Pemberdayaan Guru SD melalui Smart Teaching Berbasis AI Generatif dan Kearifan Lokal Untuk Wellbeing Guru

Syamsuriana Basri, Napsawati Napsawati, A. Abd Rahman S

Sari


ABSTRAK

 

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan guru SD melalui pelatihan penggunaan teknologi AI generatif yang dipadukan dengan kearifan lokal, untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, dan kontekstual. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian yaitu partisipatif-kolaboratif dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Penggunaan aplikasi AI seperti ChatGPT dan Canva AI menjadi fokus utama dalam pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang media ajar berbasis teknologi dan kearifan lokal. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru menggunakan teknologi AI. Guru dapat merancang perangkat ajar yang mengintegrasikan kearifan lokal, meningkatkan pembelajaran kontekstual yang relevan dengan budaya dan lingkungan sekitar. Pendekatan ini juga menghasilkan strategi pengelolaan kelas yang lebih inovatif dan partisipatif. Program Smart Teaching berbasis AI Generatif dan kearifan lokal berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi dan budaya lokal. Pembelajaran menjadi lebih kreatif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan siswa, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. Selain itu, program Smart Teaching berkontribusi pada kesehatan, khususnya kesehatan mental guru. Pemanfaatan AI generatif terbukti membantu mengurangi beban kerja administrasi guru sehingga menurunkan stres, meningkatkan kepuasan kerja, dan memberi ruang lebih bagi guru untuk fokus pada kreativitas dan interaksi dengan siswa. Dengan demikian, program ini mendukung terciptanya kesehatan mental guru sebagai bagian dari wellbeing, sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Kata Kunci: Teknologi Digital, AI Generatif, Kearifan Lokal, Pemberdayaan Guru, Pembelajaran Kontekstual, wellbeing.

 

 

ABSTRACT

 

This community service activity aims to empower elementary school teachers through training in the use of generative AI technology combined with local wisdom, to create more innovative, creative, and contextual learning. The community service method used in the implementation was participatory-collaborative, with stages of socialization, training, technology implementation, mentoring, and evaluation. The use of AI applications such as ChatGPT and Canva AI was the primary focus of the training to improve teachers' skills in designing technology-based teaching media and local wisdom. The community service results demonstrated significant improvements in teachers' skills in using AI technology. Teachers were able to design teaching materials that integrate local wisdom, enhancing contextual learning relevant to the surrounding culture and environment. This approach also resulted in more innovative and participatory classroom management strategies. The Smart Teaching program, based on Generative AI and local wisdom, has successfully improved teachers' competency in utilizing technology and local culture. Learning becomes more creative, contextual, and relevant to students' lives, thus supporting more effective and meaningful learning. Furthermore, the Smart Teaching program contributes to health, particularly teacher well-being. The use of generative AI has been proven to help reduce teachers' administrative workload, thereby reducing stress, increasing job satisfaction, and freeing up space for teachers to focus on creativity and student interaction. Thus, this program supports the creation of teacher psychological well-being as part of well-being, while simultaneously improving the quality of learning.

 

Keywords: Digital Technology, Generative AI, Local Wisdom, Teacher Empowerment, Contextual Learning, wellbeing.


Kata Kunci


Teknologi Digital;AI Generatif; Kearifan Lokal; Pemberdayaan Guru; Pembelajaran Kontekstual; Wellbeing

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aba, A., Yusuf, M., Khaer, F., & Samudra Sanur, I. (2025). Rekonstruksi Kepemimpinan Bangsa: Strategi Integrasi Teknologi Digital Dan Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. 3(1), 17–24.

Ariani Finda Yuniarti, D., Hikmahwan, B., Fu, A., Juliartha Martin Putra, B., & Yusuf Nugroho, B. (2025). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Digital (Dgmath Dan Dgdl) Bagi Guru Sd Dan Smp Di Kabupaten Pacitan Training On The Use Of Digital Learning Media (Dgmath And Dgdl) For Elementary And Middle School Teacher In Pacitan Regency. International Journal Of Public Devotion , 8(1), 37–49.

Bahtiar, A., Safari, I., & Fauzi, R. A. (2023). Journal Of Physical Education , Sport , Health And Recreations Bola. Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations, 13(3), 421–426.

Basri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Jendela Pendidikan, 02(02), 164–171. Https://Www.Ejournal.Jendelaedukasi.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/6

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.37985/Pmsdu.V1i2.65

Basri, S., Suriani, Sukmawati, Fitrawati, Murni, & Nurfaedah. (2020). Asyiknya Belajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal.

Harlis, Mutiara Aswan, D., Anggereini, E., Budiarti, R. S., & Johan Wicaksana, E. (2024). Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Sman 1 Tanjung Jabung Barat. Journal Of Human And Education, 4(5), 398–406.

M. Bahri Ghazali. (2024). Kesehatan Mental: Membangun Hidup Lebih Bermakna. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Eisjeqaaqbaj&Pg=Pr6&Dq=Buku+Kesehatan+Mental&Hl=En&Newbks=1&Newbks_Redir=0&Sa=X&Ved=2ahukewj065qe09wpaxxpzzgghsqogyoq6af6bagmeam#V=Onepage&Q=Buku Kesehatan Mental&F=False

Mahanis, J., & Jalil, A. (2025). Inovasi Kurikulum Pembelajaran Kontekstual.

Marditisol, D., & Subaryanta. (2023). Pembelajaran Matematika Menuju Student Well Being.

Mayasari, E. D., Evanjeli, L. A., Erlita, B., & Anggadewi, T. (2022). Kesehatan Mental Guru Sekolah Dasar Selama Mengajar Daring Elementary School Teacher Mental Health During Online Teaching. 6(1), 33–41.

Ningsih, Y., Alwi, N. A., Rahmadani, A. S., Wagira, E., & Mutiara, Q. (2025). Keterkaitan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(3), 295–301.

Putry, A. M., Valentina, N., Ihsan, M. A., & Abdurrahmansyah. (2025). Strategi Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Digital. Jurnal Pendas Mahakam., 10(1), 14–21.

Rahmaniya, N., & Haryanto, L. (2024). Jpk : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Jpk : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 01(03), 6–11.

Ramli, R., Sakti, I., Basri, S., Idamyanti, R., & Yusdarina, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas X Di Sman 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 7(1), 34–42. Https://Doi.Org/10.46918/Karst.V7i1.2266

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. Syntax Tranformation, 3(12).

Sabariah, S., Rufi’i, R., Rusmawati, R. D., Bandono, A., & Kurniawan, A. (2024). Pemanfaatan Ai Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran. Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 8(2), 337. Https://Doi.Org/10.35906/Resona.V8i2.2288

Salsabela, W., Ade, M., Putri, T., Noviyanti, S., Bulian, K. M., & Batanghari, K. (2025). Integrasi Pendidikan Lingkungan Dan Kearifan Lokal Dalam Era Society 5 . 0 Untuk Menumbuhkan Kesadaran Global Dan Cinta Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. 10(2), 134–146.

Sugianto, S. (2025). Peran Kearifan Lokal Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bagi Siswa Dari Keluarga Miskin Ekstrem Di Balikpapan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9(4), 78–88. Https://Doi.Org/10.37329/Jpah.V9i4.4284

Utami, N. W., Sagita, L., Rahmawati, R. D., & Nurdianto, H. (2024). Cultural Change Of Mathematics Teachers’ Views On Technology: Navigating The Artificial Intelligence Revolution. International Journal Of Artificial Intelligence Research, 8(2), 149. Https://Doi.Org/10.29099/Ijair.V8i2.1232

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan Dan Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal On Software Engineering (Ijse), 9(1), 28–32. Https://Doi.Org/10.31294/Ijse.V9i1.15631




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i10.22439

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.