UPAYA BERSAMA INTEGRASI PENANGGULANGAN RESIKO TB (UBI PARIT) DI RW 06 DESA TANJUNG KAMUNING TAROGONG KIDUL KABUPATEN GARUT

Iwan Shalahuddin, Ahmad Yamin, Indra Maulana

Sari


Kelompok umur yang beresiko terhadap TBC adalah lansia dan usia-usia produktif pra lansia. Karena seiring bertambahnya usia menjadikan sistem imunitas tubuh kita menurun. Dengan demikian, lansia akan rentan terkena berbagai penyakit infeksi salah satunya TBC. Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. Kelompok yang dikategorikan lansia ini akan terjadi suatu proses yang disebut Aging Process atau proses penuaan. Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi untuk upaya mengikuti pembelajaran mengenai pencegahan dan penanggulangan TB pada lansia di RW 06 Desa Tanjung Kamuning Kecamatan Tarogong Kaler,  Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pemutaran video, ceramah, dan diskusi serta tanya jawab dengan tema UBI PARIT (Upaya bersama integrasi penanggulangan resiko TB). Hasil yang dicapai setelah dilakukan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan, para peserta menyatakan dapat mengetahui dan memahami serta mengungkapkan kembali tentang penyakit TB dan cara pencegahan terhadap resiko terjangkitnya penyakit TB.

Kata Kunci


Upaya Bersama, Integrasi, Resiko TBC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, S., & Astuti, Y. (2017). PREDIKSI KEJADIAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PARU BERDASARKAN USIA DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2016-2020. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(2), 29-33.

DINANTI, S. S. (2011). Kebermaknaan Hidup Pada Lanjut Usia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kemenkes RI, 2018. Infodatin Tuberkulosis

Kementian Kesehatan RI, (2014). Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis.Jakarta: Kemenkes RI

Manurung, S., Suratun, Krisanti, P., & Ekarini, N.L.P. (2008). Gangguan Sistem Pernapasan Akibat Infeksi: CV. Trans Info Media

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat, Ilmu & Seni.Jakarta : Rineka Cipta

Somantri, I. (2009). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Pernapasan: Salemba Medika

Supraba, N. P., & Supraba, N. P. (2015). Hubungan Aktivitas Sosial, Interaksi Sosial, dan Fungsi Keluarga dengan Kualitas Hidup Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Utara Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Universitas Udayana).

SWASONO, M. A. (2015). Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Stres pada Lansia di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Uraningsari, F., & Asâ, M. (2016). Penerimaan diri, dukungan sosial dan kebahagiaan pada lanjut usia. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i1.2548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.