Pengenalan Eduplay Green sebagai Solusi dalam Menciptakan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Limbah Rumah Tangga

Dewi Maya Sari, Zulfan Zulfan, Lindawati Lindawati, Dinda Dwi Abelia, Raina Salsabila, Mufti Miadi Ghufran S.

Sari


ABSTRAK

 

EduPlay Green menawarkan solusi inovatif dengan memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi alat permainan edukatif yang ramah lingkungan dan terjangkau, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD sekaligus mengatasi masalah limbah dan memberdayakan guru serta masyarakat. Tujuan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD, mengatasi masalah limbah rumahtangga, memberdayakan guru PAUD, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam tiga tahap: persiapan (survei, perizinan, dan identifikasi kebutuhan), pelaksanaan (sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi APE), dan monitoring serta evaluasi untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutan program. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran mitra tentang pengelolaan limbah rumah tangga, khususnya pemanfaatannya sebagai APE untuk PAUD.

 

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Limbah Rumah Tangga, Pendidikan Anak Usia Dini

 

 

ABSTRACT

 

EduPlay Green offers innovative solutions by utilizing household waste to create environmentally friendly and affordable educational play tools, thereby enhancing the quality of learning in early childhood education while also addressing waste issues and empowering teachers and the community. The purpose of this Community Service implementation is to improve the quality of early childhood education learning, address household waste issues, empower PAUD teachers, and raise awareness of the importance of waste management.This community service activity is carried out in three stages: preparation (surveys, permits, and needs identification), implementation (socialization and training on utilizing household waste as educational toys), and monitoring and evaluation to ensure the effectiveness and sustainability of the program. This community service activity successfully enhanced the partners' understanding and awareness of household waste management, particularly its use as educational toys for early childhood education.

 

Keywords: Educational Play Tools, Householde Waste, Early Childhood Education.


Kata Kunci


Alat Permainan Edukatif; Limbah Rumah Tangga; Pendidikan Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


aeni, K., Fahruddin, Nurhasanah, & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Se-Kecamatan Pringgabaya Tahun 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(1), 23–30. Https://Jurnalfkip.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jmp/Index

Anwar, S., & Hidayah, U. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(2), 85-92.

Dewi, I. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45-53.

Hendrawati, R. (2020). Pendidikan Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat: Peluang Dan Tantangan Dalam Pengelolaan Limbah. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 5(2), 123-135.

Irawati, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 123-130.

Kristiawati, & Yunitasari, E. (2018). Pemberdayaan Paud Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 17(3), 47–51.

Lestari, R. (2021). Inovasi Dalam Metode Pembelajaran Paud: Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(2), 78-85.

Nugraheni, D. (2022). Kesadaran Masyarakat Dalam Daur Ulang Limbah Rumah Tangga: Tantangan Dan Solusi. Jurnal Pengelolaan Limbah, 7(1), 20-30.

Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 4(2), 102-110.

Riyadi, H. (2022). Teori Belajar Berbasis Bermain Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 55-65.

Rizky, M., & Sari, R. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 45-53.

Sari, D., & Pratama, M. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 65-73.

Sukmawati, N. (2021). Kreativitas Anak Melalui Permainan Edukatif Berbasis Limbah. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 200-210.

Suparti, & Susanti, M. (2017). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 101–114.

Susanti, R. (2023). Inovasi Alat Permainan Edukatif Berbasis Limbah Daur Ulang Di Paud. Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Pendidikan, 5(1), 28-35.

Tamtama, G. I. W., Suryanto, P., & Suyoto, S. 2020. Design Of English Vocabulary Mobile Apps Using Gamification: An Indonesian Case Study For Kindergarten. International Journal Of Engineering Pedagogy (Ijep), 8, 159–163.

Yasmin, N. S., & Mayar, F. (2022). Optimizing Social Development In Children Aged 5-6 Years During Covid-19 With The Application Of Puzzle Playing. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 668.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i3.17781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.