Pendampingan Guru Paud melalui Media Edukasi Interaktif Robot Sandwich dalam Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kabupaten Probolinggo

Setiyo Adi Nugroho, Abu Tholib, Baitus Sholehah

Sari


ABSTRACT

 

Early Childhood Education (ECE) plays a crucial role in instilling clean and healthy living behaviors (PHBS). However, conventional teaching methods are often less engaging for children, thereby requiring innovative and interactive learning media. The Sandwich Robot was developed as a technology-based educational tool to assist ECE teachers in delivering PHBS material more effectively. This study aims to enhance the capacity of ECE teachers in teaching PHBS through the use of the interactive Sandwich Robot and to evaluate its impact on children’s PHBS behavior in Probolinggo Regency. This community service program was implemented in five ECE institutions involving 50 teachers who are members of IGTKI-PGRI. The methods consisted of socialization, training, technology implementation, mentoring, and evaluation. Data were collected through pre-tests and post-tests, classroom observations, and activity documentation, and analyzed using descriptive quantitative techniques. The findings revealed an improvement in teachers’ understanding of PHBS from 52% to 87% and technical skills in operating the Sandwich Robot from 45% to 82%. Children’s active participation in learning increased from 40% to 75%. Four key PHBS indicators among children also improved: handwashing practices (41%  79%), waste disposal (50%  85%), personal hygiene (46%  80%), and healthy eating habits (39%  74%). Program sustainability was supported through a lending system of the Sandwich Robot to non-partner schools and collaboration with local government. Mentoring ECE teachers through the interactive Sandwich Robot is effective in improving teachers’ capacity and shaping PHBS behaviors among young children, with strong potential for wider adoption through government support.

 

Keywords: Early Childhood Education, PHBS, Interactive Media, Sandwich Robot, Teacher Mentoring.

 

 

ABSTRAK

 

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Namun, metode konvensional sering kali kurang menarik bagi anak, sehingga diperlukan media pembelajaran inovatif yang interaktif dan menyenangkan. Robot Sandwich dikembangkan sebagai media edukasi berbasis teknologi untuk membantu guru PAUD menyampaikan materi PHBS secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam mengajarkan PHBS melalui media interaktif Robot Sandwich, sekaligus mengukur dampak program terhadap perilaku PHBS anak usia dini di Kabupaten Probolinggo. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di lima lembaga PAUD dengan melibatkan 50 guru yang tergabung dalam IGTKI-PGRI. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi perilaku anak, serta dokumentasi kegiatan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru tentang PHBS dari 52% menjadi 87% dan keterampilan teknis penggunaan Robot Sandwich dari 45% menjadi 82%. Partisipasi aktif anak dalam pembelajaran meningkat dari 40% menjadi 75%. Empat indikator PHBS anak juga mengalami peningkatan, yaitu mencuci tangan dengan benar (41% → 79%), membuang sampah pada tempatnya (50% → 85%), menjaga kebersihan diri (46% → 80%), dan pola makan sehat (39% → 74%). Program juga berlanjut melalui sistem peminjaman Robot Sandwich ke PAUD non-mitra serta kolaborasi dengan pemerintah daerah. Pendampingan guru PAUD melalui media edukasi interaktif Robot Sandwich efektif dalam meningkatkan kapasitas guru dan membentuk perilaku PHBS anak usia dini, serta memiliki potensi untuk diadopsi lebih luas melalui dukungan pemerintah daerah.

 

Kata Kunci: PAUD, PHBS, Media Interaktif, Robot Sandwich, Pendampingan Guru


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Iin Ariyanti, & Muhammad Yunus. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Bagi Guru Senior Matematika. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 378–387. Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V4i3.1363

Ira Nurmala, Fauzie Rahman, Adi Nugroho, Neka Erlyani, Nur Laily, & Vina Yulia Anhar. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.

Ismayani, A. (2013). Fun Math With Children. Elex Media Komputindo.

Jean Piaget, & Barbelinhelder. (2000). The Psychology Of The Child (2nd Ed.). Basic Books, Inc.

Kemenkes Ri. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). In Kemenkes Ri (Nomor: 2269/Menkes/Per/Xi/2011).

Kementerian Ppn/Bappenas Ri. (2021). Buku Saku Terjemahan Tujuan Dan Target Global. In Https://Sdgs.Bappenas.Go.Id/.

Ketut Sulastri, I Nyoman Purna, & I Nyoman Gede Suyasa. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 99–106.

Muhammad Crystandy, & Sapriadi. (2023). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 139–145. Https://Doi.Org/10.31004/Jerkin.V2i2.229

Muntomimah, S., & Akbar, M. R. (2024). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Ra Perwanda Iii Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks Soliditas Issn Cetak, 2620, 5076.

Nugroho, S. A., & Sholeha, B. (2024). Robot Sandwich Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Anak Usia Dini Tentang Pola Hidup Bersih Dan Sehat. Malahayati Nursing Journal, 7(1), 411–425. Https://Doi.Org/10.33024/Mnj.V7i1.17500

Pérez-Ferra, M., Quijano-López, R., & García-Martínez, I. (2020). Impact Of Educational Habits On The Learning Of 3–6 Year Old Children From The Perspective Of Early Childhood Education Teachers. Sustainability, 12(11), 4388. Https://Doi.Org/10.3390/Su12114388

Prabowo, A. E., Dewa, P., Imawan, H., Azzahra, A. I., Permadi, A., Sandy, R., ... & Darmawati, I. (2025, May). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Melalui Film Kartun Bagi Anak Paud. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat (Vol. 8, No. 1).

Puspytasari, H. H., & Sh, M. (2024). Penangan Dan Pencegahan Kekerasan Di Lingkungan Sekolah. Pengabdian Dan Dedikasi, 23.

Şenol, Y., & Şenol, F. B. (2023). Health Promotion In Preschool Children. Children, 10(8), 1385. Https://Doi.Org/10.3390/Children10081385

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018). Penerapan Uks Dengan Phbs Di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 17(1), 16. Https://Doi.Org/10.14710/Jkli.17.1.16-25

Sutaguna, I. N. T., Par, S. S., Par, M., Mokodongan, A., Par, M. M., Marifa, K., ... & Par, S. (2025). Inovasi Kuliner Dalam Industri Pariwisata. Cendikia Mulia Mandiri.

Vygotsky, L. S. (1980). Mind In Society (M. Cole, V. Jolm-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.). Harvard University Press. Https://Doi.Org/10.2307/J.Ctvjf9vz4

Wei, C.-W., Kao, H.-Y., Wu, W.-H., Chen, C.-Y., & Fu, H.-P. (2021). The Influence Of Robot-Assisted Learning System On Health Literacy And Learning Perception. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(21), 11053. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph182111053

Who. (2021). The 2030 Agenda For Sustainable Development And The Un Decade Of Healthy Ageing 2021-2030. In Https://Www.Who.Int/. World Health Organization (Who).

Yulita, S. (2022). Pengembangan Komik Elektronik Untuk Pengenalan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Masa Pandemi Covid’19 Di Tk Indomo Saruaso.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i11.22728

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.