Implementasi Terapi Kelompok Terapeutik pada Emosional Remaja

Arya Ramadia, Mersi Ekaputri

Sari


ABSTRAK

 

Remaja merupakan tahap peralihan ketika seseorang mengalami proses perkembangan dari fase anak menuju dewasa. Upaya yang dilakukan agar menemukan jati dirinya dapat di stimulasi dengan pelaksanaan Terapi Kelompok Terapeutik Remaja.  Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan stimulasi aspek perkembangan emosional remaja di SMK Pro Skill Pekanbaru dengan jumlah peserta sebanyak 12 Remaja. Kegiatan dilakukan dengan mengukur kondisi emosional remaja sebelum dan sesudah diberikan terapi kelompok terapeutik remaja. Metode berupa pemberian stimulasi aspek emosional dalam bentuk terapi kelompok terapeutik.Hasil diperoleh terjadi peningkatan respon emosional dimana emosi mejadi lebih stabil sebesar 25%, Alam perasaan terkendali sebesar 33,3%, Tidak memaksakan Kehendak maupun keinginan sebesar 33,3% dan tidak mudah terpancing dengan keaddan untuk meluapkan emosi sebesar 16,7%. Diharapkan remaja dapat mengenali emosinya dan dapat mengendalikan emosi tersebut.

 

Kata Kunci: Remaja, Emosional, Terapi Kelompok Terapeutik

 

 

ABSTRACT

 

Adolescence is a transitional stage when a person experiences the development process from child to adult. Efforts made to find one's identity can be stimulated by implementing Adolescent Therapeutic Group Therapy.  This Community Service aims to stimulate aspects of the emotional development of teenagers at the Pekanbaru Pro Skills Vocational School with a total of 12 teenagers participating. The activity was carried out by measuring the emotional condition of teenagers before and after being given youth therapeutic group therapy. The method involves providing stimulation of emotional aspects in the form of therapeutic group therapy. The results obtained are an increase in emotional response where emotions become more stable by 25%, natural feelings are controlled by 33.3%, do not force their will or desires by 33.3% and are not easily provoked. with the ability to express emotions at 16.7%. It is hoped that teenagers can recognize their emotions and can control these emotions.

 

Keywords: Adolescence, Emotions, Therapeutic Group Therapy. 


Kata Kunci


Remaja, emosional, terapi kelompok terapeutik

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ali, M. D. (2019). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Astutik., D. &. (2019). The Improvement Of Adolescence's Intelligence Through Adolescent Therapeutic Group Therapy In Depok City. Iosrjournals.

Bahari, K. K. (2010). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Identitas Diri Remaja Di Kota Malang. Depok: Ui.

Hadayati, Y. &. (2022). Pengruh Terapi Kelompok Terapeutik (Tkt) Terhadap Peningkatan Aspek Dan Tugas Perkembangan Remaja. Mppki (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia), 824-828.

Hockenberry, M. W. (2018). Nursing Care Of Infant And Children 7ed. St Louis, Mosby: Elsevier.

Jannah, M. (2021). Pengalaman Krisis Identitas Pada Remaja Yang Mendapatkan Kekerasan Dari Orang Tuanya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8.

Keliat, B. M. (2022). Promosi Kesehatan Jiwa Terapi Kelompok Terapeutik. Jakarta: Egc.

Keliat, E. A. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa. Jakarta: Egc.

Manurung, E. A. (2022). Krisis Identitas Mengancam Generasi Muda Indonesia Nusantara. Jurnal Keperawatan Sriwijaya.

Maryatun, S. (2013). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Remaja Di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol 4 No 3.

Niriyah, S. R. (2024). Buku Ajar Keperawatan Jiwa I. Jakarta: Mahakarya Citra Utama Grup.

Organization, W. H. (2016). Deprtement Of Maternal, Newborn, Child Nd Adolescent Health (Mca) . Report : World Health Organization.

Papalia, D. O. (Edisi Xiv 2021). Human Development (Psikologi Perkembangan),. Jakarta: Kencana.

Pertiwi, H. Z. (2020). Status Perkembangan Dan Identitas Diri Remaja Di Smp Negeri 49 Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Kesehatan Sealmakers Perdana, 97-103.

Santika, N. &. (2022). Deskripsi Konsep Diri Pada Remaja Di Smp Muhammadiya. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santrock, J. (2014). Adolescence Fifteenth Ediciton. New York : Mc Graw-Hill Education.

Silalahi, M. (2019). Keefektifan Terapi Kelompok Terapeutik Dan Terapi Kognitif Perilaku Dalam Menurunkan Angka Prodromal Pada Remaja Dengan Orang Tua Yang Mengalami Perceraian. Depok: Karya Ilmiah Akhir Ners Spesialis.

Stuart, G. K. (2016). Prinsip Dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 10. Mosby: Elsevier.

Townsend. (2014). Psychiatric Mental Health Nursing : Concepts Of Care In Ebidence-Based Pracitce (E-Book) 8th Edition. Philadelphia: F.A. Davis Company.

Zakiyah, Z. S. (2020). Achievement Of Adolescent Development, Self Identity And Knowledgw About The Dangers Of Drug Abuse And Free Sex Through Health Education And Therapeutic Group Therapy. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 43-51.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i3.17936

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.