Edukasi Aktivitas Fisik Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak

Merlisa Kesuma Intani, Devi Harmita, Ledy Ervita, Yoga Pramana

Sari


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi membawa dampak pada gaya hidup manusia salah satunya pola aktivitas fisik. Salah satu perkembangan teknologi yang berdampingan dengan kehidupan remaja saat ini adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, aktivitas fisik sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gaya hidup. Edukasi yang diberikan melalui media video animasi sehingga harapannya pengetahuan siswa meningkat dan memotivasi untuk rutin melakukan aktivitas fisik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai aktivitas fisik melalui metode edukasi menggunakan video animasi pada 32 siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Metode edukasi yang dilakukan dengan menampilkan video animasi, ceramah, dan tanya jawab. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan signifikan. Sebelum edukasi, mayoritas siswa memiliki pengetahuan rendah (71,9%), tetapi setelahnya menurun menjadi hanya 6,2%. Siswa dengan tingkat pengetahuan sedang meningkat dari 25% menjadi 68,8%, dan siswa dengan tingkat pengetahuan tinggi bertambah dari 3,1% menjadi 25%. Edukasi aktivitas fisik melalui video animasi bisa menjadi salah satu media pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Selain itu, pihak mitra berharap edukasi ke sekolah dapat dilakukan secara berkala dengan menambahkan jumlah peserta.

 

Kata Kunci: Aktivitas Fisik, Siswa, Sekolah, Video Animasi

 

 

ABSTRACT

 

The development of technology has impacted human lifestyles, including physical activity patterns. One technological advancement closely linked to the lives of teenagers today was the use of gadgets. Excessive and uncontrolled gadget use had negative effects on both physical and psychological health. Therefore, physical activity was strongly recommended to maintain a balanced lifestyle. Education delivered through animated video media was expected to improve students' knowledge and motivate them to engage in regular physical activity. This activity aimed to enhance students' understanding of physical activity through an educational method using animated videos involving 32 students of SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. The educational methods included animated video presentations, lectures, and question-and-answer sessions. Evaluations were conducted using pre-test and post-test questionnaires. The results showed a significant improvement in students' understanding. Before the education, the majority of students had a low level of knowledge (71.9%), which decreased to only 6.2% afterward. The percentage of students with a moderate level of knowledge increased from 25% to 68.8%, and those with a high level of knowledge rose from 3.1% to 25%. Physical activity education through animated videos proved to be an effective learning medium to enhance students' knowledge. Moreover, school partners hoped that such educational programs could be conducted regularly with an increased number of participants.

 

Keywords: Physical Activity, Students, School, Animated Videos


Kata Kunci


Aktivitas Fisik, Siswa, Sekolah, Video Animasi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andriyani, S., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Media Audiovisual (Animasi) Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

APJJI. (2022). Profil Internet Indonesia 2012. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI), (June).

Emergensi, K., Ilmu, D., & Fk, K. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926

Fakhri, F., Body, R., & Apdeni, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(4), 1–6.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, (February), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Kemenkes. (2019). Tiga tahun GERMAS lessons learned. In Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. 1–68.

Komala, R., Febriani, W., Wijaya, S. M., Yunianto, A. E., dan Alam, R. G. (2024). Peningkatan Kesadaran Remaja untuk Melakukan Aktivitas Fisik Melalui Kegiatan Gerakan Edukasi Remaja Aktif, Berprestasi, Sehat, Mandiri, dan Tangguh. 8(1), 8–11.

Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik. In Yogyakarta: The Journal Publishing. Retrieved from http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/35896/Buku pemantauan aktivitas fisik.pdf?sequence=1

Sabrina, A., & Iryanti, I. (2023). Pengaruh Edukasi Melalui Media E- Poster Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Pentingnya Aktivitas Fisik Di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), 602–608. https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1035

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Sujarwati, A., Agustina, E., Azmiyannoor, M., Rosadi, D., Fakhriyadi, R., Fadillah, N. A., … Nisa, M. A. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aktivitas Fisik Pada Remaja di Kota Banjarbaru Tahun 2021. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 3(3), 192. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v3i3.7218

Tengkue, A. A., Manein, A. P., Elisabeth, A., Ilat, I. P., Agama, I., & Manado, K. N. (2024). MATHESI : JURNAL PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN KONSELING Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental Remaja. Juni, 1(1), 16–26. Retrieved from https://journal.gknpublisher.net/index.php/mathesi

Wicaksono, A. (2021). Buku Aktivitas Fisik dan Kesehatan. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/353605384

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

World Health Organization. (2023). How school systems can improve health and well-being: topic brief: physical activity.

Zaidah, L., & Riyanto, A. (2022). Aktifitas Fisik Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Pada Masa Pandemi Covid-19. MAYADANI: Jurnal Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(2), 86–92.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i3.18399

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.