Perancangan Desain Logo sebagai Identitas Baru UMKM “Machmudah”, Tanggulangin, Sidoarjo Menggunakan Metode Design Thinking

Choirul Anam, Titiek Suheta, Novian Patria Uman Putra, Andy Suryowinoto, Syamsudduha Syahrorini

Sari


ABSTRAK

 

Kawasan Tanggulangin, Sidoarjo merupakan area yang banyak ditempati oleh Industri rumah tangga atau bisa disebut UMKM, salah satu UMKM dikawasan tersebut adalah mitra olahan bawang goreng “machmudah”. Yang mana memiliki kendala terkait merk dan branding sebagai identitas untuk meningkatkan pamasaran hasil produknya, dengan adanya Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap lemahnya identitas visual dan rendahnya daya tarik produk di pasar. Dengan merancang Desain Logo dan merk baru yang merepresentasikan ciri khas Mitra yang dapat diaplikasikan di berbagai media. Menggunakan metode Design Thinkingsebagai pendekatan dalam proses perancangan yang berfokus pada kebutuhan dan pengalaman pengguna. Metode Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya merk baru atau logo baru dan identitas visual baru yang lebih menarik, konsisten, dan relevan dengan target pasar yang dapat diaplikasikan di berbagai media seperti Stempel, Nota, Plakat papan nama, stiker, dan baliho banner. Penerapan branding baru diharapkan dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan daya saing produk di pasar.

 

Kata Kunci: Design Thingking, Identitas Visual, Logo, Media Pemasaran

 

 

ABSTRACT

 

The Tanggulangin area in Sidoarjo is densely populated by home industries, also known as MSMEs. One of the MSMEs in this area is a fried onion processing partner called “Machmudah.” This company faces challenges related to brand identity and branding as key elements to enhance the marketing of its products. The Community Service Program aims to provide guidance to address the weaknesses in visual identity and the low market appeal of the products. By designing a new logo and brand that represent the unique characteristics of the partner, which can be applied across various media. Using the Design Thinking method as an approach in the design process, focusing on user needs and experiences. The Design Thinking method is applied through five stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The outcome of this research is the creation of a new brand or logo and a new visual identity that is more appealing, consistent, and relevant to the target market, which can be applied across various media such as stamps, receipts, nameplates, stickers, and billboard banners. The implementation of the new branding is expected to enhance brand awareness and product competitiveness in the market.

 

Keywords: Design Thinking, Visual Identity, Logo Design and Marketing Media.


Kata Kunci


Design Thingking, Identitas Visual, Logo, Media Pemasaran

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agung, D. A. (2024). Design Thinking. In Https://Openlibrary.Telkomuniversity.Ac.Id/Pustaka/211087/Design-Thinking.Html.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6, 674–681. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V6i1.967

Anam, C., & Harits, M. H. Al. (2021). Re-Desain Sepeda Lowrider Tenaga Listrik Dengan Metode Design Thinking. Https://Ejurnal.Itats.Ac.Id/Stepplan/Article/View/1587.

Anam, C., Nur Rochman, A., Fauzi, A., Nindyapuspa, A., & Khadafi, S. (2019). Perancangan Desain Logo “R3-Viora” Sebagai Identitas Baru Ukm Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo. Jast : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3, 50. Https://Doi.Org/10.33366/Jast.V3i1.1287

Ardyantha, D. R., & Abidin, M. R. (2024). Perancangan Identitas Visual Sebagai Representasi Cv Mulya Tempe Surabaya. Jurnal Barik, 6(1), 192–206. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/

Aryandhana, D., Bintarti, S., & Hidayatullah, R. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Syariah Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 191–206. Https://Doi.Org/10.37366/Jespb.V6i02.247

Freddy, R. (2002). Teknik Analisis Segmentasi Dan Targeting Dalam Marketing. Elex Media Komputindo.

Izzati, A. U., Anindea, F., Angguna, W. M., Nurcahaya, C., & Kumalaputri, S. (2024). Membangun Brand Identity Melalui Perancangan Logo Pada Umkm Makanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2, 4009–4013. Https://Doi.Org/10.59837/Jpmba.V2i9.1617

Mohamad Najmudin, D. S. (2025). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Pengembangan Umkm Berbasis Potensi Lokal Di Desa Sendangadi, Mlati, Sleman. 4(11), 2311–2318. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/J-Abdi/Article/Download/10122/7973/20419

Muthia, R., Hidayati, R., Sayakti, P. I., & Wahyuni, R. A. (2024). Pendampingan Umkm Kopi Jahe Arab Martapura Melalui Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7, 3992–4000. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V7i9.15946

Nuraeni, A., Hastati, D. Y., Ratih L, F., & Kuntari, W. (2022). Penerapan Kemasan Dan Label Untuk Produk Olahan Singkong Di Kelompok Tani Barokah. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 178–183. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V3i1.3647

Nurlaily Vendyansyah, Deddy Rudhistiar, & Peniel Immanuel Gultom. (2022). Pendampingan Aplikasi Mobile Sebagai Penyedia Bukti Bayar (Ambyar) Pada Rpm Motor. Jasten (Jurnal Aplikasi Sains Teknologi Nasional), 3(2), 100–109. Https://Doi.Org/10.36040/Jasten.V3i2.6036

Purwanto, G. H., Istikomah, I., Lestari, G. M. D., & Kamila, T. S. (2024). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dengan Memproduksi Produk Olahan Bawang Merah Di Desa Pejok, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 9, 237–244. Https://Doi.Org/10.33366/Japi.V9i3.6172

Sarie, R. F., Muliatie, Y. E., & Jannah, N. (2024). Peningkatan Usaha Bumbu Dan Sambal Botol Tyas Kitchen Di Surabaya. 7, 1–7.

Siska Meilya P.M, Silviana, Fiqia, & Umar Burhan. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Makanan Dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk), 2, 485–497. Https://Doi.Org/10.36441/Snpk.Vol2.2023.156

Sistem Klasifikasi Merek. (N.D.). Https://Skm.Dgip.Go.Id/Index.Php/Skm/Detailkelas/30.

Suheta, T., Firmansyah, R. A., & Muharom, S. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Produksi Kerupuk Terung Di Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Jpm17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4. Https://Doi.Org/10.30996/Jpm17.V4i1.1994

Swasty, W. (2016). Branding Memahami Dan Merancang Strategi Merek. In Https://Repository.Telkomuniversity.Ac.Id/Pustaka/123730/Branding-Memahami-Dan-Merancang-Strategi-Merek.Html.

Tyasari, I., Susanto, G., Susanti, R. H., Asy’ari, M. Y. Z., & Adamu, A. I. (2025). Pendampingan Penerapan Quality Function Deployment (Qfd) Pada Produk Hasil Kelas Vokasi Istimewa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–60. Https://Doi.Org/10.56393/Jpkm.V5i1.3004

Wiga Maulana Baihaqi, Christoper Prima, & Nabella Putri Widianto. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pendaftaran Merek Dagang Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Banyumas. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 68–74. Https://Doi.Org/10.37802/Society.V2i1.176




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i8.21527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.