Pelatihan tentang Pemberdayaan Komunitas Sekolah sebagai Mitigasi Kekerasan dengan Metode Inisiasi Satgas Anti-Bullying dan Kekerasan Seksual di SDK Santo Yusup, Tropodo, Sidoarjo

Veronica Silalahi, Sisilia Indriasari Widianingtyas, Ignatius Heri Dwianto

Sari


ABSTRAK 

 

Kasus perundungan/bullying di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santo Yusup, Trapodo, Sidoarjo masih terjadi hingga saat ini, berdasarkan hasil wawancara dalam 3 bulan terakhir tercatat terdapat beberapa laporan ditemukan kasus bullying verbal seperti ejekan, menggoda teman, menyampaikan komentar buruk. Selain itu, didapati agrevitas sosial seperti pengucilan antarsiswa, tidak mengajak teman bermain atau berkelompok. Serta tindakan agrevitas fisik seperti memukul, mencubit dan menarik rambut. Hal ini terjadi karena beberapa siswa kurang memahami bentuk dari tindakan bullying maupun kekerasan, guru belum pernah mendapat pelatihan terkait perlindungan anak dan pihak sekolah belum memiliki struktur formal dan diagram alir (Satuan Operasional Prosedur) dalam pelaporan mengenai adanya tindak perundungan maupun kekerasan yang terjadi di sekolah. Sedangkan orang tua juga belum mendapatkan pemahaman pentingnya pengawasan perilaku anak di luar sekolah. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman peserta, khususnya komunitas sekolah serta orang tua dalam pencegahan kekerasan melalui pemberdayaan serta inisiasi pembentukan Satgas Anti-Bullying dan Kekerasan Seksual. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari di SDK Santo Yusup Tropodo dengan sasaran siswa, guru, dan orang tua. Total peserta terdiri atas ±400 siswa serta 75 guru dan orang tua. Pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan ini ialah participatory learning and action (PLA), yang dilaksanakan melalui serangkaian tahapan seperti sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan serta upaya menjaga keberlanjutan program, dengan media berupa video edukatif, buku saku, poster, serta instrumen evaluasi pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 82,27% menjadi 94,13% (kenaikan 11,86%). Peserta menunjukkan peningkatan pemahaman, keaktifan, serta komitmen untuk membentuk Satgas sekolah. Peningkatan ini menunjukkan keefektivitasan pelatihan partisipatif dalam memberdayakan komunitas sekolah sebagai langkah awal mitigasi bullying dan kekerasan di lingkungan pendidikan dasar. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan pemberdayaan pemula dapat menjadi strategi berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan ramah anak.

 

Kata KunciPelatihan, Pemberdayaan Sekolah, Komunitas Sekolah, Bullying, Kekerasan Seksual, Satgas. 

ABSTRACT

 

Bullying still occurs at Santo Yusup Catholic Elementary School (SDK), Trapodo, Sidoarjo. In the past three months, interviews revealed cases of verbal bullying, such as taunting, teasing, and negative comments. Social aggression, including ostracism and exclusion from play or groups, was noted alongside physical aggression, such as hitting, pinching, and hair-pulling. Some students do not recognize forms of bullying and violence, teachers lack child protection training, and the school does not have Standard Operating Procedures for reporting bullying. Parents have not been informed about monitoring children’s behavior outside school. This training aimed to enhance the knowledge and involvement of the school community and parents in preventing violence by empowering them and initiating an Anti-Bullying and Sexual Violence Task Force. The activity lasted three days at SDK Santo Yusup Tropodo and involved approximately 400 students, 75 teachers and parents. The Participatory Learning and Action (PLA) method was used, involving socialization, training, technology application, mentoring, evaluation, and program sustainability. Media included educational videos, pocketbooks, posters, and pre or post-evaluation tools. Pre-test and post-test results showed an average score increase from 82.27% to 94.13% (an 11.86% rise). Participants demonstrated improved understanding, engagement, and commitment to forming a school Task Force. This increase indicates the effectiveness of participatory training in empowering the school community to help prevent bullying and violence at the basic education level. The activity shows that introductory empowerment training can be a sustainable way to create a safe, child-friendly learning environment.

 

Keywords: Training. School Empowerment, School Community, Bullying, Sexual Violence, Task Force.


Kata Kunci


Pelatihan, Pemberdayaan Sekolah, Komunitas Sekolah, Bullying, Kekerasan Seksual, Satgas

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Allaham, S., Ameeta, K., Felix, M., Monica, L., E, W., C, S., J, M., A, C., L, M., & M, H. (2022). Participatory Learning And Action (Pla) To Improve Health Outcomes In High-Income Settings: A Systematic Review Protocol. Bmj Open, 12(2). Https://Doi.Org/10.1136/Bmjopen-2021-050784.

Asifah, N. L., Rochmah, E., Novita, T. Della, Oktaviani, A., Gunawan, J. V., & Azkiya, S. (2025). Peran Sosialisasi Dalam Mencegah Bullying, Intoleransi, Dan Kekerasan Seksual Untuk Membangun Lingkungan Sekolah Inklusif. J-Ceki : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 661–668.

Gaffney, H., Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (2019). Intervention, Examining The Effectiveness Of School-Bullying Meta-Analysis, Programs Globally. International Journal Of Bullying Prevention, 1, 14–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/S42380-019-0007-4

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63.

Kemendikbud. (2021). Pedoman Sekolah Ramah Anak Di Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 021, 1–187.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2025). Simfoni Ppa (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan Dan Anak). Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Https://Kekerasan.Kemenpppa.Go.Id/Register/Login?Utm_Source=Chatgpt.Com

Mudatsir, M., & Monica, S. (2024). Penguatan Lembaga Dan Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying, Kekerasan Seksual Dan Intoleransi Di Sma Negeri 2 Merauke. Room Of Civil Society Development, 3(5), 165-171.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 20.

Nugraha, M. Y., & Sirozi, M. (2025). Strategi Tindakan Kekerasan Dan Bullying Di Sekolah : Bentuk , Pelaku Dan Pencegahannya Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam , Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan , Strategy Acts Of Violence And Bullying In Schools : Forms , Perpetrators And Prev. 5(3), 881–885.

Panosso, M. G., Kienen, N., & Brino, R. De F. (2023). Teacher Training For Prevention And Management Of School Bullying Situations: A Systematic Literature Review. Psicologia: Teoria E Pesquisa, 39(39), 310. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1590/0102.3772e39310.En

Putri, D. C., Anggraeni, I. N., Dewi, F. P., & Cahyadi, N. (2025). Bullying Dengan Pembentukan Satgas Antibullying. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 1–9.

Rohman, H., Iyus, Y., & Hernawaty Taty, M. A. . (2024). A Scoping Review Of Anti-Bullying Interventions: Reducing Traumatic Effect Of Bullying Among Adolescents. Multidiscip Healthc., 17, 289–304. Https://Doi.Org/10.2147/Jmdh.S443841

Sari, N. M. D. S., Suastini, K., Anggawati, P. D. Y., Dinanti, D. P., Putri, N. L. W. A., & Ardianti, N. P. K. (2024). Mencegah Bully Di Sekolah Dasar. Nilacakra.

Setyowati, Yuanita, A., Silalahi, V., Sihombing, F., & Dini, N. (2024). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Eureka Media Aksara.

Silalahi, V. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Taruna Swastika Yuwana, Desa Laban Kulon Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(5), 1034–1042.

Siti Maisaroh, & Sefti Miftahul Jannah. (2025). Analisis Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 2249–2260. Https://Doi.Org/10.31316/G-Couns.V9i3.7351

Sulastri, N., Anisah, A., Afifatuzzahro, S., Ginanjar, E., Raga, R., & Fitri, S. W. (2024). Upaya Mitigasi Bullying, Kekerasan Seksual, Dan Intoleransi Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1631-1639.

Sumarni, N., Budiani, N., Hidayati, N., & Meliani, F. (2024). Menjaga Senyum Dan Kebaikan : Strategi Efektif Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 5(1), 35–42.

Suparman, S., Hamid, H., & Haerullah, A. (2024). Efektivitas Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual Dan Bullying Di Mas Ulul Albab Kota Ternate. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 2828–3155. Http://Abdiinsani.Unram.Ac.Id

Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-Term Effects Of Bullying. Archives Of Disease In Childhood, 100(9), 879–885. Https://Doi.Org/10.1136/Archdischild-2014-306667




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i12.23352

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Owner: BADBOYS http://journal.umuslim.ac.id http://ejournal.duniakampus.org/ https://journals.agh.edu.pl/ https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id https://jurnal.devitara.or.id/ https://jurnal.politap.ac.id/ https://ojs.lp2m.uinjambi.ac.id/ https://ojp.lp2m.uinjambi.ac.id https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojs https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/ https://ojs3.lp2m.uinjambi.ac.id/ https://ojs.staialfurqan.ac.id https://jurnal.ustjogja.ac.id/ https://ejournal.ummuba.ac.id/ https://jurnal.uinsyahada.ac.id/ https://gjst.co.in/ https://a2zpreschoolgzb.com/ https://cistars.in/ https://ijemri.com/ https://ijhsbm.com/ https://ijhse.com/ https://ijidms.com/ https://ijietas.com/ https://ijirp.org/ https://ijmdas.org/ https://ijmis.org/ https://ijmsi.in/ https://ijnpam.com/ https://ruralhub.org/
https://s3rjournal.com/
https://spsedu.co.in/
https://travelcharita.com/ https://journal.tirtapustaka.com/ https://sciencejournalhub.org/ https://cours.digitalvoguewellness.com/
https://digitalvoguewellness.com/ https://eduexpertisehub.com/ https://gsps.eduexpertisehub.com/ https://panierrapideshop.com/ https://sciencejournalhub.org/
https://openventio.org/ https://ijaast.org/ https://utilitasmathematica.com/
https://irjponline.org/ https://jlcc.spcrd.org/ https://miard.org/ https://milal.rivad.org/ https://peds.rivad.org/ https://reads.spcrd.org/ https://rivad.org/ https://jcse.spcrd.org/ https://jelss.miard.org/ https://jals.miard.org/ https://tjnpr.org/ https://eisi-journal.com/ https://journal.e-ice.id/ https://journal.p2ti.com/ https://explorey.org/
https://al-fargoniy.uz/ https://angla.uz/ https://globaljste.com/ https://ijast.mcdir.me/ https://radio.al-fargoniy.uz/ https://test.angla.uz/ https://woodlandlodge-kenya.com/ https://trinitysportsacademykenya.org/ https://theretreatkenya.org/ https://nyandaruainter-faith.org/ https://naturesurprisetravel.com/ https://methodistcollegiateafrica.org/ https://kenyavolunteers.org/ https://interfaithkenya.org/ https://flamingonet.org/ https://aim-africa.org/ https://ajest.org/ https://blueprintacademicpublishers.com/ https://ijessonline.com/