Demonstration of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) Six-Step Hand Washing at SDN Sumbersari

Rizky May Khafifah, Siti Fatimah, Ismah Ulia Wahdah, Maula Sholahudin Arbab, Yulica Wulan Anjarwati, Abdullah Azam Mustajab

Sari


ABSTRAK

 

Tangan menjadi penyebab paling sering terkontaminasi kuman penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan seperti diare, typhus, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), dan cacingan. Oleh karena itu, kebersihan tangan perlu dijaga dengan melakukan cuci tangan enam langkah Tindakan pencegahan supaya siswa dan siswi SDN Sumbersari terhindar dari penyakit yang disebabkan dari transmisi mikroorganisme yang telah mengkontaminasi tangan. Melakukan demonstrasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) cuci tangan enam langkah pada siswa dan siswi SDN Sumbersari. Siswa dan siswi yang hadir mengikuti kegiatan demosntrasi sangat antusias dan bersemangat untuk mempraktikkan enam langkah cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Siswa dan siswi yang rutin melakukan cuci tangan 6 langkah sebelum dan sesudah makan atau pada saat tangan tampak kotor bisa terhindar dari penyakit.

 

Kata Kunci: Cuci tangan, Demonstrasi, Enam Langkah, PHBS

 

 

ABSTRACT

 

Hands are the most common cause of contamination by germs that cause someone to experience health problems such as diarrhea, typhus, upper respiratory tract infections, and worms. Therefore, hand hygiene needs to be maintained by doing six-step hand washing. Preventive measures so that students of Sumbersari Elementary School avoid diseases caused by the transmission of microorganisms that have contaminated their hands. Conducting a demonstration of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) six-step hand washing to students of Sumbersari Elementary School. Students who attended the demonstration were very enthusiastic and eager to practice the six-step hand washing using running water and soap. Students who routinely wash their hands 6 steps before and after eating or when their hands appear dirty can avoid disease. 

 

Keywords: Demonstration, Hand washing, PHBS, Six-step 


Kata Kunci


Demonstration, Hand washing, PHBS, Six-step

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Depkes RI. (2010). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dinkes Bali. (2020). Ayo kita lakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Akses: https://diskes.baliprov.go.id/ayo-kita-lakukan-cuci-tangan-pakai-sabun-ctps-sebagai-salah-satu-upaya-pencegahan-covid19/

Erwin, Ashari, A. (2020). Knowledge, Attitude and Practice of Handwashing With Soap in Grade V Children of Primary Schools Through Handwashing With Soap. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10 (1).

Fajriyah, N. N., (2015). Pengetahuan Mencuci Tangan Penunggu Pasien Menggunakan Lotion. University Research Coloquium.

Ilyas, H. dkk. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Banguntapan 2 Bantul. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 9(2), 118–131.

Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihantono, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e- Journal) 4(5).

Kemenkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 2269/MENKES/PER/XI/2011 Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). I Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes. (2022). Buku bacaan kader Posyandu cuci tangan pakai sabun: komunikasi antar pribadi dalam percepatan penurunan stunting. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. (2023). Kapan sih waktu yang tepat untuk mencuci tangan pakai sabun?. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses: https://ayosehat.kemkes.go.id/kapan-sih-waktu-yang-tepat-untuk-mencuci-tangan-pakai-sabun

Kurniasari, R. A., Damayanti, R. Kardiniwata, P. (2016). Perbandingan handwashing Promotion dengan Metode Bernyanyi dan handwashing dance terhadap Pengetahuan Teknik Mencuci Tangan Anak Usia Prasekolah di PAUD TK Pra Widyalaya Gurukula dan PAUD Negeri Pembina Bangli. Jurnal Keperawatan COPING NERS.

Panirman, L., Merisca, D. W., Candrayadi, Nugroho, P. B., Samsudin, & Nainggolan, J. S. (2021). Manajemen Enam Langkah Cuci Tangan Menurut Ketentuan WHO Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(2), 105–113.

Rikayanti, K. H. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Petugas Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Tahun 2013. Communiy Health, Vol 2, No 1. http://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7693.

Rosidah, Binti, Wiwik Agustina, Risna Yekti Mumpuni. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi terhadap Hand Hygiene 6 Langkah 5 Momen Keluarga Pasien. Media Husada Journal of Nursing Science. Vol 3 (No 1) 73-82. https://mhjns.widyagamahusada.ac.id.

Sagala, Syaiful. (2015). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Srikartika, Putri. (2016). Pengendalian Jumlah Angka Mikroorganisme Pada Tangan Melalui Proses Hand Hygiene. Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.

Suwanto, Yustiana Arie, Nashiruddin Rasyid, Adhitya Naufal Pribadhi. (2024). Penyuluhan Cara Cuci Tangan 6 Langkah pada Siswa Siswi SDN Pongangan. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) 2 (2). 531-538.

WHO. (2019). Global Patient Safety Challenge With Clean is Safer Care. World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i9.22045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.