KIE REPRODUKSI DAN SEKSUAL BERBASIS ANDROID BAGI CALON PENGANTIN

Nita Evrianasari, Wahid Tri Wahyudi

Sari


Calon pengantin (Catin) wanita merupakan  individu yang dapat dipastikan akan menjadi calon ibu hamil, maka catin merupakan individu yang penting untuk mendapat konseling, informasi dan edukasi kesehatan reproduksi dan seksual. Telepon seluler saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari manusia. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi seperti penyampai pesan suara dan teks saja, namun telah dilengkapi fitur-fitur tambahan dan perangkat-perangkat tambahan terintegras (smartphone). Melalui keunggulan smartphone ini juga dapat memasukkan program berupa media penyulihan kedalam sistem, sehingga media penyuluhan menjadi media yang sangat dekat dengan masyarakat. Tujuan setelah dilakukan kegiatan diharapkan para catin terpapar materi Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin. Kegiatan ini dilakukan dengan tahapan Penetapan daerah sasaran Penyusunan   materi   KIE Kesehatan Reproduksi dan Seksual, penanaman aplikasi pada playstore, Sosialisasi Program kepada pihak KUA, Sosialisasi program kepada Dinas dan Instansi terkait, Pelaksanaan Program serta Pengontrolan Program berupa kegiatan evaluasi penggunaan aplikasi KIE Kesehatan Reproduksi berbasis Android oleh KUA Tanjung Karang Pusat. Adapun saran dari penyelenggara kegiatan PKM adalah Kegiatan ini diharapkan tidak berakhir pada kegiatan pengabdian, tetapi dengan keberadaan aplikasi android ini dapat dijadikan kebijakan bagi dinas terkait untuk menjadikan aplikasi ini sebagai metode kursus bagi catin di bidang kesehatan sehingga KUA lain di Provinsi lampung khususnya Kota Bandar Lampung   dapat memanfaatan aplikasi ini dalam pelaksanaan kursus bagi catin terutama dalam bidang kesehatan.


Kata Kunci


SUSCATIN; Android; KIE; KESPRO

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Kesehatan Indonesia. Rencana Strategis Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta : Kemenkes, 2015

Kemenkes RI. Infodatin : Situasi Balita Pendek. Jakarta : Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, 2016

Zahraini Y. 1000 Hari : Mengubah Hidup, Mengubah Masa Depan. Gizi.net 2015. [Internet] diakses pada Oktober 2018 available at http://gizi.depkes.go.id/1000-hari-mengubah-hidup- mengubah-masa-depan

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Indonesia. Laporan

Evrianasari, N., & Dwijayanti, J. (2017). PENGARUH BUKU SAKU KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL BAGI CATIN TERHADAP PENGETAHUAN CATIN TENTANG REPRODUKSI DAN SEKSUAL DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) TANJUNG KARANG PUSAT TAHUN 2017. Jurnal Kebidanan Malahayati, 3(4).

Suwignyo, S. Fitria, C. 2010. Panduan Super Lengkap hamil cetakan ke-5. Jakarta : Perinasia




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v2i2.2057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.