UPAYA BERSAMA INTEGRASI PENANGGULANGAN RESIKO TB (UBI PARIT) DI RW 06 DESA TANJUNG KAMUNING TAROGONG KIDUL KABUPATEN GARUT

Iwan Shalahuddin* -  Fakultas Keperawatan Unpad Kampus Garut, Indonesia
Ahmad Yamin -  Fakultas Keperawatan Unpad Kampus Utama Bandung, Indonesia
Indra Maulana -  Fakultas Keperawatan Unpad Kampus Garut, Indonesia
Kelompok umur yang beresiko terhadap TBC adalah lansia dan usia-usia produktif pra lansia. Karena seiring bertambahnya usia menjadikan sistem imunitas tubuh kita menurun. Dengan demikian, lansia akan rentan terkena berbagai penyakit infeksi salah satunya TBC. Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. Kelompok yang dikategorikan lansia ini akan terjadi suatu proses yang disebut Aging Process atau proses penuaan. Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi untuk upaya mengikuti pembelajaran mengenai pencegahan dan penanggulangan TB pada lansia di RW 06 Desa Tanjung Kamuning Kecamatan Tarogong Kaler,  Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pemutaran video, ceramah, dan diskusi serta tanya jawab dengan tema UBI PARIT (Upaya bersama integrasi penanggulangan resiko TB). Hasil yang dicapai setelah dilakukan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan, para peserta menyatakan dapat mengetahui dan memahami serta mengungkapkan kembali tentang penyakit TB dan cara pencegahan terhadap resiko terjangkitnya penyakit TB.

Kata Kunci : Upaya Bersama, Integrasi, Resiko TBC

  1. Andayani, S., & Astuti, Y. (2017). PREDIKSI KEJADIAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PARU BERDASARKAN USIA DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2016-2020. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(2), 29-33.
  2. DINANTI, S. S. (2011). Kebermaknaan Hidup Pada Lanjut Usia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  3. Kemenkes RI, 2018. Infodatin Tuberkulosis
  4. Kementian Kesehatan RI, (2014). Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis.Jakarta: Kemenkes RI
  5. Manurung, S., Suratun, Krisanti, P., & Ekarini, N.L.P. (2008). Gangguan Sistem Pernapasan Akibat Infeksi: CV. Trans Info Media
  6. Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat, Ilmu & Seni.Jakarta : Rineka Cipta
  7. Somantri, I. (2009). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Pernapasan: Salemba Medika
  8. Supraba, N. P., & Supraba, N. P. (2015). Hubungan Aktivitas Sosial, Interaksi Sosial, dan Fungsi Keluarga dengan Kualitas Hidup Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Utara Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Universitas Udayana).
  9. SWASONO, M. A. (2015). Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Stres pada Lansia di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  10. Uraningsari, F., & Asâ, M. (2016). Penerimaan diri, dukungan sosial dan kebahagiaan pada lanjut usia. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01).