Peningkatan Pengetahuan Siswa dalam Penanganan Kegawatdaruratan Sekolah di SMA X Jakarta Pusat

Titik Setiyaningrum Setiyaningrum, Rahayu Maharani, Anggie Regina Utami, Fairus Anindya Putri, Zahra Sabila

Sari


ABSTRAK

 

Kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi situasi kegawatdaruratan di lingkungan sekolah masih menjadi tantangan, terutama karena minimnya edukasi praktis terkait pertolongan pertama dan prosedur tanggap darurat. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMA X Jakarta Pusat dalam menangani kegawatdaruratan sederhana di sekolah, seperti tersedak, pingsan, penanganan patah tulang, perdarahan, gigitan lebah dan ular, dan pertolongan kegawatdaruratan pingsan. Kegiatan ini melibatkan dua dosen keperawatan anak dan 6 mahasiswa prodi S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Kegiatan dilaksanakan melalui metode edukasi interaktif, simulasi kasus, demonstrasi langsung, dan latihan praktikum dengan pendekatan partisipatif. Sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan pengukuran pengetahuan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai langkah-langkah awal penanganan gawat darurat di sekolah yaitu dengan rerata tingkat pengetahuan dalam kategori baik dari semua komponen yang dinilai yaitu mulai dari  penanganan tersedak, pingsan, penanganan patah tulang, perdarahan, gigitan lebah dan ular, dan pertolongan kegawatdaruratan pingsan. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini yaitu dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang kegawatdaruratan di sekolah terutama terkait penanganan tersedak, pingsan, patah tulang, perdarahan, gigitan lebah dan ular. Program ini diharapkan dapat menjadi kontribusi berkelanjutan dalam menciptakan sekolah yang lebih tanggap dan aman terhadap situasi darurat, sekaligus mendorong budaya sadar keselamatan di kalangan pelajar.

 

Kata Kunci: Penanganan, Kegawatdaruratan, Siswa, Pengetahuan

 

 

ABSTRACT

 

Student preparedness in dealing with emergency situations in the school environment is still a challenge, especially due to the lack of practical education related to first aid and emergency response procedures. This community service aims to improve the knowledge and skills of students of PSKD 3 High School, Central Jakarta, in handling simple emergencies in schools, such as choking, fainting, handling fractures, bleeding, bee and snake bites, and first aid for fainting. This activity involved two pediatric nursing lecturers and 6 students of the S1 Nursing study program at STIKes RSPAD Gatot Soebroto. We carried out the activity using interactive education methods, case simulations, live demonstrations, and practical exercises, all in a participatory manner. We conducted knowledge measurements before and after the activity using pre-tests and post-tests. The results showed a big improvement in students' understanding of the first steps to take during emergencies in schools, with an average knowledge level rated as excellent across all areas assessed, including how to handle choking, fainting, fractures, bleeding, and bites from bees and snakes, as well as first aid for fainting. The conclusion of this community service is that it effectively increases participants' knowledge about handling school emergencies, particularly in cases of choking, fainting, fractures, bleeding, and bee or snake bites. This program is expected to be a sustainable contribution in creating schools that are more responsive and safe to emergency situations while also encouraging a culture of safety awareness among students

 

Keywords: Handling, Emergency, Students, Knowledge


Kata Kunci


penanganan, kegawatdaruratan, siswa, pengetahuan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abd El-Hay, S. A., Ibrahim, N. A., & Hassan, L. A. (2015). Effect Of Training Program Regarding First Aid And Basic Life Support On The Management Of Educational Risk Injuries Among Students In Industrial Secondary Schools. Iosr Journal Of Nursing And Health Science, 4(6), 2320–1940. Https://Doi.Org/10.9790/1959-04633243.

Bandyopadhyay, L., Manjula, M., Paul, B., & Dasgupta, A. (2017). Effectiveness Of First-Aid Training On School Students In Singur Block Of Hooghly District, West Bengal. Journal Of Family Medicine And Primary Care, 6(1), 39. Https://Doi.Org/10.4103/2249-4863.214960

Hady J, A., Sudirman, & Hariani. (2019). Metode Simulasi Kegawatdaruratan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Pada Smp Negeri 2 Galesong. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 10(01), 1–7.

Irwadi., Dkk. (2024). Penyuluhan Dan Pelatihan Penanganan Choking Di Lingkungan Sekolah Sdn 31 Pasie Kandang Kota Padang. Communnity Development Journal. Vol.5 No. 4.

Kartikasiwi, A., Romli, L. Y., Nofalia, I., Kesehatan, F., S1, P., & Keperawatan, I. (N.D.). Pemberian Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3k) Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Anggota Palang Merah Remaja (Pmr).

Kundre, R., Program, M., Keperawatan, S. I., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado (Vol. 6, Issue 2).

Kusumaningrum., B. R., Kartika, A. W., Ulya, I., Choiriyah, M., Ningsih, D. K., & Kartikasari, E. (2018). International Journal Of Community Service Learning. International Journal Of Community Service Learning, 2(4), 309–314.

Machfoedz I., Suryani E. 2016. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. F Tranaya : Yogyakarta.

Machfoedz. (2012). Pertolongan Pertama Di Rumah, Tempat Kerja, Atau Di Perjalanan. Yogyakarta : Fitramaya.

Magfuri. (2014). Buku Saku Keterampilan Dasar P3k & Kegawatdaruratan Di Rumah. Jakarta : Tim

Mulyadi., Dkk. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Penanganan Kegawatdaruratan Sehari-Hari Pada Siswa Palang Merah Remaja Di Sekolah Menengah Atas Kota Manado. Communnity Development Journal, Vol.4 No. 5 T

Nugroho, W., Muhammad, R., Keperawatan, J., & Kemenkes Ternate, P. (N.D.). Penguatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Tas P3k Pada Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Sdn 3 Kota Ternate. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Dikmas, 29(1). Https://Doi.Org/10.37905/Dikmas.4.1.29-34.2024

Oktaviani, E., Feri, J., Studi Keperawatan Lubuklinggau, P., & Kemenkes Palembang, P. (2020). Pelatihan Pertolongan Pertama Kasus Kegawatdaruratan Di Sekolah Dengan Metode Simulasi. Journal Of Character Education Society, 3(2), 403–413. Https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.2368.

Permana, H. (2021). Efektivitas Metode Simulasi Dalam Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 45–52.

Rahmawati, L., Nugraheni, Y. A., & Puspitasari, W. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Peningkatan Edukasi Kesehatan Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 11(1), 88–94.

Rizaldy, David. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Simulasi Gempa Bumi Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi Ips Man 1 Sragen Tahun 2018/2019. Skripsi.

Sabriana, R., Riyandani, R., Wahyuni, R., & Akib, A. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11, 201–207. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V11i1.738.

Safirah, Putri Fildzah. 2021. “Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dari Mahasiswa Fk Usu Angkatan 2018 Terhadap Alat Kontrasepsi Dalam Program Keluarga Berencana.” Universitas Sumatera Utara.

Sai, I. Y., Kundre, R., & Hutauruk, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th Ed.). Mcgraw-Hill Education.

Selvia Artha, N., Prodi Diii Keperawatan, Y., Keperawatan, J., & Kemenkes Riau, P. (N.D.). Optimalisasi Uks Dalam Penanganan Pertama Kegawatdaruratan Di Sekolah Mts Negeri 1 Indragiri Hulu.

Setiyaningrum, T. S., Maharani, R., Wicaksono, H., Febriana, A. D., Iksan, R. R., & Yeni, R. I. (2024). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa/I Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Sekolah Di Smk Kesehatan Fahd Islamic School. Mahesa : Malahayati Health Student Journal, 4(4), 1392–1401. Https://Doi.Org/10.33024/Mahesa.V4i4.14154

Siregar, L., Ginting, D., & Tarigan, F. (2016). Perbedaan Efektivitas Metode Ceramah Dengan Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Sma Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 1(2), 1–14.

Thygerson, Alton. (2011). First Aid. Jakarta: Erlangga. Diterjemahkan Oleh Huriawati.

Wawan Dan Dewi. (2010). Teori Dan Pengukuran Penegetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika.

Wijaya, Andy. (2019) Buku Saku Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Jalan Jadilah Penolong Kecelakaan Di Jalan Semua Orang Bisa Jadi Penoiong. Jakarta: Kementrian Kesehatan Ri.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i7.20357

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.