Sosialisasi Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar
Sari
ABSTRAK
Program kesehatan di sekolah sangat penting untuk dilaksanakan, karena anak sekolah adalah kelompok khusus yang membutuhkan perlindungan dari berbagai masalah kesehatan. Pada saat memasuki sekolah, anak mulai mengenal lingkungan baru dan berhubungan dengan orang-orang yang ada di sekolahnya. Kondisi tersebut membuat anak lebih banyak menghabiskan waktunya diluar rumah, yang memungkinkan menjadi ancaman bagi kesehatannya. Permasalahan kesehatan yang sering terjadi pada anak, biasanya berhubungan dengan perilaku tidak sehat di sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan siswa terhadap kebiasaan berperilaku sehat. Untuk mengatasi permasalahan itu perlu dilakukan kegiatan sosialisasi gerakan hidup bersih dan sehat pada siswa di sekolah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Metode kegiatan yang digunakan adalah penyuluhan kesehatan pada siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 289 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan rata-rata nilai hasil prestest sebesar 58,49 poin dan rata-rata nilai posttest sebesar 66,76 poin. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang perilaku hidup besih dan sehat sebesar 11,87 poin. Kegiatan yang sudah dilaksanakan diharapkan dapat dilanjutkan oleh sekolah secara rutin dan bekerjasama dengan puskesmas sebagai pembina wilayah.
Kata Kunci: Siswa, Sosialisasi, Gerakan Hidup Sehat
ABSTRACT
Health programs in schools are very important to implement because school children are a special group that needs protection from various health problems. When entering school, children begin to get to know a new environment and interact with people at their school. This condition makes children spend more time outside the home which can be a threat to their health. Health problems that often occur in children are usually related to unhealthy behavior at school. This is due to the lack of student knowledge about healthy behavior habits. To overcome this problem, it is necessary to carry out socialization activities for clean and healthy living movements for students at school. The purpose of this community service activity is to increase students' knowledge about clean and healthy living behavior. The method of activity used is health counseling for students about clean and healthy living behavior. The number of participants who attended was 289 students. The results of the activity showed an average pre-test score of 58.49 points and an average post-test score of 66.76 points. The conclusion of this activity is an increase in students' knowledge about clean and healthy living behavior by 11.87 points. The activities that have been carried out are expected to be continued by schools routinely and in collaboration with health centers as regional supervisors.
Keywords: Students, Socialization, Healthy Living Movement
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aisyah, J. N., Wahyuni, R., Aziz, A., & Hidayat, R. (2024). Manajemen Layanan Khusus Unit Kesehatan Sekolah Di Smk Negeri 5 Jember. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(1), 91–100.
Amourisva, S. A. (2015). Kontradiksi Kebiasaan Jajan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Majority, 4(8), 143–146.
Anisa, D. N., & Khusnal, E. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Sekolah Di Sd 2 Jambidan Banguntapan Bantul. Stikes’aisyiyah Yogyakarta.
Atikah, P. (2012). Rahmawati Eni. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). Nuha Medika, Yogyakarta Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Budiman, C. (2009). Ilmu Kedokteran Pencegahan Komunitas. Jakarta: Egc.
Chadijah, S., Sumolang, P. P. F., & Veridiana, N. N. (2014). Hubungan Pengetahuan, Perilaku, Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Angka Kecacingan Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Palu. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 24(1), 50–56.
Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal Of Public Health), 7(2), 75–82. Https://Doi.Org/10.12928/Kesmas.V7i2.1041
Dewi, A. P. (2010b). Kesehatan Sekolah ( Uks ) Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Siswa Di Sd Negeri 001 Sail Pekanbaru.
Hazin, M., Setiawan, A. C., & Rahmawati, N. W. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Sentra Tanaman Obat Keluarga (Toga) Dengan Model Abcd Di Desa Jemundo. Trimas: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27–35.
Hermawan, Y. (2013). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Pelaksanaan Kesehatan Lingkungan Smp Negeri Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Bumi Lestari Journal Of Environment, 13(1).
Hudzaifah, P. &. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung. Jurnal Keperawatan. Https://Doi.Org/10.31311/.V5i1.1458
Kanro, R., Yasnani, Y., & Saptaputra, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah Dasar Negeri 08 Moramo Utara Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(6).
Kemenkes. (2011). Pedoman Umum Phbs.
Kemenkes, R. I. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). Jakarta: Kementerian Kesehatan Ri.
Kody, M. M., & Landi, M. (2016). Kebiasaan Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Kesehatan Primer, 1(1), 47–55.
Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs).
Notoatmodjo, S. (2014). Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni, Rineka Cipta. Jakarta.
Notoatmodjo, S. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku.
Nugraheni, H., & Indarjo, S. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Deepublish.
Nurrachmawati, A., Permana, L., & Agustini, R. T. (2021). Pendampingan Dan Fasilitasi Dalam Mempersiapkan Pertemuan Tatap Muka Terbatas Sesuai Protokol Kesehatan Di Sdn 001 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(3), 79–84.
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padanglina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 4(1), 92. Https://Doi.Org/10.20473/Jpk.V4.I1.2016.92-103
Prativi, G. O. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani. Journal Of Sport Sciences And Fitness, 2(3).
Rabiudin, R. (2023). Penguatan Keterampilan Literasi Sains Post Modern Bagi Tenaga Kependidikan Madrasah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1760–1771.
Raksanagara, A., & Raksanagara, A. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan Yang Penting Pada Tatanan Rumah Tangga Di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), 30–34. Https://Doi.Org/10.24198/Jsk.V1i1.10340
Safriana. (2012). Perilaku Memilih..., Safriana, Fkm Ui, 2012. Perilakumemilih Jajanan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2012.
Sibarani, P. T. (2021). Determinan Perilaku Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Masa Akb (Adaptasi Kebiasaan Baru) Di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Subagyo, W., & Wahyuningsih, D. (2016). Peran Kader Dalam Memotivasi Ibu Balita Berkunjung Ke Posyandu. Jurnal Keperawatan Soedirman, 10(3), 158–166.
Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur Ii. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4, 99–106.
Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. G. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur Ii. Journal Of Environmental Health, 4, 99–106.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
Wulandari, D. R., & Pertiwi, W. E. (2018). Pengetahuan Dan Peran Orangtua Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sd Di Kecamatan Kramatwatu Serang. Jurnal Dunia Kesmas, 7(4).
Yuliani, A., & Zaitun. (2018). Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Uks Di Desa Sitopeng Kecamatan Hajamukti Kota Cirebon, (April), 20–26.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i6.20196
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.