Edukasi ASI Eksklusif dengan Ceramah dan Praktik Pada Kader Kesehatan di Kecamatan Sawangan Depok

Avliya Quratul Marjan, Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, Khoirul Anwar, Najwa Khairunnisa, Haikal Rizky Azmi, Fandra Raditya Naufal, Virnanda Rahma Noviana

Sari


ABSTRAK

 

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi alami yang berasal dari seorang ibu setelah melahirkan, dan direkomendasikan sebagai satu-satunya makanan untuk bayi baru lahir hingga usia enam bulan. WHO menganjurkan ASI eksklusif diberikan tanpa disertai makanan atau minuman apapun, termasuk air, namun obat-obatan dapat diberikan jika dalam kondisi medis yang yang diperlukan. Dalam praktik pelaksanaan ASI eksklusif, kader kesehatan memiliki peran yang sangat esensial terkait pengetahuan dan keterampilannya dalam hal praktik menyusui. Oleh karena itu, kegiatan edukasi tentang ASI eksklusif perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para kader untuk memaksimalkan proses pendampingan ibu menyusui. Kegiatan edukasi ini dilakukan agar pengetahuan tentang ASI eksklusif dan keterampilan kader dalam teknik perlekatan serta pijat laktasi meningkat. Edukasi dilaksanakan dengan metode ceramah menggunakan media leaflet, serta praktik menggunakan boneka bayi dan laktasi kit kepada 33 kader kesehatan di Kecamatan Sawangan, Depok. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai posttest (>76) sebesar 48,5%. Dimana didapatkan output yang diperoleh dari uji wilcoxon yaitu nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader setelah edukasi. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa edukasi menggunakan metode ceramah melalui media leaflet serta praktik menggunakan boneka bayi dan laktasi kit mampu meningkatkan pengetahuan serta keterampilan kader terkait ASI eksklusif.

 

Kata Kunci: ASI Eksklusif, Ceramah, Kader Kesehatan, Praktik

 

 

ABSTRACT

 

Breast Milk is a natural source of nutrition from a mother after giving birth, and is recommended as the only food for newborns up to six months of age. WHO recommends exclusive breastfeeding without any food or drink, including water, but medication can be given if medical conditions require it. In the practice of implementing exclusive breastfeeding, health cadres have a very essential role related to their knowledge and skills in breastfeeding practices. Therefore, educational activities about exclusive breastfeeding need to be carried out to improve the knowledge and skills of cadres to maximize the process of assisting breastfeeding mothers. This educational activity is carried out so that knowledge about exclusive breastfeeding and cadre skills in attachment techniques and lactation massage increase. Education was carried out through lectures using leaflet media, as well as practical sessions using baby dolls and lactation kits for 33 health cadres in Sawangan District, Depok. The results showed an increase in posttest scores (> 76) by 48.5%. The Wilcoxon test produced a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating an increase in cadre knowledge and skills after education. Therefore, it can be concluded that education using lecture methods through leaflet media, along with practical sessions using baby dolls and lactation kits, effectively enhances the knowledge and skills of cadres regarding exclusive breastfeeding

 

KeywordsExclusive Breastfeeding, Lectures, Health Cadre, Practice


Kata Kunci


ASI Eksklusif; Ceramah; Praktik, Kader Kesehatan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustini, F. (2017). Analisis Pengetahuan Kader Tentang Peran Dan Fungsi Di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016. Jurnal Bidkesmas, 2(8), 35-42.

Alti, R.M., Anasi, P.T., Silalahi, D.E., Fitriyah, L.A., Hasanah, H., Akbar., M.R., Arifianto, T., Kamarudin, I., Herman, Malahayati, E.N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W.N., Agustianti R., & Kurniawan A. (2022). Media Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.

Amir, A., Hartono, C. & Chaerunnimah. (2022). Implementasi Penyegaran Keterampilan Konselor Menyusui. Media Implementasi Riset Kesehatan, 3(1), 57-65.

Asfar, A.M.I.T. & Nur, As. A., Akbar Asfar, A. M., & Kasmawati, A. (2022). Model Pembelajaran Gold(Guided, Organizing, Leaflet Discovery). Cv Jejak.

Azizah, U.N. (2020). Penggunaan Flanel Tiga Dimensi Dapat Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Gunung Meletus Pada Anak-Anak: A Systematic Literature Review. Thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. (2023). Percepatan Penurunan Stunting Jawa Barat. Jakarta, Diakses 14 Desember 2024, Https://Www.Scribd.Com/Document/789536124/Percepatan-Penurunan-Stunting-Jawa-Barat-2023

Fajri, F., Rahmatu, R. & Alam, N. (2018). Kadar Klorofil Dan Vitamin C Daun Kelor (Moringa Oleifera Lam) Dari Berbagai Ketinggian Tempat Tumbuh. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 6(2), 152-158.

Hardjito, K. (2023). Optimalisasi Media Leaflet Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Asi Eksklusif. Healthy: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(4), 33-40. Https://Doi.Org/10.51878/Healthy.V2i1.2311

Haris, H., Prabene, F.U. & Syamsiah, S. (2017). Pelatihan Kader Kesehatan Dan Aplikasi Edukasi Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular, Media Karya Kesehatan, 5(2), 137-150.

Idris, F. P. (2020). Pengaruh Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Tinggimoncong Kabupaten Gowa. In Prosiding Seminar Nasional 2019 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Idris, F. P., Asrina, A. & Reski, M. A. (2022). Edukasi Tentang Manajemen Laktasi Dan Nutrisi Bayi Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Oleh Kader. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(4), 167-176.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2016). Dampak Dari Tidak Menyusui. Jakarta, Diakses 14 Desember 2024, Https://Www.Idai.Or.Id/Artikel/Klinik/Asi/Dampak-Dari-Tidak-Menyusui-Di-Indonesia

Ilham, Syamdarniati, Romadonika, F., Rusiana, H.P., Hidayati, B.N., Salfarina, A.L. & Safitri, R.P. (2023). Edukasi Tentang Asi Eksklusif Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Palibelo Kabupaten Bima, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 171.

Juniyati,. Pujiati, W., & Sari, K. (2024). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Kader Tentang Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi. Jurnal Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, 14(1), 35-43.

Kliegman,R.M., Stantin, B.F., St. Geme., J.W. & Schor, N.F. (2011). Nelson Textbook Of Pediatrics 19th Edition. Elsevier, 160-179.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2017, 138.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Survei Kesehatan Indonesia 2023 (Ski). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 235.

Khotimah, K., As Satillah, S., Fitriani, V., Miranti, M., Maulida, M., Hasmalena, H., Pagarwati, L. D. A., & Zulaiha, D. (2024). Analisis Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bagi Ibu Menyusui Dan Perkembangan Anak. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 254–266. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V13i2.505

Muharram, I., Faradillah, A., Helviana, F.A., Sari, J.I. & Sabria, M.S. (2021). Pengaruh Edukasi Mp-Asi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu, Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 86-88.

Roesli, U. & Yohmi, E. (2008). Bedah Asi: Kajian Dari Berbagai Sudut Pandang Ilmiah. Balai Penerbit Fkui, 17-30.

Ruly, Marsofely, C.D., Sumiati, R.L., Patroni, S., Andeka, R. & Wisuda. (2021). Literature Review Penggunaan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Asi Eksklusif. Thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Sukmawati, E., Imanah, N. D. N., & Suwariyah, P. (2021). Pengaruh Pendampingan Kader Kesehatan Terhadap Keberhasilan Menyusui Untuk Memberikan Asi Eksklusif. Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(2), 91–98. Https://Doi.Org/10.36419/Jki.V12i2.500

Susanti, N. (2020). Efektivitas Metode Ceramah Dan Media Leaflet Terhadap Sikap Dan Pengetahuan Ibu Terhadap Pijat Bayi, Akademi Kebidanan Sehati. Evidance Bassed Journal, 1(1), 29.

Tay, K., As Satillah, S., Fitriani, V., Miranti, M., Maulida, M., Hasmalena, H., Pagarwati, L. D. A., & Zulaiha, D. (2024). Analisis Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bagi Ibu Menyusui Dan Perkembangan Anak. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 254–266. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V13i2.505

Who Indonesia. (2024). Ibu Membutuhkan Lebih Banyak Dukungan Menyusui Selama Masa Kritis Bayi Baru Lahir. Jakarta, Diakses 14 Desember 2024, Https://Www.Who.Int/Indonesia/Id/News/Detail/01-08-2024-Mothers-Need-More-Breastfeeding-Support-During-Critical-Newborn-Period

Wijaya, F.A. (2019). Asi Eksklusif: Nutrisi Ideal Untuk Bayi 0-6 Bulan, Cermin Dunia Kedokteran Journal, 46(4), 297-300.

Winarso, W. & Yulianti, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11-24.

Zubaida, A., Immawati, I., & Dewi, T.K. (2024). Penerapan Pendidikan Kesehatan Tentang Asi Eksklusif Pada Ibu Menyusui Di Puskesmas Iringmulyo Metro Timur, Jurnal Cendekia Muda, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i7.20569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.