Pelatihan Parenting Pola Asuh Pada Orang Tua Asuh Di Rumah Yatim Ymaju Talang Bakung Jambi

Ani Astuti, Mefrie Puspita, Diah Merdekawati

Sari


ABSTRAK

 

Orang tua merupakan pihak yang bertanggung jawab atas terbentuknya karakter anak. Pola asuh yang diberikan dan diterapkan berpengaruh untuk masa depan anak. Untuk menjadi orang tua asuh merupakan suatu tantangan, karena memerlukan kesabaran dan keikhlasan. Agar tidak salah dalam menerapkan pola asuh, penting bagi orang tua asuh untuk mengetahui macam-macam pola asuh. Tujuan pelatihan parenting ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan orang tua asuh tentang pola asuh yang dapat diterapkan pada anak asuh di Rumah Yatim YMAJU Talang Bakung Jambi. Kegiatan yang dilakukan pada pelatihan berupa pemberian materi, tanya jawab, diskusi kelompok dan  dilakukan pemutaran video terkait pola asuh. Selain itu, untuk menyalurkan kreativitas anak, disediakan fasilitas bermain dan mini pustaka. Terdapat peningkatan pengetahuan peserta tentang pola asuh setelah diberikan pelatihan parenting serta sebagian besar anak bermain pada taman bermain dan mengunjungi mini pustaka.

 

 

Kata Kunci: Pelatihan parenting, pola asuh, taman bermain, mini pustaka

 

 

ABSTRACT

 

Parents are responsible for the formation of children's character. The parenting style that is given and applied affects the future of the child. Becoming a foster parent is a challenge because it requires patience and sincerity. In order not to be wrong in applying to parents, foster parents need to know the various parenting patterns. The purpose of this parenting training is to increase the knowledge of foster parents about parenting that can be applied to foster children at YMAJU Yatim House Talang Bakung Jambi. Activities carried out in the training included providing material, question and answer, group discussions, and video screenings related to parenting. In addition, to channel children's creativity, play facilities and mini-libraries are provided. There was an increase in participants' knowledge about parenting after being given parenting training and most of the children played on the playground and visited the mini library.

 

Keywords: Parenting training, parenting, playground, mini library


Kata Kunci


Pelatihan Parenting, Pola Asuh, Taman Bermain, Mini Pustaka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rodakarya.

Gusmao et al. (2016). Ketersediaan Ruang Bermain Anak di Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Bogor: Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Unpak.

Mefrie P, Sutinah, Maria U,. (2018) Pengasuhan orang tua dengan kreativitas anak prasekolah di TK Al-Azhar Kota Jambi, Riset Informasi Kesehatan, Vol. 7, No. 2.

Santrock. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integrasi Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori pembelajaran Anak Usia Dini: dalam kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i5.4825

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor