Pendidikan Kesehatan Gigi Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Peranan Guru TK Dalam Pencegahan Karies Gigi

Deviyanti Pratiwi, Richentya Feiby Salim, Rosita Stefani, Rosalina Tjandrawinata, Bernard O. Iskandar, Najla Nadiah

Sari


ABSTRAK

 

Masalah kesehatan gigi yang sering terjadi pada anak usia sekolah yaitu karies. Kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan gigi menyebabkan tingginya angka karies pada anak. Anak pada usia sekolah cenderung akan mencontoh perilaku gurunya, sehingga guru dapat berperan dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi pada anak usia sekolah. Pada masa pandemi ini, terdapat keterbatasan dalam memberikan edukasi secara langsung di lingkungan sekolah. Tujuan kegiatan ini yaitu  dengan pemberian edukasi kepada guru mengenai kesehatan gigi, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan para guru dan diharapkan para guru dapat menjadi penggerak dalam meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan gigi pada anak usia sekolah. Metode penyuluhan dilakukan dengan pemberian materi dalam bentuk presentasi power point secara daring melalui aplikasi zoom dan penggunaan alat peraga kesehatan gigi. Hasil penyuluhan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan gigi. Setelah dilakukan penyuluhan dengan metode ini, dapat disimpulkan bahwa alat peraga dianggap efektif dalam membantu keberhasilan pendidikan kesehatan gigi serta meningkatkan pemahaman dan antusias para guru TK.

 

Kata kunci: kesehatan gigi, alat peraga, guru TK, karies gigi

 

 

ABSTRACT

 

A dental health problem that often occurs in school-age children is caries. Lack of knowledge about dental health causes high caries rates in children. Children at school age tend to imitate the behavior of their teachers so that teachers play a role in increasing knowledge of dental health in school-age children. During this pandemic, there are limitations to providing education directly in the school environment. The aim of this activity is to provide education to teachers about dental health. So that it can increase the knowledge of teachers and it is hoped that teachers can be a pioneer in increasing knowledge about dental health in school-age children. The method was carried out by providing material in the form of an online powerpoint presentation through zoom application and the use of dental health teaching aids. The result of this activity showed an increase in knowledge about dental health. After conducting counseling, it can be concluded that the use of teaching aids is effective in contributing to the success of dental health education and increasing the understanding and enthusiasm of kindergarten teachers.

 

Keywords : dental health, teaching aids, kindergarten teachers, dental caries


Kata Kunci


kesehatan gigi ; alat peraga ; guru TK ; karies gigi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desi Andriyani. (2014). Hubungan Peran Orang Tua Dan Guru Dengan Prilaku Menyikat Gigi Murid Di Sd N 1 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Jurnal Dunia Kesmas, 3(4), 39–45.

Haryanto, R., Setiasari, R., Hastuti, E. P., Saepudin, A., Rohmawati, A., Ifolisah, Laila, N., Hijriah, N., Sitompul, O. H., Nurlaela, R., Annisa, R., Wulandari, R. N., Gristine, S., & Wibowo, Y. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar Melalui Penyuluhan Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4, 393–399.

Ikenasya, D. F., Herwanda, & Novita, C. F. (2017). Tingkat Pengetahuan Guru Mengenai Kesehatan Gigi Dan Status Karies Gigi Murid Sekolah Dasar Dengan Ukgs Dan Tanpa Ukgs (Studi Pada Sdn 16 Dan Sdn 49 Banda Aceh). Journal Caninus Denstistry, 2(3), 131–136.

Jatmika, S. E. D., & Maulana, M. (2018). Dental And Oral Health Education For Elemetary School Students Through Patient Hygiene Performance Index Indicator. International Journal Of Evaluation And Research In Education (Ijere), 7(4), 259. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V7i4.14856

Karmelina, S., Setiasari, R., Wahyuningsih, I. P., Nurseha, Febrianti, A., Nurbiantoro, D. Aji, Setiawati, H., Castirih, Efendi, I., Filianata, O., Susilawati, Y., Muharom, F., Yuliana, E., Amalia, M., & Sulistyo, Y. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Senam Otak Untuk Konsentrasi Dan Daya Ingat Pada Anak Usia 5-12 Tahun. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(3), 470–474. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Encep.2012.03.001

Pratiwi, D., Ariyani, A. P., Sari, A., Wirahadikusumah, A., Nofrizal, R., Tjandrawinata, R., Soulisa, A. G., Wijaya, H., Sandra, F., Gigi, K., Gigi, F. K., & Trisakti, U. (2020). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Dini Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Masyarakat Tegal Alur , Jakarta Community Services To Increase Dental And Oral Health Early Awareness In Tegal Alur , Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 120–128.

Putri, C. A., Rusilowati, A., & Subali, B. (2018). Eclips Props To Probe Motivation Of Visual Impairment Students In Learning Science. Journal Of Primary Education, 8(4), 42–48. Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V7i3.24388

Razi, P., & Rosmawati, R. (2018). Perbandingan Efektivitas Edukasi Kesehatan Gigi Dengan Metode Bermain , Video Dan Boneka Dalam Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat, 2(2), 101.

Rostikawati, Y., Aeni, E. S., & Wuryani, W. (2020). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial. 03(01), 49–59.

Simorangkir, M. R. R., & Sinaga, D. (2021). Peningkatan Pemahaman Orangtua Siswa Usia Dini Tentang Disiplin Diri Untuk Mengarahkan Hati. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(1), 42–48.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.4448

Refbacks



Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.