Pendampingan Implementasi Model PJBL Menggunakan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Tondano

Kamaruddin Kamaruddin, Patricia Mardiana Silangen, Treesje Katrina Londa

Sari


ABSTRAK

 

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terkait implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dengan memanfaatkan website sebagai media pembelajaran fisika di SMAN 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi survei awal untuk mengetahui minat dan motivasi peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran fisika berbasis website yang terintegrasi dengan model PjBL, serta Focus Group Discussion (FGD) yang dilengkapi dengan pendampingan dalam penerapan model PjBL berbasis website pada mata pelajaran fisika. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa minat dan motivasi siswa dalam menerapkan model PjBL menggunakan website sebagai media pembelajaran fisika cukup tinggi. Penggunaan website sebagai media pembelajaran fisika memungkinkan peningkatan interaksi dan pemahaman konsep siswa, serta mendorong kreativitas dan kemandirian dalam belajar melalui model PjBL. Evaluasi terhadap pelaksanaan FGD dan pendampingan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Diharapkan, implementasi model PjBL berbasis website ini dapat diterapkan secara luas di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran fisika.

 

Kata kunci: Pendampingan, PjBL, Media Pembelajaran Fisika, Website

 

 

ABSTRACT

 

This community service program aims to provide assistance in the implementation of the project-based learning (PjBL) model by utilizing a website as a learning medium for physics at SMAN 2 Tondano. The methods used in this activity include an initial survey to assess students' interest and motivation in using the website-based physics learning media integrated with the PjBL model, as well as a Focus Group Discussion (FGD) accompanied by guidance in the implementation of the website-based PjBL model in physics subjects. The results of this activity showed that students’ interest and motivation to apply the PjBL model using the website as a physics learning medium were quite high. The use of the website as a physics learning medium facilitates increased student interaction and understanding of concepts, as well as encourages creativity and independence in learning through the PjBL model. The evaluation of the FGD and mentoring process showed very satisfactory results. It is hoped that the implementation of the website-based PjBL model can be widely applied in schools to improve the quality of education, particularly in physics subjects.

 

Keywords: Assistance, Project-Based Learning (PjBL), Physics Learning Media, Websites


Kata Kunci


Pendampingan, PjBL, Media Pembelajaran Fisika, Website

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aisyah, Siti Nur., Muhammad Ibnu Rizki. (2024). “Community Empowerment of PCM Kokap on Sustainable Municipal Waste Management through Black Soldier Fly Farming.” International Journal of Community Service Learning 7(4): 477–85.

Apriany, Wiki Apriany. (2020). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas v SD Negeri 5 Kota Bengkulu.” Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar.

Ariama, Syifa., Feli, Cianda Adrin Burhendi. (2022). “Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13(2): 181–90.

Arsi, Fakhrizal., Kiar, Vansa Febrianti. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis.” Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) 5(1): 33–42. https://www.neliti.com.

Astalini, Astalini, Dwi Agus Kurniawan., Sumaryanti. S. (2018). “Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari.” Jipf (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika).

Aulia, Aidha et al. (2022). “Pendampingan Focus Group Discussion Pemetaan Potensi Desa Bangelan, Kabupaten Malang.” TEKAD : Teknik Mengabdi 1(1): 1–8.

Diyah, Candra Arifah., Ika, Hafid Kholidi Hadi., Fresha, Kharisma., Purwohandoko, P. (2023). “Improving Teacher Professional Development Through Social Media Optimization Training in Project-Based Learning in Work Education and Entrepreneurship.” International Journal of Community Service Learning 7(1): 39–48.

Eliza, Fivia, Suriyadi Suriyadi., Doni, Tri Putra Yanto. (2019). “Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Di SMKN 5 Padang.” Invotek Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi.

Febriana, Nadia Yensi., Mashelin, Wulandari. (2022). “Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Di SMAN 2 Kota Sungai Penuh.” Jurnal Educatio Fkip Unma.

Fiangga, Shofan et al. (2023). “Pendampingan Pengembangan Realistic Mathematics-Project Based Learning Untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP Trenggalek.” Jurnal Anugerah.

Gunawan, Gunawan, Ahmad Harjono, dan Sutrio Sutrio. (2017). “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi.

Kamaruddin, K., Patricia, Mardiana Silangen., Djeli, Alvi Tulandi. (2023). “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website Terintegrasi Model Pembelajaran Project Based Learning bagi Guru SMAN 2 Tondano Minahasa.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 4(4): 789–97.

Kristyowati, Dyah et al. (2024). “Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Melalui Metode Flipped Classroom Bagi Guru SD Negeri Ciheuleut 1 Kota Bogor.” MALLOMO: Journal of Community Service 4(2): 281–87.

Lathifah, Miqro’ Fajari. (2020). “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad Ke 21.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Londa, Treesje Katrina., Kamaruddin, Kamaruddin. (2023). “The Implementation of Project Based Learning (PjBL) to Enhanced Understanding of Environmental Conservation and Disaster Mitigation.” Jurnal Pendidikan Fisika 11(2): 153–60.

Rahman, Danial. (2021). “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi.” Jurnal Perpustakaan dan Informasi 1(1): 9–14.

Ramadani, Andi Indra Wulan Sari., Rosalinda, Ahmad., Nurul, Fajryani Usman., Tirtawaty, Abdjul. (2024). “Penerapan Pembelajaran Proyek dengan Pendekatan STEM melalui Pembuatan Filter Air Berbasis Karbon Aktif.” MALLOMO: Journal of Community Service 4(2): 361–66.

Rizqa, Arini, Ahmad Harjono., Wahyudi Wahyudi. (2020). “Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer.” Orbita Jurnal Kajian Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika.

Santhalia, Prima Warta., Elisabet Clara Sampebatu. (2020). “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Membantu Pembelajaran Fisika Di Era Covid-19.” Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa.

Sari, Aayu Mustika, Dadan Suryana, Alwen Bentri., Ridwan Ridwan. (2023). “Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Basicedu 7(1): 432–40.

Sugianto, Dony, Ade Gafar Abdullah, Siscka Elvyanti, dan Yuda Muladi. (2017). “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital.” Innovation of Vocational Technology Education.

Suryana, Eko, Prahasti, Agung Pradana Iskandar., Yance Fransisca. (2023). “Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMKN 3 Kota Bengkulu.” Jurnal Dehasen Untuk Negeri 2(1): 85–88. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/dehasenuntuknegeri/article/view/3583.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i12.17791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.