Pendidikan Kesehatan Mengenai Stres Akademik Terhadap Siswa di SMAN Tanjungsari
Sari
ABSTRAK
Dalam konteks sekolah sebagai institusi pendidikan formal, ekspektasi akademik menjadi bagian penting dari dinamika pembelajaran. Siswa seringkali dihadapkan pada harapan tinggi dari lingkungan, baik itu dari guru, orang tua, maupunrekan sebaya. Harapan ini, meskipun dapat memacu motivasi, juga dapat menimbulkan tekanan jika tidak dikelola dengan baik, tekanan tersebut dapat memicu terjadinya stres. Apabila stres tersebut tidak ditangani secara tepat, dampaknya dapat merambat pada kondisi mental dan fisik siswa. Tujuan dari Pendidikan Kesehatan ini untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang stres akademi dan cara menanggulanginya. Dalam kegiatan ini menggunakan metode edukasi kepada siswa tentang stress akademik. Hasil dari pengabdian ini dilihat dari pre dan post-test ada peningkatan dari 70,5% menjadi 82,4 %. Kegiatan pendidikan kesehatan dengan tema “Tips dan Trik Menghadapi Stres Akademik” yang dilaksanakan di SMAN Tanjungsari berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai stres akademik dan cara mengatasinya. Berdasarkan hasil evaluasi, terjadi peningkatan signifikan pada nilai post-test dibandingkan pre-test, direkomendasikan agar program edukasi ini secara rutin diadakan di sekolah, agar siswa terus mendapatkan dukungan dalam mengelola stres akademik dan meningkatkan kesehatan mentalnya. Untuk peneliti selanjutnya disarankan meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Stress Akademik, Siswa
ABSTRACT
In the context of school as a formal educational institution, academic expectations become an important part of the learning dynamic. Students are often faced with high expectations from their environment, whether from teachers, parents, or peers. This hope, while it can boost motivation, can also create pressure if not managed well, and that pressure can trigger stress. If this stress is not addressed properly, its effects can spread to the students' mental and physical condition. The purpose of this health education is to assess students' knowledge about academic stress and how to cope with it. This activity used an educational method to teach students about academic stress. The results of this service, as seen from the pre- and post-tests, showed an increase from 70.5% to 82.4%. The health education activity with the theme "Tips and Tricks for Coping with Academic Stress" held at SMAN Tanjungsari successfully increased students' understanding of academic stress and how to overcome it. Based on the evaluation results, there was a significant increase in post-test scores compared to pre-test. It is recommended that this educational program be held regularly in schools so that students continue to receive support in managing academic stress and improving their mental health. For future researchers, it is recommended to investigate the factors that influence academicstress.
Keywords: Health Education;, Academic Stress, Students
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adiyono. (2020). Manajemen Stres. In Cross-Border (Vol. 3, Nomor 1). Pmi.
Antari, I. (2025). Pemberian Edukasi Mindfullness Untuk Menurunkan Stres Remaja Pada Siswa Kelas X Ma Icbb Yogyakarta Providing Mindfullness Education To Reduce Adolescent Stress Among 10th-Grade Students At Ma Icbb Yogyakarta. Jurnal Abdimas Madani, 7(1), 28–32.
Anwari, M., Syafwani, M., Azidin, Y., Ahmad, H., Arji, A., & Sabara, Y. (2024). Manajemen Stres Pada Siswa Sman 1 Banjarmasin. Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 81–84. Https://Doi.Org/10.53770/Amjpm.V4i1.349
Aryani, F. (2016). Stres Belajar Suatu Pendekatan Dan Intervensi Konseling. Edukasi Mitra Grafika.
Atuna, N. Y., Sulistyowati, A. E., Zahrah, L., Maghfiroh, N. A., & Purnamasari, I. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Stress Akademik Pada Remaja Di Posyandu Remaja Desa Wonokerso. Flourishing Journal, 2(2), 97–101. Https://Doi.Org/10.17977/Um070v2i22022p97-101
Itsna Hasni, N., Supriatun, E., & Artauli Lumban Toruan, S. (2023). Penerapan Psikoedukasi Dalam Penanganan Stress Akademik Pada Siswa Di Sman 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Nadimas), 2(1), 49–60. Https://Doi.Org/10.31884/Nadimas.V2i1.21
Khoirunnisa, K., & Gumiandari, S. (2023). Menurunkan Stres Akademik Siswa Sma Nu Lemahabang Dengan Menggunakan Teknik Self Intruction Dan Self Efficacy. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 887–895. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i2.1590
Kilo, M. F. H., Maydinar, A., & As, Z. (2025). Edukasi Manajemen Stres Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Mental Remaja Di Smpn 19 Palu. 1(1), 15–20.
Lumban Gaol, N. T. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, Dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1. Https://Doi.Org/10.22146/Bpsi.11224
M., Dr. Sahib Saleh, M. P. (2023). Pendidikan Kesehatan Sekolah (Vol. 19, Nomor 5). Cv.Eureka Media Aksara.
Mawakhira Yusuf, N., & Ma’wa Yusuf, J. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239.
Mentari, A. Z. B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres Yang Paling Efektif Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(4), 191–196. Https://Doi.Org/10.52022/Jikm.V12i4.69
Merlina Azzahra1, A. (2025). Hubungan Stres Akademik Dengan Kesejahteraan Psikologis Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Fokus Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(4), 517–528. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V8i4.
Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The Impact Of Stress On Students In Secondary School And Higher Education. International Journal Of Adolescence And Youth, 25(1), 104–112. Https://Doi.Org/10.1080/02673843.2019.1596823
Priyo Purwiantomo, D. R., & Rusmawati, D. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sma Islam Al Azhar 14 Semarang. Jurnal Empati, 9(6), 472–476. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2020.30066
Purnomo, P., Fitriani, E. T., Farida, F., & ... (2021). Penyuluhan Kesehatan Jiwa Tentang Managemen Stress Belajar Siswa Tingkat Ii Di Smk Negeri Kediri. Karya Kesehatan …, 02, 2–7.
Siti Handam Dewi1*, Rahmadhani2, Dewi Mardiawati3, Muhammad Alashari4, Satrio Bhagas Yudhanto5, J. J., & 1kesehatan. (2025). Sosialisasi Pengeloaan Stress Pada Siswa Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Di Sma Kota Padang. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 3, No. 3, Juni 2025 E-Issn 2985-3346 Sosialisasi, 3(3), 915–923.
Sriwahyuningsih, V., & Barseli, M. (2024). Stres Akademik Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 106–114. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.823157
Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Pendidikan Nasional. (2003). Zitteliana, 19(8), 159–170.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i10.22577
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung

Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Panduan Penulisan





