Kapasitas Evakuasi Diri dari Ruang Kelas Saat Gempa Bumi di Sekolah Dasar Suka Asih Cugenang Cianjur

Untung Sudharmono, Monalisa Sitompul, Evelin Malinti, Imanuel Sri Mei Wulandari, Masta Haro

Sari


ABSTRAK

 

Kapasitas evakuasi diri dari ruang kelas saat gempa bumi merupakan aspek penting dalam upaya mitigasi risiko bencana di lingkungan sekolah. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mealkukan evakuasi dari ruang kelas saat terjadi gempa. Metode yang digunakan adalah dengan penyuluhan dan simulasi melakukan evakuasi dari dalam ruang kelas saat terjadi bencana gempa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap langkah-langkah evakuasi masih bervariasi, dipengaruhi oleh frekuensi simulasi, tingkat edukasi tentang bencana, dan peran guru dalam memimpin evakuasi. Infrastruktur sekolah, seperti jalur evakuasi dan titik kumpul, juga menjadi faktor penentu keberhasilan evakuasi. Hambatan utama meliputi kepanikan siswa, keterbatasan fasilitas, dan kurangnya simulasi yang terintegrasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi simulasi, pelatihan bagi guru, dan perbaikan infrastruktur untuk memperkuat kapasitas evakuasi. Dengan langkah ini, sekolah dapat meningkatkan keselamatan siswa dan staf selama gempa bumi.

 

Kata Kunci: Bencana, Evakuasi, Gempa

 

 

ABSTRACT

 

The capacity to self-evacuate from classrooms during an earthquake is an important aspect in efforts to mitigate disaster risk in the school environment. This research is to determine students' ability to evacuate the classroom when an earthquake occurs. The method used is counseling and simulation of evacuating from the classroom when an earthquake occurs. The research results show that students' understanding of evacuation steps still varies, influenced by the frequency of simulations, the level of education about disasters, and the role of teachers in leading evacuations. School infrastructure, such as evacuation routes and assembly points, is also a determining factor in the success of an evacuation. The main obstacles include student panic, limited facilities, and lack of integrated simulations. This research recommends increasing the frequency of simulations, training for teachers, and improving infrastructure to strengthen evacuation capacity. With these steps, schools can improve the safety of students and staff during earthquakes.

 

Keywords: Knowledge, Health Teaching, Life Style


Kata Kunci


bencana, evakuasi, gempa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anggraeni, T., & Sudharmono, U. (2023). Efektifitas Pendidikan Bencana Terhadap Kapasitas Evakuasi Diri Dari Dalam Kelas Saat Gempa Bumi Siswa Tk Ra. Al-Munawwaroh Lembang. Health Journal Love That Renews, 11(1), 1–8.

Asri, Azahra, Farah, Naura, Najwa, & Syifa. (2024). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Sdn 271 Panghegar Kota Bandung. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1314–1320. Https://Www.Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Bernas/Article/View/8350

Desiana, D., Afdhal, A., & Rizki Wan Okta Bina. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Peukan Bada Aceh Besar Di Kawasan Rawan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Asjn (Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing), 4(2), 81–88. Https://Doi.Org/10.30787/Asjn.V4i2.1353

Handayani, E. E., Ramdaniati, S. N., Himmawan, L. S., & Adnan, A. (2024). Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sd Negeri Gombong 4 Desa Tanjung Jaya , Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Earthquake Disaster Mitigation In Improving The Preparedness Of Students Of Gombong 4 Elementary School , T. 1, 30–36.

Hutabarat, L. E., Simanjuntak, P., Tambunan, E., Christanti, C., Kristen, U., Jl, I., No, D., & Pusat, J. (2023). Assesmen Kerusakan Rumah Tinggal Pasca Gempa Cianjur November 2022 Mengacu Kepada Standar Pupera Assessment Of Residential House Damage After Cianjur Earthquake November 2022 Based On Pupera Standard. Abdimas …, 6(November 2022), 160–169. Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Abdimasdewantara/Article/View/14777%0ahttps://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Abdimasdewantara/Article/Download/14777/6236

Muksin, Z., Rahim, A., Hermansyah, A., Samudra, A. A., & Satispi, E. (2023). Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Cianjur. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2486–2490. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i4.1847

Nurviyani, V., Amalia, E. F., Ningsih, D. N., Afriyuandi, A. R., & Helmie, J. (2023). Optimalisasi Kompetensi Sosial-Emosional Siswa Terdampak Gempa Di Sdn Cibulakan (Cianjur) Melalui Program Sicita. Journal Of Community Empowerment, 2(1), 23. Https://Doi.Org/10.31764/Joce.V2i1.15447

Pangaribuan, R., & Sinuraya, E. (2022). Edukasi Tentang Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (Firs Aid) Pada Siswa Kelas Ix Di Smp Tunas Karya Batang Kuis. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(9), 3037–3045. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V5i9.6358

Rakuasa, H., & Mehdila, M. C. (2023). Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Siswa Dan Guru Di Sd Negeri 1 Poka, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 441–446. Https://Doi.Org/10.52436/1.Jpmi.1138

Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51. Https://Doi.Org/10.31603/Nursing.V6i2.2543

Setiyowati, Y. D., & Suprapti, F. (2023). Keasiapsiagaan Bencana Dengan Simulasi Penyelamatan Diri Saat Gempa Bumi Pada Anak Sekolah Dasar Kelas 4 - 6. Prosiding Senapas, 1(1), 270–273. Https://Doi.Org/10.4324/9781351065740-13

Syamila, A. I., Nurika, G., & Ridzkyanto, R. P. (2023). Sekolah Siaga Bencana: Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Sdn 1 Panji Lor Situbondo. Jurnal Panrita Abdi, 7(2), 390–397. Http://Journal.Unhas.Ac.Id/Index.Php/Panritaabdi

Ulfa, M., Khilmiah, E., Ayu, A. D. K., Gemilang, R., & ... (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Melalui Sosialisasi Dan Simulasi Manajemen Bencana Gempa Bumi Di Sma Negeri Balung Kabupaten Jember. Kiat Journal Of …, 2(2), 63–70. Https://Kiatjcd.Com/Ojs/Index.Php/Kjcd/Article/View/67%0ahttps://Kiatjcd.Com/Ojs/Index.Php/Kjcd/Article/Download/67/31

Yakan, A. F., Maharani, A., Maharani, M. P., & Adyatma, H. W. (2021). Implementasi Sekolah Tangguh Bencana Gempa Bumi Pada Mi Muhammadiyah Pk Kateguhan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 4(1), 22–27.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i4.18601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.