Membangun Pola Asuh yang Berbasis Kasih Sayang Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Sari
ABSTRAK
Sebagai bagian dari tri pusat pendidikan, keluarga merupakan lembaga pendidikan informal bagi anak dan sebagai tembat belajar anak, keluarga berperan untuk membentuk kepribadiaan anak (sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia). Keluarga merupakan salah satu komponen yang berperan strategis untuk membentuk karekater anak, keluarga sangat menentukan tumbuh dan kembangnya karakter anak. Pada esensinya, keluarga meletakkan dasar pendidikan bagi anak (pendidikan informal) seperti ajaran tentang cinta kasih tanpa pamrih, kebajikan sosial lainnya seperti keadilan, ketaatan yang sewajarnya dan kepemimpinan yang adil. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terutama orang tua tentang bagaimana membangun pola asuh yang baik dengan penuh kasis sayang agar terciptanya tumbuh kembang yang optimal pada anak. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan di TK dan PAUD yang berada di wilayah Kecamatan Ciruas, Lebak Wangi Dan Kragilan. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan menggunakan ceramah, dialog interaktif, diskusi dan tanya jawab berhadiah. Sosialisasi ini telah membuka wawasan masyarakat tentang bagaimana menanamkan pola asuh yang baik pada anak, karena pola asuh yang tidak baik akan berdampak pada perkembangan motorik maupun sensorik anak.Hasil temuan dan pembahasan penelitian mengungkap bahwa pola asuh sebagai basis layanan utama orang tua dalam mendidik anak melalui proses bimbingan (pengembangan Prophetic dan proses konseling (mengatasi permasalahan anak). Pola asuh orang tua dalam dalam lingkupnya mencakup dua aspek meliputi (1) layanan preventif, yaitu upaya membimbing, melatih dan membantu anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan diri(2) layanan kuratif, yaitu upaya membantu anak dalam menyelesaikan hambatan dan masalah yang dihadapi dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan diri.
Kata Kunci: Pola Asuh, Kasih Sayang, Anak Usia Dini, Orang Tua.
ABSTRACT
As part of the three centers of education, the family is an informal educational institution for children and as a place for children to learn, the family plays a role in shaping the child's personality (healthy, intelligent, cheerful and noble). The family is one of the components that plays a strategic role in shaping the character of children, the family greatly determines the growth and development of the child's character. In essence, the family lays the foundation for education for children (informal education) such as teachings about selfless love, other social virtues such as justice, reasonable obedience and fair leadership. This Field Experience Practice Activity aims to provide information to the community, especially parents, about how to build good parenting patterns with full affection in order to create optimal growth and development in children. Field Experience Practice Activities are carried out in kindergartens and early childhood education centers located in the Ciruas, Lebak Wangi and Kragilan Districts. The method used is socialization using lectures, interactive dialogues, discussions and Q&A with prizes. Results: This socialization has opened the public's insight into how to instill good parenting patterns in children, because bad parenting patterns will have an impact on the child's motor and sensory development. The findings and discussion of the research revealed that parenting patterns are the basis of the main service for parents in educating children through the guidance process (Prophetic development and counseling process (overcoming children's problems). Parenting patterns in their scope include two aspects including (1) preventive services, namely efforts to guide, train and help children in achieving growth and self-development (2) curative services, namely efforts to help children in resolving obstacles and problems faced in achieving growth and self-development.
Keywords: Parenting, Affection, Early Childhood, Parents.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Angraini, W., Firdaus, F., Pratiwi, B. A., Oktarianita, O., & Febriawati, H. (2023). Pola Asuh, Pola Makan Dan Kondisi Lingkungan Fisik Dengan Kejadian Stunting. Journal Of Nursing And Public Health, 11(2), 500–511.
Ardiyansyah, M. (2022). Perkembangan Gerak Dan Motorik Pada Anak Usia Dini. Guepedia.
Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1-9.
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah.
Gustian, D. (2018). Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim Dengan Ibu Pekerja Pabrik. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 370-385.
Hidayati, A. (2016). Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151-164.
Kurniati, N., Rejeki, S., Nizar, M., Purwanti, O. S., & Fitria, C. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua “Toxic Parents” Bagi Kesehatan Mental Anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Buletin Kkn Pendidikan, 5(2), 157–166. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V5i2.23174
Kusmawati, I. I., St, S., Keb, M., Putri, N. R., & Sit, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dan Tumbuh Kembang Balita. Cv Jejak (Jejak Publisher).
Meinarisa, M., Sari, L. A., & Mardiantika, B. (2021). Hubungan Pengetahuan, Kedekatan Ibu Dan Pola Asuh Terhadap Kesiapan Remaja Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) Di Smp Negeri 04, 06, Dan 17 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 2(2), 99–107.
Nirmalasari, R., Aldianor, A., Asfari, E. P., Anand, R., Septiani, R., & Nurhalisa, S. (2021). Penguatan Pola Asuh Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Petak Bahandang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 270-278.
Rusmita, R. (2020). Korelasi Pola Makan Bergizi Dengan Tumbuh Kembang Motorik Anak Di Mi Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Sari, W. A. S., & Fitri, N. A. N. (2024). Optimalisasi Pendampingan Orang Tua Dalam Mendidik Berbasis Keteladanan Dan Kasih Sayang Di Paud Skb Al Arafah Kediri. Bhakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(02), 123-130.
Sugiyarti, N., Rahmawati, A., & Maryani, T. (2019). Hubungan Status Gizi Ibu Menyusui Dengan Kenaikan Berat Badan Bayi Usia 1-4 Bulan Yang Mendapat Asi Eksklusif Di Wilayah Puskesmas Lendah Ii Kabupaten Kulon Progo (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan Dan Pertumbuhan Fisik Dan Gerak Manusia. Upi Sumedang Press.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan Dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35. Https://Doi.Org/10.24235/Prophetic.V5i1.11170
Wedayani, A. A. A. N., Karuniawaty, T. P., Wiguna, P. A., Parwata, W. S. S., Ullyani, N., & Lestarini, I. A. (2024). Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak Dan Edukasi Pola Asuh Pada Anak–Anak Disabilitas Di Yayasan Lombok Care. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 7(2), 745-748.
Yasmin, A. G., Zada, A. R., Fadila, N., Rohmah, S., & Ahmad, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Kognitif Dan Emosional Anak. Jurnal Sustainable, 6(2), 308-318.
Yuliasari, D., Juniantika, E., & Iqmy, L. O. (2022). Penyuluhan Tentang Tumbuh Kembang Pada Balita. Jurnal Perak Malahayati: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 115-122.
Zulfitria, Z. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Alquran Untuk Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 101-116.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i6.20287
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.