Virtual School's Health Unit: Digital-Based Adolescent Health Services in Schools

Misrawati Misrawati, Masrina Munawarah Tampubolon, Nurhannifah Rizky Tampubolon, Al aminuddin Al aminuddin, Siti Maesaroh

Sari


ABSTRAK

 

Masa remaja merupakan periode kritis terhadap kesehatan sehubungan dengan peningkatan perubahan fisik, psikologis dan social yang drastis. Sekolah merupakan sarana yang dapat mendukung upaya peningkatan kesehatan remaja. Fasilitas Unit Kesehatan Sekolah (UKS) belum dapat termanfaatkan sebagai media promotive dan preventif. Inovasi UKS berbasis virtual dirancang sebagai media yang fleksibel dan kreatif digunakan remaja. Platform website dinamakan uksku.id Pengembangan media platform uksku.id dilaksanakan oleh tim influencer yang telah dilatih. Media dimanfaatkan oleh siswa/siswi untuk mendapatkan informasi kesehatan yang telah diupload influencer. Pemanfaatan media juga diberikan kepada sekolah agar dapat mengakses informasi kesehatan siswa/siswa sebagai landasan dalam pengembangan program kesehatan sekolah. Pihak puskesmas juga diberikan akses dalam menggunakan media agar mengintegrasi kesinambungan intervensi dengan pihak sekolah. Pihak sekolah diharapkan dapat terus memanfaatkan keberadaan website yang telah tersedia. Perlu pengembangan aplikasi lanjut yang lebih aplikatif dan terintegrasi dengan berbagai institusi Pendidikan dan layanan kesehatan masyarakat.

 

Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Remaja, Sekolah, Uks, Virtual

 

 

ABSTRACT

 

Adolescence is a critical period for health due to the drastic physical, psychological, and social changes that occur. Schools can support efforts to improve adolescent health. However, School Health Unit (UKS) facilities have not been effectively utilized as promotional and preventive media. To address this, a virtual-based UKS innovation was designed as a flexible and creative medium for teenagers. The website is called uksku.id. The development of the uksku.id platform was undertaken by a team of trained influencers. This media platform is used by students to access health information uploaded by influencers. Additionally, schools have access to the media to obtain student health information, which serves as a foundation for developing school health programs. Health centers are also granted access to use the media to ensure the continuity of intervention with schools. It is recommended that schools continue to utilize the existing website. Further development of applications that are more practical and integrated with various educational institutions and public health services is necessary integrated with various educational institutions and public health services

 

Keywords: Adolescent, Health Service, School's Health Unit


Kata Kunci


digital, pelayanan kesehatan, remaja, sekolah, uks, virtual

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Azrina, D. T., Tampubolon, M. M., & Utomo, W. (2024). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Pelecehan Seksual. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 3(1), 423–429.

Caldwell, E. P., & Melton, K. (2020). Health Literacy of Adolescents. Journal of Pediatric Nursing, 55, 116–119. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.08.020

Franciska, H. U. M., & Tampubolon, M. M. (2023). Perceptions of Young Women about Breast Self-Examination. 2(2), 1793–1799.

Gürkan, K. P., & Ayar, D. (2020). The Impact of e-Health Literacy on Health Promotion Behaviors of High School Students. The Journal of Pediatric Research, 7(4), 286–292. https://doi.org/10.4274/jpr.galenos.2019.81488

Hanifah, A. F., Tampubolon, M. M., & Jumaini, J. (2023). Efektivitas Edukasi Menstrual Hygiene Management Terhadap Pengetahuan Remaja Putri. 1(1), 1–10.

Kemenkes RI. (2017). Buku Panduan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Warta Kesmas, 1(kesehatan masyarakat), 27 halaman.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Buku Saku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil dan Remaja Putri. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan. (2019). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2024). VID 2045 Jadi Peta Jalan Percepat Transformasi Digital Nasional.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (Kemendikbudristek). (2024). Surat Edaran Dirjen Paud Dikdas dan Dikmen Nomor 1725/C/C4/DM.00/02/2024 tanggal 19 Februari 2024 tentang Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, D. S. M. A. (2021). Pengelolaan UKS di SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Mardikaningsih, R., Sagena, U., Rijal, S., Jam’an, A., Juliandy, C., Manggabarani, S., Setiawan, Z., K, A., Sudipa, I. G. I., Asman, A., & others. (2023). Inovasi & Tren Layanan Digital Berbagai Sektor (Optimalisasi dan Otomatisasi Digital untuk Dunia Kerja & Bisnis). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=pdmsEAAAQBAJ

Nobre, J., Oliveira, A. P., Monteiro, F., Sequeira, C., & Ferré-Grau, C. (2021). Promotion of Mental Health Literacy in Adolescents: A Scoping Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(18). https://doi.org/10.3390/ijerph18189500

Rina Amelia, Slamet Triyadi, U. M. (2023). Pemberdayaan Remaja Puteri Dan Guru Uks Untuk Peningkatan Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah Melalui Giat Remaja Peduli Anemia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.

Santrock, J. W. (2022). Essentials of Life-span Development. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=7vMMzgEACAAJ

Seabert, D., McKenzie, J. F., & Pinger, R. R. (2021). McKenzie’s An Introduction to Community & Public Health with Navigate Advantage Access. Jones & Bartlett Learning. https://books.google.co.id/books?id=G3gZEAAAQBAJ

UNICEF. (2021). Profil Remaja 2021. Unicef, 917(2016), 1–2.

WHO. (2020). World Health Organization, Global Strategy on Digital Health. In Indian Pediatrics (Vol. 57, Issue 4).

WHO. (2022). Digital Health. https://doi.org/10.33407/itlt.v89i3.4543

World Health Organization. (2024). Adolescent Health. Https://Www.Who.Int/Health-Topics/Adolescent-Health#tab=tab_1.

Zulkarnain, W. (2022). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=uipfEAAAQBAJ




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i4.18774

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.