Sosialisasi tentang Pengelolaan Kesehatan Mental pada Remaja di SMA Negeri Jatinangor

Udin Rosidin, Iwan Shalahuddin, Nina Sumarni

Sari


ABSTRAK

 

Masa remaja merupakan periode transisi, ditandai dengan perubahan fisik, mental, sosial dan emosional. Pada usia remaja sering kali menghadapi permasalahan  kesehatan mental. Kesehatan mental merupakan aspek yang kurang mendapat perhatian dikalangan siswa sekolah seperti stres akademik. Kesehatan mental remaja pada siswa sekolah dipengaruhi berbagai faktor seperti beban akademik yang tinggi, tuntutan untuk meraih prestasi dan persiapan ujian. Hal tersebut merupakan penyebab terjadinya stres pada remaja yang seringkali tidak disadari padahal sangat berdampak pada kualitas hidup mereka. Kondisi ini dimungkinkan kurangnya pemahaman remaja mengenai kesehatan mental sehingga tidak berusaha mencari bantuan professional. Hasil survey yang dilakukan di SMAN di Jatinangor menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang kesehatan mental sebanyak 40% memiliki pengetahuan kurang. Sikapsiswa terhadap pengelolaan kesehatan mental sebanyak 58,33% memiliki sikap tidak mendukung. Persepsi tentang layanan konsultasi kesehatan mental di sekolah 45% memiliki perspektif negatif,  dan perilaku tentang koping mekanisme dari suatu keadaan 46,66%  siswa tidak melakukan perilaku yang baik. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan, sikap, persepsi dan perilaku siswa dalam pengelolaan kesehatan mental pada remaja  di SMAN Jatinangor. Metode kegiatan yang digunakan adalah sosialisasi tentang pengelolaan kesehatan mental pada remaja di SMAN Jatinangor. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan rata-rata nilai hasil prestest sebesar 55,73 poin dan rata rata nilai posttest sebesar 77,85 poin. Kesimpulan ada peningkatan pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan  kesehatan sebesar 22,12 poin. Rencana tidak lanjut yang disepakati sekolah adalah pemberdayaan guru Bimbingan dan Konseling dalam penanganan siswa yang mengalami masalah kesehatan mental.  

 

Kata Kunci: Kesehatan mental, SosialisasiSiswa.

 

 

ABSTRACT

 

Adolescence is a transitional period, marked by physical, mental, social, and emotional changes. Adolescence often faces mental health issues. Mental health is an aspect that receives less attention among school students, such as academic stress. Adolescent mental health in school students is influenced by various factors such as high academic loads, demands for achievement, and exam preparation. This is a cause of stress in adolescents that is often not recognized even though it has a significant impact on their quality of life. This condition is possibly due to adolescents' lack of understanding about mental health, so they do not try to seek professional help. The results of a survey conducted at a high school in Jatinangor showed that 40% of students had insufficient knowledge about mental health. 58.33% of students' attitudes towards mental health management were unsupportive. Perceptions about mental health consultation services in schools were 45% negative, and behaviors regarding coping mechanisms for a situation were 46.66% of students did not behave well. The aim of this activity is to increase students' knowledge, attitudes, perceptions, and behavior in managing mental health in adolescents at Jatinangor High School. The activity method used was socialization about mental health management in Jatinangor High School. A total of 35 students attended. The activity results showed an average pre-test score of 55.73 points and an average post-test score of 77.85 points. The conclusion was that there was a 22.12 point increase in knowledge after the health education. The school's agreed-upon follow-up plan is to empower guidance and counseling teachers to handle students experiencing mental health issues.

 

Keywords: Mental Health, Socialization, Students.


Kata Kunci


Kata kunci : Kesehatan mental, Sosialisasi, Siswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustina, Lady. (2023). Proses Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Pemahaman Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jems: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 372–380.

Agustini, N. L. P. I. B., Israfil, N. P. A. R. D., Wayan, I., & Cahyadi, H. S. (2024). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Literasi Remaja Tentang Kesehatan Mental. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 7(9), 3945–3958.

Anugerah, S., & Wardaningsih, S. (2025). Psikoedukasi Dan Konseling Mandiri Sebagai Strategi Penurunan Ansietas Remaja Young Caregiver. Jurnal Pustaka Keperawatan (Pusat Akses Kajian Keperawatan), 4(1), 19–24.

Belina, L., Ifnaldi, I., & Misriani, A. (2023). Pemberdayaan Mading Dalam Keterampilan Menulis Pantun Untuk Mewujudkan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Sdn 18 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Dewi, N., Wasita, R. R. R., Sutrisna, M., Pertiwi, W. E., Ningsi, N., Arsyati, A. M., … Aswari, N. W. C. (2024). Promosi Kesehatan: Teori Dan Praktik Dalam Keperawatan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fitriyah, L., Munawwaroh, F., Rohmah, L., Umami, L., & Fitriyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pelatihan Dan Bahan Konseling Bagi Konselor Sebaya Remaja Di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 994–1005.

Ilmi, N., Saqila, M., & Ismail, J. (2025). Pemahaman Dan Persepsi Siswa Sekolah Menengah Terhadap Isu Kesehatan Mental Serta Dampaknya Terhadap Perilaku Sehari-Hari. Psikis: Jurnal Ilmu Psikiatri Dan Psikologi, 1(1), 10–18.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.

Kamila, L., Aliansy, D., Nuraeni, E. L., Azizah, S. R. N., Al Avissina, M., Hamzah, N. R., … Salsyabilla, R. N. (2025). Penyuluhan Kesehatan Terkait Kesehatan Mental Pada Remaja Di Smk Kesehatan Surya Global Cimahi, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(1), 287–294.

Karokaro, T. M., Aprizal, A., Yanis, A., & Hardisman, H. (2025). Pengaruh Dukungan Emosional Keluarga Terhadap Kejadian Depresi Pada Remaja: Keperawatan Keluarga, Depresi, Remaja. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal Of Community Health), 11(2), 272–280.

Kusumaratna, R. K., Said, P. M., Rifky, M., Hasan, D. A. D., & Suci, W. (2025). Penguatan Kapasitas Guru Dan Konselor Sebaya: Deteksi Dan Penatalaksanaan Dini Kesehatan Mental-Emosional Siswa. Empowerment, 8(01), 47–55.

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 12(1), 22–33.

Muthoharoh, M. (2019). Media Powerpoint Dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Neherta, N. M., & Refnandes, N. R. (2024). Intervensi Pendidikan Kesehatan: Perlukah Berulang Kali Dilakukan. Penerbit Adab.

Panggalo, I. S., Arta, S. K., Qarimah, S. N., Adha, M. R. F., Laksono, R. D., Aini, K., … Judijanto, L. (2024). Kesehatan Mental. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Puspitasari, A., & Kendhawati, L. (N.D.). Gambaran Optimisme Dalam Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Sman Jatinangor Yang Berasal Dari Keluarga Dengan Status Ekonomi Rendah.

Sartika, D. (2024). Edukasi Penyuluhan Mental Health Terhadap Pengetahuan Remaja Di Sma Inshafuddin Banda Aceh. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(3), 324–334.

Setiawati, E., Syach, A. A., Rahman, H., Nadhif, S., Larasati, T., Harsono, M. A. G., & Maulana, M. A. (2025). Promosi Kesehatan Tentang Kesehatan Mental Remaja Di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka Ii Padang. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks, 3(2), 514–521.

Supini, P., Gandakusumah, A. R. P., Asyifa, N., Auliya, Z. N., & Ismail, D. R. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Pada Remaja. Journal Of Education Religion Humanities And Multidiciplinary, 2(1), 166–172.

Suseno, A. (2009). Hubungan Antara Strategi Coping Stres Dengan Tingkat Stres Siswa-Siswi Akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Syarifah, A., & Juwita, A. (2023). Mengatasi Kecemasan Dengan Terapi Hipnotis Lima Jari. Penerbit Nem.

Tyas, D. M., Pertiwi, A., & Nisa, V. Z. (2023). Identifikasi Jenis Layanan Bimbingan Konseling Dalam Upaya Memberikan Informasi Kesehatan Mental Pada Peserta Didik. Psycomedia: Jurnal Psikologi, 3(1), 23–34.

Wahyudi, W., Mahesa, A. P., Putri, A. L., Dalimunthe, A. N. A., Widitya, D., & Afifah, S. (2025). Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Remaja Di Indonesia: Studi Literatur. Jukej: Jurnal Kesehatan Jompa, 4(1), 503–509.

Warouw, W. N., Kasingku, J. D., & Lumingkewas, E. M. (2025). Peran Pendidikan Kerohanian Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja: Studi Literatur. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 724–733.

Widohardhono, R., Rachman, N., & Jannah, M. (2024). Dampak Aktivitas Olahraga Terhadap Stres Akademik Pada Peserta Didik. Psikosains (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 19(1), 93–103.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v9i1.23216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.