Edukasi Kesehatan Remaja Tentang Napza dan Kesehatan Jiwa di Sekolah Menengah Atas/Sederajat Kabupaten Kolaka

Tukatman Tukatman, Rosani Naim, Ekawati Saputri, Mariany Mariany

Sari


ABSTRAK

 

Penyalahgunaan napza masih cukup tinggi di Indonesia. Pasien narkoba yang berusia 15 – 19  tahun di Rumah Sakit Ketergantungan Obat meningkat pada tahun 2013 sebanyak 54 orang. Begitupula halnya masalah kesehatan jiwa pada rentang usia 15 – 24 tahun dengan prevalensi 6,2% dengan gangguan depresi. Selain gangguan depresi, penyalahgunaan napza juga memberikan dampak pada kesehatan jiwa. Tujuan penyuluhan kesehatan ini adalah untuk memberikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA/sederajat di Kabupaten Kolaka terkait penyalahgunaan napza dan masalah kesehatan jiwa terkhusus pada remaja. Penyuluhan kesehatan ini berupa presentasi materi menggunakan media powerpoint. Seluruh siswa SMA mengikuti jalannya penyuluhan kesehatan hingga selesai. Hal ini dapat dilihat dengan keaktifan seluruh siswa selama mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan sehingga pemahaman terhadap napza dan kesehatan jiwa pun dapat meningkat.

 

Kata Kunci :Edukasi, Napza, kesehatan jiwa

 

 

ABSTRACT

 

Drug use is still quite high in Indonesia. Drug patients aged 15-19 years at the Rumah Sakit Ketergantungan Obat increased in 2013 as many as 54 people. Likewise, mental health problems in the age range 15-24 years with a prevalence of 6.2% with depressive disorders. Apart from depressive disorders, drug use also has an impact on mental health. The purpose of this health education is to provide information to increase the knowledge of high school/equivalent students in Kolaka Regency regarding drug use and mental health problems, especially in adolescents. This health counseling is in the form of material presentation using PowerPoint media. All high school students follow the health counseling to completion. This can be seen from the activeness of all students during health education activities so that their understanding of drugs and mental health can increase.

 

Keywords : Education, drugs, mental health


Kata Kunci


Edukasi, Napza, kesehatan jiwa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, S. (2015). Efektivitas Penyuluhan NAPZA Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Di SMK DD Kabupaten Tanah Laut. 18–22.

Eriyani, T., Shalahuddin, I., & Maulana, I. (2021). Edukasi Strategi Koping Sebagai Upaya Dalam Menurunkan Tingkat Stres pada Siswa SMKN 4 Garut Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i3

Indirawaty, Dillah, R., & Syarif, K. R. (2020). Penyuluhan kesehatan jiwa anak remaja dengan masalah napza 1,2. 2(1), 2–5.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. http://www.kemkes.go.id

Undang - Undang Republik Indonesia Tentang Kesehatan Mental No. 18 Tahun 2014, Undang - Undang Tentang Kesehatan Jiwa 2 (2014).

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-reproduksi-remaja.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Infodatin Narkoba 2017 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-narkoba-2017.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/InfoDatin-Kesehatan-Jiwa.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Rencana Aksi Kegiatan 2020-2024: Direktorat P2 Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza. https://e-renggar.kemkes.go.id/file2018/e-performance/1-401733-4tahunan-440.pdf

WHO. (2003). Investing in M E N TA L H E A LT H. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/87232/9789241564618_eng.pdf




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.4347

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.