Peningkatan Pengetahuan Dampak Perjudian bagi Kesehatan Mental Remaja

Triyana Harlia Putri, Ridha Ulfah, Syarifah Nurul Yanti Rizki Syahab Asseggaf, Mistika Zakiah, Tri Wahyuning Tyas, Marsyabila Puspa Khansa, Vanisia Agustina

Sari


ABSTRAK

 

Bermain menjadi salah satu karakteristik yang remaja yang dalam fase ini akan terus berkembang hingga dewasa. Permainan di masa kini tidak pula luput memanfaatkan internet, dimana internet merupakan satu kesatuan dengan kehidupan manusia karena menjadi suatu kebutuhan, tidak terkecuali remaja. Game online merupakan salah satu permainan yang mengakses internet yang berujung pada aktivitas berjudi. Judi menjadi hal yang menarik di luar permainan itu sendiri. Perjudian memiliki dampak yang menganggu kesehatan mental hingga terjadinya bunuh diri, oleh sebab itu apabila masalah perjudian tidak diinformasikan dengan tepat dan jelas, maka remaja berisiko terjebak dalam perjudian karena belum bijak dalam menentukan pilihan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan remaja berkaitan dengan dampak dari perilaku perjudian pada kesehatan mental. Sasaran dalam kegiatan ini remaja SMP Negeri 5 Kota Pontianak sebanyak 30 siswa/i. Kegiatan diawali dengan membuka sesi diskusi,pre-test dan Post-Test pengetahuan diikuti dengan penyerahan buku saku serta link video edukasi. Hasil test pengetahuan siswa mengenai perjudian sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan rerata pre-test (5,55, SD=0,31) dan rerata post-test (7,10, SD=1,01), hasil analisis t-test didapatkan p-Value=0,004, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum diberikan edukasi dengan sesudah diberikan edukasi.

 

Kata kunci: Kesehatan Jiwa, Perjudian, Remaja, Sekolah

 

 

ABSTRACT

 

Playing is one of the characteristics of teenagers who in this phase will continue to develop into adults. Games today also do not escape the use of the internet, where the internet has become a part of human life and a necessity, including teenagers. Online games are one of the games that access the internet which ends in gambling activities. Gambling is an interesting thing outside the game itself. Gambling has an impact that interferes with mental health to suicide, therefore if the problem of gambling is not informed properly and clearly, then teenagers are at risk of being trapped in gambling because they are not wise in making choices. The purpose of implementing this activity is to increase adolescent knowledge related to the impact of gambling behavior on mental health. The target in this activity is teenagers of SMP Negeri 5 Pontianak City as many as 30 students. The activity began by opening a discussion session, pre-test and post-test knowledge followed by the submission of pocket books and educational video links. The results of the students' knowledge test regarding gambling before and after being given education with a pre-test average (5.55, SD=0.31) and a post-test average (7.10, SD=1.01), the results of the t-test analysis obtained p-Value=0.004, so it can be concluded that there is a difference in the level of knowledge before being given education and after being given education.

 

Keywords: Adolescents, Gambling, Mental Health, School


Kata Kunci


Kesehatan Jiwa; Perjudian; Remaja; Sekolah

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adams, N. E. (2015). Bloom’s taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association, 103(3), 152–153. https://doi.org/10.3163/1536-5050.103.3.010

Ardhan, M. U., Fadel, M., Kennardy, L., Febriyandi, ), & Seipul, ). (2023). Maraknya Judi Online di Kehidupan Generasi Muda dan Menurut Pandangan Hukum yang Berlaku. Comserva: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 3 (8).

Chintya Siringoringo, A., Yunita, S., Negeri Medan, U., William Iskandar Ps, J. V, Percut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara, S. (2024). Tren Perjudian Online di Kalangan Mahasiswa: Dampak dan Upaya Pencegahannya. Journal on Education, 06(02), 10948–10956.

Fakhriansyah, D., & Alwi, M. (2022). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat EDUKASI BAHAYA JUDI ONLINE KEPADA REMAJA. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Harefa, B., Subhandi Bakhtiar, H., & Kholiq, A. (2023). EDUKASI SADAR HUKUM MENGENAI JUDI ONLINE KEPADA SISWA SMA NEGERI 66 JAKARTA. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.335

Karlsson, A., & Håkansson, A. (2018). Gambling Disorder, Increased Mortality, Suicidality, And Associated Comorbidity: A Longitudinal Nationwide Register Study. Journal of Behavioral Addictions, 7(4), 1091–1099. https://doi.org/10.1556/2006.7.2018.112

Kurniawati, Y., Hasanah, N., & Zahro, E. B. (2023). Psikoedukasi Dukungan Teman Sebaya Melalui Psychological First Aid (PFA) Pada Remaja. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat

Kusumaningsih, R., & Suhardi, S. (2023). Penanggulangan Pemberantasan Judi Online di Masyarakat. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30812/adma.v4i1.2767

Montiel, I., Ortega-Barón, J., Basterra-González, A., González-Cabrera, J., & Machimbarrena, J. M. (2021). Problematic Online Gambling Among Adolescents: A Systematic Review About Prevalence And Related Measurement Issues. Journal of Behavioral Addictions, 10(3), 566–586. https://doi.org/10.1556/2006.2021.00055

Putri, T. H. (2023). Prevalensi Perilaku Perjudian Pada Remaja Selama Pandemi: Literature Review. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(2).

Putri, T. H., & Fitri, T. A. (2022). Faktor Karakteristik Sebagai Prediktor Adiksi Game Online Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 10(1), 37–44.

Putri, T. H., Fujiana, F., Tryastuti, D., Dias, M. F. A. A., & Priyono, D. (2023). Sikap Remaja Terhadap Perilaku Perjudian. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(2), 123–131. https://doi.org/10.36590/kepo.v4i2.710

Putri, T. H., & Priyono, D. (2021). Kecanduan Internet Pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 745–752.

Putri, T.H. (2024). Perjudian pada remaja. Jorong Pale, Sijunjung: Cv. Mitra Cendekia Media

Putri, T.H & Proyono, D. (2022). Kesehatan Mental Dan Kecanduan Internet Selama Pandemi. Monograf: Lpp Balai Insan Cendekia

Putri, T. H., Fahdi,K.H., Fujiana,F.(2022). Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Mental Pada Remaja Melalui Edukasi Selama Wabah Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Https://Doi.Org/10.31604/Jpm.V5i8

Putri, T. H., Tafwidhah, Y., Fujiana, F., Maharani, D., & Miptaza, D. P. (2023). Cegah Depresi Remaja Melalui Edukasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Harga Diri. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 6(11), 4566–4574. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V6i11.12329

Siregar, R. H., Mukhairi, A., Agung, M., Satria, R., Kunci, K., & Judi, A. (2024). Jurnal Kreatif : Karya Pengabdian untuk Masyarakat Aktif dan Inovatif IMPRESI GAME JUDI ONLINE HIGGS DOMINO TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA. https://doi.org/10.2019/jkreatif

UNICEF. (2020). Prevention Of Gambling Amongst Adolescents Should Be Placed On A National Public Health Agenda. https://www.unicef.org/georgia/press-releases/prevention-gambling-amongst-adolescents-should-be-placed-national-public-health

Wahkidi, L., S, E. P., Mariyati, & Tamrin. (2022). Hubungan Tingkat Kecanduan Dengan Tingkat Kecemasan Pelaku Judi Online Di Wilayah Kecamatan Toroh. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 5(2).

Widiana, I. W., Triyono, S., Sudirtha, I. G., Adijaya, M. A., & Wulandari, I. G. A. A. M. (2023). Bloom’s revised taxonomy-oriented learning activity to improve reading interest and creative thinking skills. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2221482




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i11.17523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.