Inisiasi Pelatihan Tari Sebagai Terapi Pereda Depresi Anak Saat Pandemi Di Taddan Sampang

Rizkiana Rasman, Yudha Nurdian

Sari


Permasalahan yang ada di Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Jawa Timur yaitu Anak sekolah mengalami depresi yang diakibatkan lamanya pembelajaran daring saat COVID-19. Depresi merupakan gangguan mental sangat berbahaya dapat mengakibatkan bunuh diri. Tujuan pelatihan terapi tari untuk mengetahui mengurangi depresi pada anak di desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Metode yang digunakan pada pelatihan ini yaitu melakukan diskusi dengan orang tua dan anak terkait masalah psikososial anak, pendidikan kesehatan terkait depresi dan terapi tari, serta latihan tari secara langsung. Jumlah peserta pelatihan 5 orang dan melakukan pengsisian kuisioner pretest dan post-test. Hasil evaluasi pelatihan yaitu tingkat depresi berkurang pada anak di Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.

 

Kata kunci: Anak sekolah, COVID-19, Depresi, Terapi Tari

 

 

ABSTRACT

 

Problem in Taddan Village, Camplong Subdistrict, Sampang Regency, East Java is Students experience depression due to lengthy learning online during COVID-19. Depression is a very dangerous mental disorder that can lead to suicide. The aim of dance therapy training is to find out how to reduce depression in children in Taddan Village, Camplong District, Sampang Regency. The method used in this study is to conduct discussions with parents and children regarding children's psychosocial problems, health education related to depression and dance therapy, and direct dance training. The number of training participants was 5 people and completed the pretest and post-test questionnaires. The results of the evaluation of training showed that the level of depression was reduced in children in Taddan Village, Camplong District, Sampang Regency.

 

Keywords: Students, COVID-19, Depression, Dance Therapy


Kata Kunci


Anak sekolah, COVID-19, Depresi, Terapi Tari

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, M., A. M. Saleh, & Z.A. Bilfaqih. Tinjauan Perspektif Keilmuan Biologi, Sosial, Agama. Malang: Cita Intrans Selaras.

Atmadja, I. A. D., Sriati, A., Hendrawati, H., & Senjaya, S. (2020). Penyuluhan Tentang Manajemen Stres di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(1), 106-112.

Haryono, Y. O., Setyorini & Windrawanto, Y. (2019). Penerapan Terapi Gerak Tari Untuk Menurunkan Gangguan Motorik Anak Tunagrahita. Mimbar Ilmu, 24(1), 53-62.

Lumongga, Namora. (2016). Depresi Tinjauan Psikologi. Jakarta: KENCANA

Rahmawati, R. R., Wibowo, B. Y., & Lestari, D. J. (2018). Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT). JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 3(1), 31-46.

Rahmi, S. (2020). Stres Peserta Didik Akibat Tugas Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Antologi dari Bumi Paguntaka: Covid-19: Dampak dan Solusi, 35. Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). 1, 35-36.

RS JIH. (2019). Terapi Seni Sebagai Pereda Stress. https://rs-jih.co.id/readmore/terapi-seni-sebagai-pereda-stress

Santosa, Zen. (2019). Mengenali Kekerasan pada Anak. Yogyakarta: Alaf Media.

Surya, H. 2018. Solusi Mengatasi Anak Yang Bermasalah.

Susanto, T. (2017). Strukturisasi dan Fungsionalisasi Fungsi Keluarga dalam Pencegahan Depresi Pada Remaja. Makalah Seminar Nasional. Jember: Universitas Jember

Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi COVID 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 190-200




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i2.3006

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.