Pemberdayaan dan Pendampingan Kader Kesehatan terhadap Pelaporan Pemasaran Susu Formula yang Tidak Etis di Wilayah Kecamatan Limo, Depok
Sari
ABSTRAK
Pemasaran susu formula yang tidak etis masih menjadi tantangan dalam mendukung ASI eksklusif dan pencegahan stunting. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kader kesehatan di Kecamatan Limo, Depok, mengenai pelaporan praktik pemasaran susu formula. Metode berupa penyuluhan, pemutaran video, Focus Group Discussion (FGD), role play, dan pembentukan Satgas Kader dengan peserta 20 kader. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan mengenai praktik pemasaran susu formula, dengan rata-rata nilai pre-test 72,5 menjadi 94,67 pada post-test. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengatahuan dan memperkuat peran kader sebagai pengawas dan edukator Masyarakat mengenai praktik pemasaran susu formula. Program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan jangkauan lebih luas.
Kata Kunci: ASI Eksklusif, Etis, Kader Kesehatan, Susu Formula
ABSTRACT
Unethical marketing of formula milk is still a challenge in supporting exclusive breastfeeding and preventing stunting. This activity aims to increase the knowledge of health cadres in Limo District, Depok, regarding reporting on formula milk marketing practices. Methods include counselling, video screenings, Focus Group Discussion (FGD), role plays, and the formation of a Cadre Task Force with 20 cadres participating. The results show a significant increase in knowledge regarding formula milk marketing practices, with an average pre-test score of 72.5 rising to 94.67 in the post-test. This activity can increase knowledge and strengthen the role of cadres as supervisors and community educators regarding formula milk marketing practices. This program can be carried out sustainably with a wider reach.
Keywords: Exclusive Breastfeeding, Ethics, Formula Milk, Health Cadres
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Persentase Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan Yang Mendapatkan Asi Eksklusif Menurut Provinsi (Persen), 2024. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/2/Mtm0mcmy/Persentase-Bayi-Usia-Kurang-Dari-6-Bulan-Yang-Mendapatkan-Asi-Eksklusif-Menurut-Provinsi.Html
Cetthakrikul, N., Kelly, M., Baker, P., Banwell, C., & Smith, J. (2022). Effect Of Baby Food Marketing Exposure On Infant And Young Child Feeding Regimes In Bangkok, Thailand. International Breastfeeding Journal, 17(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.1186/S13006-022-00503-7
Dinas Kesehatan Kota Depok. (2023). Profil Kesehatan Kota Depok. 88.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. (2023). Percepatan Penurunan Stunting.
Fauziah, M., Oktaviandy, Rahmi Firdha, &, & Lusida, N. (2020). Analisis Faktor Determinan Praktik Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Cilangkap, Depok Tahun 2019 : Studi Potonglintang. Muhammadiyah Public Health Journal, 1, 70–77.
Hidayana, I., Prawindarti, L., Umar, N., Ambarwati, K., & Rosatriani, F. (2023). Marketing Of Commercial Milk Formula During Covid-19 In Indonesia. Maternal And Child Nutrition, 19(3), 1–21. Https://Doi.Org/10.1111/Mcn.13491
Kementerian Kesehatan Ri. (2023). Ski 2023 Dalam Angka. Https://Www.Badankebijakan.Kemkes.Go.Id/Ski-2023-Dalam-Angka/
Kim, S. Y., & Yi, D. Y. (2020). Components Of Human Breast Milk: From Macronutrient To Microbiome And Microrna. Clinical And Experimental Pediatrics, 63(8), 301–309. Https://Doi.Org/10.3345/Cep.2020.00059
Shuhaimi, N. A., Md Noor, A., & Wan Jaafar, W. M. (2023). Concepts And Theories Of Empowerment And Competency. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 13(18). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V13-I18/19958
Tuti Nuraini & Madarina Julia. (2013). Pengaruh Promosi Pemberian Sampel Susu Formula Terhadap Praktek Pemberian Asi Eksklusif Di Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Thesis Post Graduate Program, Faculty Of Public Health, Universitas Gajah Mada.
Unicef. (2018). Breastfeeding: A Mother’s Gift, For Every Child - Unicef Data. Unicef, 1–13.
World Health Organization. (2020). World Breastfeeding Week 2020 Message. Https://Cdn.Who.Int/Media/Docs/Default-Source/Breastfeeding/Wbw-2020-Joint-Letter---Unicef-Who.Pdf?Sfvrsn=80789d42_2
World Health Organization (Who). (2017). The International Code Of Marketing Of Breast-Milk Substitutes Frequently Asked Questions. Journal Internasional, 1–11.
Yolanda, S., & Devi. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Keluarga Tentang Pemberian Asi Esklusif Pada Bayi Di Tpmb Bidan B Wilayah Kerja Puskesmas Limo Kota Depok Tahun 2022. Jidan: Jurnal Ilmiah Bidan, 6(1), 31–39.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i10.22339
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung

Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Panduan Penulisan





