Pengelolaan Posyandu Citra Sebagai Upaya Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Bidang Kesehatan Di RT 04 RW 12 Desa Jayaraga Tarogong Kidul Garut

Udin Rosidin, Theresia Eriyani, Iwan Shalahuddin

Sari


Kegiatan PPM ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan kunjungan posyandu pada enam bulan terakhir. Kunjungan bayi dan balita yang biasanya 80 sd 90 % setiap bulannya  menurun menjadi 50 atau 60 %. Hal tersebut merupakan masalah kesehatan yang akan berdampak buruk pada kesehatan bayi/balita. Demikian halnya dengan kunjungan lansia,  kunjungan setiap bulanannya mengalami penurunan. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh mahasiswa Program Bina Desa ditemukan adanya peranserta masyarakat yang rendah dalam kegiatan di posyandu. Hasil survey tersebut juga menunjukkan bahwa rata rata  pengetahuan masyarakat tentang posyandu sangat kurang. Memperhatikan hal tersebut kami mengadakan  musyawarah dengan tokoh masyarakat setempat, kader kesehatan, ketua RT 4, ketua RW 12, Kepala Desa Jayaraga dan kepala Puskesmas Haurpanggung. Dari pembahasan tersebut disepakati bahwa di RT 4 diperlukan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan peran serta masyarakat di posyandu. Kegiatan tersebut berupa penyuluhan tentang posyandu, mengelola posyandu dengan baik dan melakukan senam bersama di posyandu. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut dilakukan pembagian tugas sebagai berikut : Pengelolaan posyandu dilakukan oleh dosen dan kader kesehatan, penyuluhan kesehatan oleh dosen dan mahasiswa program bina desa dan senam bersama dilaksanakan oleh mahasiswa bersama masyarakat. Sedangkan Puskesmas Haurpanggung mengadakan Puskesmas Keliling dan PMT disiapkan oleh Dharma Wanita Pusat Unpad.

Kata Kunci


Bidang Kesehatan, Peran Serta Masyarakat, Posyandu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, H. (2018). Pengaruh Peran Kader Kesehatan Terhadap Peningkatan Status Gizi Bayi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Sangkub. Paradigma, 6(2).

FAUZI, Gamawan. 2011. Strategi Peningkatan Penimbangan Balita Di Posyandu. Jakarta : Plt. KEPALA BIRO HUKUM. https://dokumen.tips/amp/documents/sap-manfaat-posyandu.html

Rokhimawaty, A. (2019). HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DENGAN STATUS GIZI BAYI UMUR 1-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUARAN, KOTA PEKALONGAN (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI.

Nilawati, S. (2008). Care Yourself. kolesterol. Niaga Swadaya.

Ningsih, S. F. (2012). Hubungan pengetahuan dan perilaku ibu dalam menerapkan toilet training dengan kebiasaan mengompol pada anak usia prasekolah di RW 02 Kelurahan Babakan Kota Tangerang.

Pitoyo, P., Assery, S., & Widiastuti, N. (2019). PERAN POSYANDU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Pramono, J. S. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Kunjungan Anak Balita Ke Posyandu. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 3(4), 183-191.

Purwati, E. (2016). Hubungan Pekerjaan, Pengetahuan, Pendidikan Dan Usia Balita Dengan Keaktifan Ibu Berkunjung Ke Posyandu (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Reihana, R., & Duarsa, A. B. S. (2012). Faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi ibu untuk menimbang balita ke posyandu. YARSI Medical Journal, 20(3), 143-157.

Rosidin, U., Eriyani, T., & Sumarna, U. (2018). PEMBENTUKAN PELAYANAN POSYANDU CITRA RT 4/12 KAMPUNG JEMBATAN BARU DESA JAYARAGA TAROGONG KIDUL GARUT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 398-341.

Saragih, G. (2011). Motivasi Ibu Dalam Pemanfaatan Posyandu Bayi Di Desa Bangun Tobing Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang Tahun 2008.

Sumbi, K., & Firdausi, F. (2016). Analisis Pembangunan Berbasis Masyarakat dalam Pengembangan Sumber Daya Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2).

Syahrianti, H. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN KADER TENTANG TUGAS DAN FUNGSI POSYANDU DENGAN KEAKTIFAN KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LOMBAKASIH KABUPATEN BOMBANA TAHUN 2018 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).

Yunita, F. A., & Sutisna, A. E. N. Y. E. (2016). MODEL PEMBERDAYAAN BIDANG KESEHATAN PADA PROGRAM POSYANDU DI KABUPATEN KARANGANYAR. Jurnal Placentum, 4(1).

Yuryanti. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Perilaku Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu di Kelurahan Muka Kuning Wilayah Kerja Puskesmas Sei Pancur Kota Batam Tahun 2010. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i2.2678

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.