Penyuluhan Kesehatan Pada Ibu Hamil Dengan Hipertensi Pada Posyandu di Desa Condong Kabupaten Oku Timur

Nur Hidaya Tulaisyah, Rilyani Rilyani

Sari


ABSTRAK

 

Kasus ini akan semakin tinggi pada tahun 2025, dengan jumlah 1,15 milyar kasus, atau sekitar 29% dari total penduduk dunia, seperti ini. In general, 80% of kematian ibu hamil yang tergolong dalam penyebab kematian ibu secara langsung, yaitu disebabkan karena terjadi perdarahan (25%) biasanya perdarahan pasca persalinan, hipertensi pada ibu hamil (12%), partus macet (8%), aborsi (13) dan karena  (7 percent ). Tujuan dari penyuluahan singkat, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan bantuan hidup dasar bagi korban yang mengeluh tentang ibu hamil dalam hipertensi yang dimana bisa merenggut nyawa seorang ibu. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan singkat dengan pemberian materi tentang standar pola makan yang baik untuk penderita hipertensi pada ibu hamil. Kemudian screening ulang akan diketahui tingkat penurunan skala darah tinggi penderita hipertensi pada ibu hamil setelah merubah pola makan yang teratur, supaya mendapatkan hasil yang maksimal untuk penderita hipertensi pada ibu hamil.

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Kesehatan Pada Ibu Hamil, Hipertensi, Posyandu Desa

 

 

ABSTRACT

 

This case will be even higher in 2025, with 1.15 billion cases, or about 29% of the total world population, like this. In general, 80% of maternal deaths are classified as direct causes of maternal death, which are caused by bleeding (25%) usually postpartum bleeding, hypertension in pregnant women (12%), obstructed labor (8%), abortion ( 13) and because (7 percent) (WHO, 2012). The purpose of this brief counseling is to increase knowledge and ability in providing basic life support for victims who complain about pregnant women with hypertension which can take the life of a mother. The activities carried out are in the form of short training with the provision of material on good dietary standards for patients with hypertension in pregnant women. Then re-screening will find out the level of reduction in the high blood scale of hypertension sufferers in pregnant women after changing the appropriate diet.

 

Keywords: Counseling, Health for Pregnant Women, Hypertension, Village Posyandu


Kata Kunci


Penyuluhan, Kesehatan Pada Ibu Hamil, Hipertensi, Posyandu

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adrian, K. (2021). "Penyebab hipertensi dalam kehamilan dan cara penanganannya". https://www.alodokter.com/waspadai-hipertensi-kehamilan-dari-sekarang, diakses pada 17 juli 2021 pukul 08.42.

Danang, G. W. (2020). Efektivitas Pemberian Jus Mentimun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Desa Kersikan Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).

Fadil, R. (2021). "hipertensi" https://www.halodoc.com/kesehatan/hipertensi, diakses pada 17 juli 2021 pukul 09.00.

Kowalski, R. E. (2010). Terapi hipertensi. PT Mizan Publika.

Mulyo D. (2019). " Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan ,pola makan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di puskesmas juwana kabupaten pati" dalam Repository.unissula: jurnal kesehatan ( hal 1-2 ) kabupaten pati: puskesmas juwana jawa tengah.

Naibaho, F. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Nunpene Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2018. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 20-28.

Pulungan, P. W., Sitorus, S., Amalia, R., Ingrit, B. L., Hutabarat, J., Sulfianti, S., ... & Sari, M. H. N. (2020). Ilmu Obstetri dan Ginekologi Untuk Kebidanan. Yayasan Kita Menulis.

Rohmawati, N. (2018). Hubungan Hipertensi Dengan Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil Di RSUD Wonosari (Doctoral Dissertation, Universitas Alma Ata Yogyakarta).

Sembiring, T. (2019). Gambaran Protein Urine Pada Penderita Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Dokter Pirngadi Medan.

Silawati, V., & Anna Siauta, J. (2020). Analisis Resiko Pre Ekslampsi Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid 19 di Puskesmas Ratu Jaya Cipayung Depok Tahun 2020.

Sudargo, T., & Aristasari, T. (2018). 1000 hari pertama kehidupan. UGM PRESS.

UGM, T. D. F. (2020). Pembangunan Pertanian: Membangun Kemandirian Pangan dalam Masa Bencana dan Pandemi. Penerbit Andi.

Wijaya, F. I. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Dan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Juwana Kabupaten Pati (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i3.4945

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.