Forum Pembentukan Dan Pembinaan Ibu Hamil Berkualitas (Fortuna Bumil Ku) Di Puskesmas Nanggalo Kota Padang

Widya Lestari, Dian Febrida Sari, Ety Aprianti, Yani Maidelwita, Farida Ariyani, Nila Eza Fitria, Sri Suciana

Sari


Sekitar 5-10% dari kehamilan termasuk kehamilan dengan risiko tinggi dan kondisi ini menyumbang angka kematian yang besar di berbagai negara. Berdasarkan laporan Puskesmas Nanggalo kota Padang, dari 779 orang ibu hamil tahun 2018, pada bulan Oktober 2019 ini ditemukan sebanyak 17 orang ibu hamil dengan risiko tinggi kehamilan, dan angka ini meningkat dibandingkan bulan lalu. Tujuan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikologis ibu hamil resiko tinggi. Sasaran kegiatan ini adalah ibu hamil risiko tinggi yang berada di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Padang sebanyak 17 orang. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2019. Kegiatan yang dilakukan berupa pembentukan forum ibu hamil resiko tinggi dan melaksanakan Prenatal Yoga. Dari hasil wawancara dengan sasaran, dari 8 orang sasaran sebanyak 5 orang (62,5%) menyatakan terasa rileks/ tenang setelah mengikuti kegiatan Prenatal Yoga. Secara umum dapat disimpulkan bahwa latihan prenatal yoga dapat membantu menurunkan kecemasan sasaran, memberian efek rileks dan membantu mengurangi stres fisik.


Kata Kunci


Ibu hamil berisiko; Pendampingan; Prenatal Yoga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, Megatsari dan Sarweni. (2019). Pendampingan ibu hamil risiko tinggi sebagai upaya penurunan AKI dan AKB di Desa Sumberpetung. http://www.researchgate.net/publication/333448177

Bobak, I., Lowdermilk, D., Jensen, M. (2005). Buku ajar keperawatan maternitas. (4th ed). Alih Bahasa : Wijayani. M. Jakarta :EGC.

Fauziah, L. (2016). Efektivitas latihan prenatal yoga dalammenurunkan kecemasan pada ibu promigravida trimester III. Bandung. Universitas Padjajaran

Fitriani. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Ibu Hamil Trimester III Terhadap Persiapan Persalinan di Puskesmas Bineh Krueng Kecamatan Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya.;http://simtakp.uui.ac.id/docjurnal/MAILISA_FITRIANI-jurnal_lisa.pdf

Fourianalistyawati., & Canisnsti. (2017). Kualitas hidup pada ibu dengan kehamilan risiko tinggi. Konfrensi Nasional II Psikologi Kesehatan Universitas YARSI.

Jatnika. G., Rudhiati. F., & Nurwahidah. A. (2016). Pengaruh prenatal yoga terhadap tingkat stres pad aibu hamil primigravida trimester III. Jurnal kedokteran kesehatan Vol 3 No. 3m hal 139-145)

Hawari, D. (2011). Manajemen stres cemas dan depresi. Jakarta : Balai Penerbit FKUI.

Kementrian Kesehatan RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia. www.pusdatin.kemkes.go.id

USU. (2019). Tinjauan Pustaka Kehamilan Risiko Tinggi. Repository.usu.ac.id




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i2.2280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.