Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Produk Olahan (Ultra Processed Food) pada Remaja di Kota Pekalongan

Radiati Moviana, Nafilah Nafilah

Sari


ABSTRAK

 

Remaja menjadi kelompok yang perlu menjadi perhatian karena masa ini merupakan periode puncak perkembangan dan pertumbuhan. Remaja cenderung memilih makanan yang praktis dan enak dengan tidak mempertimbangkan nilai gizi sehingga mudah terpapar dengan pola hidup yang tidak sehat dan memunculkan masalah gizi. Ultra processed food merupakan salah satu produk pangan yang menjadi salah satu produk pangan yang digemari oleh remaja saat ini. Produk ini diproduksi menggunakan penambahan beberapa bahan seperti gula, garam, perasa, dan lain-lain. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang jenis produk olahan pada remaja sehingga dapat lebih membatasi dan selektif dalam mengonsumsi produk olahan UPF. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pemberian edukasi dengan penyuluhan pada siswa SMA sejumlah 29 orang di Kota Pekalongan. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan siswa SMA terkait ultra processed food yang ditunjukan dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Terdapat perbedaan pengetahuan siswa tentang Ultra Processed Food sebelum dan sesudah edukasi. Terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan siswa tentang Ultra Processed Food sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa

 

Kata KunciUltra Processed Food, Remaja, Edukasi, Pangan Olahan

 

 

ABSTRACT

 

Adolescents are a group that needs attention because it is the peak period of development and growth. They are tend to choose practical and delicious food without considering its nutritional value, so they are easily exposed to unhealthy lifestyles and cause nutritional problems. Ultra-processed food is one of the food products that is popular with adolescents today. This product is produced by add several ingredients such as sugar, salt, flavorings, etc. This activity aims to increase knowledge about the types of processed products among adolescents, so that they can be more selective in consuming Ultra Processed Food products. This activity was carried out in the form of providing counseling education to 29 high school students throughout Pekalongan City. Based on the results of the activity evaluation, it was found that there was an increase in high school students' knowledge regarding ultra-processed food as indicated by a value of p=0.000 (p<0.05). There is a difference in students' knowledge about Ultra Processed Foods before and after being given education. There is an increase in the average student knowledge about Ultra Processed Food so it can be concluded that this community service activity is effective in increasing student knowledge.

 

Keywords: Ultra Processed Foos, Adolescents, Education, Food Processed 


Kata Kunci


Ultra processed food, remaja, edukasi, pangan olahan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aisyah, S., & Andriani, A. (2023). Efektifitas Penyuluhan Dengan Menggunakan Media Lembar Balik Dan Power Point Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Di Sman 11 Banda Aceh. Nasuwakes: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 16(2), 102–109. Https://Doi.Org/10.30867/Nasuwakes.V16i2.432

Auliya, N. P. D., & Setiyowati, N. (2024). Systematic Literature Review Based On Big Data: Dukungan Sosial Dan Psychological Well-Being Pada Remaja. Psyche 165 Journal, 17(2), 134–139. Https://Doi.Org/10.35134/Jpsy165.V17i2.367

Dewi, S. P., & Ratih Kurniasari. (2022). Literature Riview: Pengaruh Media Pembelajaran Edukatif Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 14(1), 138–145. Https://Doi.Org/10.35473/Jgk.V14i1.284

Elizabeth, L., Machado, P., Zinöcker, M., Baker, P., & Lawrence, M. (2020). Ultra-Processed Foods And Health Outcomes: A Narrative Review. Nutrients, 12(7), 1–36. Https://Doi.Org/10.3390/Nu12071955

Femyliati, R., & Kurniasari, R. (2022). Pemanfaatan Media Kreatif Untuk Edukasi Gizi Pada Remaja (Literature Review). Hearty, 10(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.32832/Hearty.V10i1.4732

Illavina, I., & Kusumaningati, W. (2022). Pengaruh Edukasi Pembacaan Label Informasi Nilai Gizi Dengan Media Slide Powerpoint Terhadap Pengetahuan Siswa Sma Kota Depok. Muhammadiyah Journal Of Nutrition And Food Science (Mjnf), 3(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.24853/Mjnf.3.1.27-35

Kapur, S. (2015). Adolescence: The Stage Of Transition. Horizons Of Holistic Education, 2(September), 233–250.

Kurniawan, R., Khaira, N., Faisal, T. I., & Nurmiaty, N. (2024). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Anak Usia Remaja Di Pantoloan Boya, Kota Palu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7(12), 5285–5292.

Meiliana, Y. L. S., Sitoayu, L., Sari, D. P., & Ramadhan, M. R. (2024). Peningkatan Pengetahuan Tentang Ultra Processed Food Melalui Edukasi Gizi Pada Remaja Putri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 197–202.

Monteiro, C. A., Cannon, G., Levy, R. B., Moubarac, J. C., Louzada, M. L. C., Rauber, F., Khandpur, N., Cediel, G., Neri, D., Martinez-Steele, E., Baraldi, L. G., & Jaime, P. C. (2019). Ultra-Processed Foods: What They Are And How To Identify Them. Public Health Nutrition, 22(5), 936–941. Https://Doi.Org/10.1017/S1368980018003762

Nikmah, F. (2024). Kebiasaan Konsumsi Fast Food Dan Junk Food Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Gizi Dan Kesehatan (Jigk), 5(2), 57–61.

Nuryani, N. (2019). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Perilaku Dan Status Gizi Pada Remaja Di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Dunia Gizi, 2(2), 63. Https://Doi.Org/10.33085/Jdg.V2i2.4473

Pamelia, I. (2018). Perilaku Konsumsi Makanan Cepat Saji Pada Remaja Dan Dampaknya Bagi Kesehatan. Ikesma, 14(2), 144. Https://Doi.Org/10.19184/Ikesma.V14i2.10459

Rahmawati, F., Amar, M. I., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. S. (2022). Edukasi Gizi Brosur & Power Point Pada Pedoman Gizi Seimbang (Pgs) Kelas Vii Mts Hayatul Ilmi. Indonesian Journal Of Health Development, 4(1), 46–53. Https://Doi.Org/10.52021/Ijhd.V4i1.70

Salsabila, S. T., Mamat, R., Suprihartono, S., Aguang, F., Mulus, G., Safaatun, N. E., & Wardatul, J. E. (2019). Edukasi Dengan Media Video Animasi Dan Powepoint Meningkatkan Pengetahuan Dan Asupan Konsumsi Sayur Dan Buah. Jurnal Riset Kesehatan, 11(1), 183–190.

Setyaningsih, A., Mulyasari, I., Afiatna, P., & Putri, H. R. (2024). The Relationship Between Ultra-Processed Food Consumption With Diet Quality And Overweight Status In Young Adults. Amerta Nutrition, 8(1), 124–129. Https://Doi.Org/10.20473/Amnt.V8i1.2024.124-129

Tania, M. (2016). Hubungan Pengetahuan Remaja Dengan Perilaku Konsumsi Minuman Ringan Di Smkn 2 Baleendah Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(1), 19–25.

Utami, N. N. (2021). Analisis Gaya Hidup Pada Perilaku Konsumsi Remaja. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 15(2), 139–140.

Visioli, F., Marangoni, F., Fogliano, V., Rio, D. Del, Alfredo Martinez, J., Kuhnle, G., Buttriss, J., Da Costa Ribeiro, H., Bier, D., & Poli, A. (2023). The Ultra-Processed Foods Hypothesis: A Product Processed Well Beyond The Basic Ingredients In The Package. Nutrition Research Reviews, 36(2), 174. Https://Doi.Org/10.1017/S0954422422000117




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i5.18968

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.