Pendidikan Kesehatan tentang Bahaya Penggunaan Gadget pada Anak di SDN 5 Kelurahan Sukamenteri Garut

Iwan Shalahuddin, Udin Rosidin, Mamat Lukman, Ahmad Yamin

Sari


ABSTRAK

 

Penggunaan gadget di kalangan anak-anak semakin meluas seiring perkembangan teknologi digital yang pesat. Meski menawarkan kemudahan akses informasi dan hiburan, penggunaan yang berlebihan tanpa pengawasan dapat membawa dampak negatif terhadap perkembangan fisik, mental, dan sosial anak. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan mengenai bahaya penggunaan gadget secara berlebihan pada anak serta mengidentifikasi strategi pencegahan yang dapat diterapkan oleh orang tua dan pendidik. Melalui pendekatan partisipatif dan komunikatif melalui Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil, Media audio-visual dan permainan games. Secara umum, hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan pendekatan partisipatif dan media yang menarik dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman serta sikap anak sekolah dasar dalam menggunakan gadget secara lebih sehat dan seimbang. Perubahan juga terlihat dari hasil kuesioner sederhana yang dibagikan sebelum dan sesudah edukasi. Nilai rata-rata pengetahuan siswa meningkat dari skor 60 menjadi 85 dari skala 100. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan sangat penting dilakukan sejak dini untuk membentuk perilaku digital yang sehat, serta mencegah dampak negatif gadget terhadap tumbuh kembang anak. Program serupa sebaiknya dilakukan secara berkala dan terintegrasi dengan dukungan dari sekolah dan keluarga.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Gadget, Anak-Anak, Bahaya Digital

 

 

ABSTRACT

 

The use of gadgets among children is becoming increasingly widespread with the rapid development of digital technology. While offering easy access to information and entertainment, excessive unsupervised use can have negative impacts on a child's physical, mental, and social development. This service aims to provide health education on the dangers of excessive gadget use in children and to identify prevention strategies that can be implemented by parents and educators. Thru a participatory and communicative approach using interactive lectures, small group discussions, audio-visual media, and games. Overall, the results of this activity indicate that health education with a participatory approach and engaging media can have a significant impact on elementary school children's understanding and attitudes toward using gadgets in a healthier and more balanced way. Changes are also evident in the results of a simple questionnaire distributed before and after the education. The average knowledge score of the students increased from 60 to 85 out of 100. Overall, this activity demonstrates that health education is crucial to be implemented from an early age to shape healthy digital behavior and prevent the negative impact of gadgets on children's growth and development. Similar programs should be conducted regularly and integrated with support from schools and families.

 

Keywords: Health Education, Gadgets, Children, Digital Dangers


Kata Kunci


pendidikan kesehatan, gadget, anak-anak, bahaya digital

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdu, S., Saranga, J. L., Sulu, V, & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24-30.

Adi, H. I., Suwarno, S., & Innayah, R. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Plumpang. Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 1 (01), 1-6.

American Academy Of Pediatrics. (2016). Media And Young Minds. Pediatrics, 138(5), E20162591.

Anderson, E. T., & Mcfarlane, J. (2011). Community As Partner: Theory And Practice In Nursing (Sixth Ed.). Wolter Kluwer.

Andi Yuliana Suaib, R. Y. (2020). Hubungan Peranan Guru Uks Dengan Pelaksanaan Trias Uks Di Sekolah Dasar Al-Firdaus Samarinda. 2(1), 453-458.

Aspiah, A., & Mulyono, S. (2020). Peran Perawat Sekolah Dalam Memberikan Edukasi Kesehatan Terkait Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Penelitian Kesehatan "Suara Forikes" (Journal Of Health Research "Forikes Voice), 11, 26. Https://Doi 0rg/10 33846/Sf]1nk204

Juniarti, N., Haroen, H., & Yani, D. I. (2017). Upaya Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer Pada Anak Sekolah Di Pangandaran. Nursing Forum, 1(4), 232-235.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Mengapa Harus Mencuci Tangan Dengan Air Bersih Dan Sabun. Diakses Pada 29 September 2024 Dari Https://P2ptmkemkes Go Id/Mengapa-Harus-Mencuci-Tangan-Dengan-Air-Bersih-Dan-Sab Un

Kurniawan, F. (2015). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sd Negeri 05 Kalumbuk Kecamatan Kuranci Kota Padang. Padang: Univ. Negeri Padang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2023. Kapan Sih Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Tangan Pakai Sabun. Diakses Pada 29 September 2024 Dari Https://Ayosehat Kemkes.Go Id/Kapan-Sih-Waktu-Yang-Tepat-Untuk-Mencuci-Tangan-Pak Ai-Sabun

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social Networking Sites And Addiction: Ten Lessons Learned. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 14(3), 311.

Natalia, S., & Anggraeni, S. (2022). Skrining Kesehatan Anak Sekolah Sebagai Upaya Deteksi Kesehatan Sejak Dini. Journal Of Community Engagement In Health, 5(1), 47-50. Https://Doi.Org/10.30994/Jceh.V5il .340

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, R. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Intensita Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 45–52.

Puspa, A. K., Loebis, R., & Nuswantoro, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Kualitas Penglihatan Siswa Sekolah Dasar. 6(47), 28-33.

Santrock, J. W. (2018). Child Development (14th Ed.). New York: Mcgraw-Hill.

Sari, D. P., & Pratiwi, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Hidup Sehat Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 123–130.

Sari, P., Utami, D., & Lestari, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Permainan Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Bahaya Gadget. Jurnal Ilmiah Kesehatan Anak, 5(2), 89–96.

Shalahuddin, I., Rosidin, U., Purnama, D., Sumarni, N., & Witdiawati, W. (2024). Pendidikan Dan Promosi Kesehatan Mengenai Kesehatan Mental Pada Siswa Kelas Xii Sman 1 Pangandaran. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7(5), 2134-2146.

Shalahuddin, I., Rosidin, U., & Purnama, D. (2021). Edukasi Pada Masyarakat Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Tentang Pentingnya Upaya-Upaya Pencegahan Penularan Penyakit Covid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(1), 1-9.

Sholikhah Hh, Sustini F. Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tentang Food Borne Disease Pada Anak Usia Sekolah Di Sdn Babat Jerawat I Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Bul Penelitian Kesehatan. 2013;16(4):351-62

Subhi, I. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 439–447.

Susanti, F., & Ifadah, E. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat ( Pkm) Usaha Kesehatan Sekolah ( Uks ) Melalui Pendekatan Asuhan Keperawatan Komunitas Di Smk Citra Darma Tahun 2023. 1(3), 99-103.

Susanto T, Sulistyorini L, Wuryaningsih Ew, Bahtiar S. School Health Promotion: A Crosssectional Study On Clean And Healthy Living Program Behavior (Chlb) Among Islamic Boarding Schools In Indonesia. Int J Nurs Sci [Internet]. 2016;3(3):291 -Available From: Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Ijnss.2016.08.007

Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations Between Screen Time And Lower Psychological Well-Being Among Children And Adolescents: Evidence From A Population-Based Study. Preventive Medicine Reports, 12, 271–283.

Unicef. (2021). The State Of The World’s Children 2021: On My Mind – Promoting, Protecting And Caring For Children’s Mental Health. New York: Unicef.

Utami, P., Chotimah, I., & Khadijah Parinduri, S. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Tingkat Sd/Mi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karanggan Kabupaten Bogor Tahun 2020. Promotor, 4(5), 423-435. Https://Doi.Org/10.32832/Pro.V4i5 .5655

Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(1), 1-6

World Health Organization (Who). (2020). Guidelines On Physical Activity, Sedentary Behaviour And Sleep For Children Under 5 Years Of Age. Geneva: Who.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i11.23003

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.