan pembagian pernyataan Pre-Test pengetahuan mengenai peran serta sebagai duta kesehatan jiwa, lalu memberikan desiminasi ilmu berupa masalah kesehatan jiwa pada remaja, duta kesehatan jiwa, serta peran dan fungsinya. Selanjutnya, membuka sesi diskusi, dan yang terakhir memberikan Post-Test pengetahuan. Pengetahuan siswa terkait dengan peran duta kesehatan jiwa dengan rerata pengetahuan sebelum (4,51 SD=2,23) dan sesudah (9,08 SD=1,51) dengan hasil analisa t-test sebesar p=0,001 yakni terdapat pengaruh desiminasi ilmu dalam meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan peran duta sebagai dukungan teman sebaya. Duta kesehatan jiwa dapat berperan dengan maksimal agar masalah kesehatan jiwa di sekolah dapat diidentifikasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
Kata kunci: Duta, Kesehatan Jiwa, Remaja
ABSTRACT
Mental health problems that arise in adolescents can interfere with adolescent development. The role of peers to accept and embrace other friends is one of the important factors for an adolescent to feel accepted in their social environment. Peer support can contribute to identifying mental health problems in adolescent groups. Therefore, mental health and psychosocial support (DKJPS) is needed which is obtained by peers through school mental health ambassadors. The purpose of implementing this activity is to improve school readiness through mental health support with the school mental health ambassador program. The activity began with the distribution of Pre-Test statements of knowledge regarding the role of mental health ambassadors, then providing dissemination of knowledge in the form of mental health problems in adolescents, mental health ambassadors, and roles and functions. Furthermore, opening a discussion session, and finally providing Post-Test knowledge. Student knowledge related to the role of mental health ambassadors with an average knowledge before (4.51 SD = 2.23) and after (9.08 SD = 1.51) with the results of the t-test analysis of p = 0.001, namely there is an influence of dissemination of knowledge in increasing knowledge and increasing the role of ambassadors as peer support. Mental health ambassadors can play a maximum role so that mental health problems in schools can be identified and receive appropriate treatment.
Keywords: Adolescents; Ambassadors; Knowledge
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ausrianti et al. (2022). REMAJA PEDULI KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL BERBASIS TEKNOLOGI. Jurnal Peduli Masyarakat Volume 4 Nomor 4.
Chahyanto et al., (2023). Pembentukan Konselor Sebaya EGI-KIARA sebagai Dukungan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Kota Sibolga. Eastasouth journal of Effective Community Services: Vol. 2, No. 02, Desember, 2023, pp. 54-75. DOI: 10.58812/ejecs.v2i02 https://ejcs.eastasouth-institute.com/index.php/ejecs/index
Dafiq, N., Sarina, M. D., Suriati, E. S., & Dewi, Y. (2023). LITERATURE REVIEW : FAKTOR PEMICU STRES PADA REMAJA. Jurnal Wawasan Kesehatan, 8(10), 45–49.
Febriana, B., Susanto, W., & Farhan, M. (n.d.). DUTA REMAJA PEDULI KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM
Ismatuddiyanah, Meganigrum, R., Putri, Anggita, F., & Mahardika, Ketut, I. (2023). Ciri dan Tugas Perkembangan Pada Masa Remaja Awal dan Menengah Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 27233–27242. https://doi.org/2614-3097
Juandanilsyah, Hidayah, F., Firngadi, A., Wahyuningsih, U., Masrori, A., & Setiawan, W. (2021). Yuk Jadi Duta UKS Yang Keren Kompeten, Empati, Ramah, Energik. Direktorat Sekolah Menengah Atas. www.psma.kemdikbud.go.id
Kurniawati, Y., Hasanah, N., & Zahro, E. B. (2023). Psikoedukasi Dukungan Teman Sebaya Melalui Psychological First Aid (PFA) Pada Remaja. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat
Lestari, R., Hidayah, R., Sunarto, M., Nanlohy, K. L., & Zakiya, F. A. (2023). Upaya Peningkatan Kapasitas Remaja Menjadi Mental Health Leader pada Kelompok Sebaya Berbasis Spiritual dan Budaya di Panti Asuhan. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 795–805. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.18973
Meirindany, T., Tussolihin Dalimunthe, K., & Nauli, M. (2024a). Sosialisasi Kesehatan Mental Melalui Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di SMP Pahlawan Nasional Medan Tembung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/index
Meirindany, T., Tussolihin Dalimunthe, K., & Nauli, M. (2024b). Sosialisasi Kesehatan Mental Melalui Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di SMP Pahlawan Nasional Medan Tembung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/index
Mumtaz, N. S., Rochim, D. F., & Caturjuniandri, M. T. (2021). Psyclub: A Psychology-Based Extracurricular To Improve Mental Health Literacy Of Rural Youth Communities Through Schools. Psycho Holistic, 3(1), 23–33. http://journal.mbunivpress.or.id/index.php/psychoholistic
Niman et al. (2023). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Anak Penyintas Gempa Bumi. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa: Volume 6 Nomor 3
Nisa, H., Aidina, W., Rizki Rahmita, N., Manita, E., Auliani, F., Aceh, K., & Konsultan Psikologi Banda Aceh, R. (n.d.). Promosi Kesehatan Mental Remaja Melalui Virtual Boothcamp Untuk Meningkatkan Peer-Support. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v4i2.7361
Purnamasari, Y., Fitri, N., & Mardiana, N. (2023). Faktor-faktor yang Memengaruhi Gangguan Mental Emosional Remaja SMA. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 609–616. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1527
Putri et al. (2024). Tren dan isu masalah kesehatan jiwa pada remaja. CV. Future Science: Malang
Putri, T.H & Priyono, D. (2022). Kesehatan Mental Dan Kecanduan Internet Selama Pandemi. Monograf: Lpp Balai Insan Cendekia
Putri, T. H., Fahdi,K.H., Fujiana,F.(2022). Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Mental Pada Remaja Melalui Edukasi Selama Wabah Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Https://Doi.Org/10.31604/Jpm.V5i8
Putri, T. H., Tafwidhah, Y., Fujiana, F., Maharani, D., & Miptaza, D. P. (2023). Cegah Depresi Remaja Melalui Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Harga Diri. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(11), 4566–4574. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12329
Rosana, D. S., Saripah, I., Nadhirah, N. A., & Indonesia, U. P. (2023). Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Stres Akademik Di Sekolah. 9(2), 112–122.
Sardjan, U. R. W., Firman, F., & Yati, M. (2022). DUKUNGAN KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL DI WILAYAH PESISIR KOTA KENDARI. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v5i2.2409
Sopian, A., Dewantoro, A., Agung Waskito Wijanarko, D., Koswara Rahajeng, S., Senjaya, A., Arnitha, B., Parida, A., Rahmawati, A., Afifah, T., Muhammad Al-anshory, Z., & Dharma, W. (2021). the Importance of Mental Health in Children and Adolescents in Parakan Inpres Village Selatan Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 115–123.
Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP INTERACTION OF PEER ’ S SOSIAL SUPPORT AND. Jurnal Pendidikan.
Tristanto, A. (2020). DUKUNGAN KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL (DKJPS) DALAM PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sosio Informa Vol. 6 No. 02
Wang, X., Zhu, X., & Lin, J. (2022). Application of Virtual Reality Technology in Adolescent Mental Health Science Education. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8783355
WHO.(2020). Adolescent Mental Health. https://www.who.int/news- room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
Yunere et al. (2021). Dukungan Teman Sebaya dan Lingkungan Sekolah dengan Gangguan Mental Emosional Pada Siswa SMK. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis : Vol. 4 No. 2
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i11.17522
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.